Resep Olahan Sayur



Resep Olahan Kelapa Urab Sayuran Isi Bayam Kacang Panjang

Aneka resep lontong sayur dan cara membuat lontong sayur

Resep lontong sayur. Jajanan lontong sayur enak dan murah, cobalah ikuti resep lontong sayur yang dilengkapi dengan cara membuat lontong sayur dari mulai persiapan bahan bahan hingga petunjuk cara bikin lontong sayur. Saat ini ada cukup banyak resep lontong sayur, bahkan beberapa daerah mempunyai ciri khas resep lontong sayur sendiri, seperti : resep lontong sayur jawa, resep lontong sayur padang, resep lontong sayur betawi, resep lontong sayur medan, resep lontong sayur banjar, serta resep lontong sayur dari daerah lainnya. Meskipun demikian pada dasarnya cara membuat masakan lontong sayur cukup mudah, sehingga anda bisa dengan mudah untuk belajar cara bikin masakan olahan lontong sayur sendiri.

Pada dasarnya ada dua tahap dalam mempersiapkan masakan lontong sayur ini. Tahap pertama adalah cara membuat lontong yang lembut dan pulen dan tahap berikutnya membuat sayur lontong yang enak. Lontong sayur termasuk menu sarapan atau bisa juga sebagai jajanan pada siang hari. Pada saat ini cukup mudah ditemukan pedagang kaki lima yang menjual lontong sayur dengan menggunakan gerobak dorong atau kadang ada juga yang masih berkeliling dengan berjalan kaki dengan pikulan. Kadang pula lontong sayur ini juga di jual oleh pedagang kaki lima yang sering kita temui di tempat tempat keramaian.

Apakah lontong sayur sama dengan ketupat sayur. Kalau dilihat dari sajian sayurnya bisa dibilang saya, jika ada perbedaan, tentunya hanya pada bahan pokoknya saja yakni lontong dan ketupat. Meskipun sama sama terbuat dari beras ( nasi ), namun tampilannya jauh berbeda, jika lontong sayur cara membuatnya dibungkus dengan daun pisang, bentuk bulat, dan warnanya sedikit hijau. Berbeda dengan ketupat yang dibikin dengan dibungkus janur yang di anyam dan berbentuk ketupat, serta warnanya putih kekuningan. Masakan lontong sayur merupakan salah satu masakan indonesia praktis yang laris untuk di jual.

Lantas bagaimana cara membuat lontong sebagai bahan utama jajanan lontong sayur ini. Sebenarnya cara bikin lontong cukup sederhana. Namun anda mesti mempersiapkan bahan bahannya dahulu seperti beras, daun pisang yang lembut ( tidak pecah ) dan lidi untuk pengikat. Namun terkadang juga ada yang membuat lontong dengan dibungkus plastik. Meskipun demikian pada umumnya lontong daun pisang lebih pulen dari pada lontong yang dibungkus dengan plastik. Meskipun terlihat gampang jika kurang pengalaman kadang hasilnya kurang memuaskan, biasanya lontongnya lembek seperti kurang isi.

Seperti dijelaskan di awal bahwa lontong sayur ini mempunyai banyak versi terutama penggunaan bahan bahan sayurannya dan bahan pelengkapnya. Sebut saja lontong sayur medan yang menggunakan bahan tambahan susu cair dan berbeda pada resep sayur lontong lainnya yang kebanyakan menggunakan santan kelapa kental. Disamping itu bahan sayurannya juga ada beberapa macam, seperti : labu siam, nangka muda, bahkan da juga yang dicampur dengan telur bulat.

Petunjuk lengkap cara membuat lontong pulen Bahan bahan lontong >> Beras : 250 gram atau sesuaikan dengan banyaknya daun pisang anda >> Daun pisang : secukupnya ( sesuaikan dengan beras anda ), gunakan daun pisang batu atau daun pisang lainnya, yang penting lemas dan tidak pecah saat di gulung

>> Lidi : secukupnya, atau anda bisa gunakan tusuk gigi

Cara membuat lontong padat pulen >> Langkah pertama cuci beras hingga bersih, lantas rendam hingga sekitar 2 jam, tiriskan. >> Buat lembaran lembaran daun pisang sekitar 25 cm, dan pastikan tidak ada yang sobek. >> Gulung satu lembar daun pisang dengan garis tengah sekitar 3 cm, kemudian rapatkan salah satu ujungnya dengan tusuk gigi atau lidi. >> Selanjutnya isi dengan beras 1/3 bagian dan rapatkan ujungnya, sehingga menyerupai bulat bulatan. >> Masukkan dalam panci dengan posisi berdiri, tambahkan air hingga semua bahan lontong terendam.

>> Rebus dengan api sedang selama 2 hingga 3 jam

Dengan demikian untuk pembelajaran dalam cara membuat masakan lontong sayur ini, kita mesti belajar satu persatu, seperti lontong sayur jawa, lontong sayur medan, lontong sayur betawi, lontong sayur banjar, maupun lontong sayur padang. Dengan demikian anda akan mempunyai pengalaman dalam membuat aneka ragam masakan lontong sayur. Berikutnya cara membuat aneka resep sayur lontong.

Resep lontong sayur jawa

Tentunya anda telah mampu sekarang membuat lontong dan berikutnya yuk belajar cara bikin sayur lontong ala jawa. Sayur lontong jawa ini cukup sederhana, dengan bumbu bumbu simple seperti cabe, bawang merah, bawang putih, dan bahan bumbu lainnya. Bahan utama sayur lontong jawa ini biasanya kacang panjang yang dicampur dengan nangka muda atau labu siam. Sehingga untuk bahan sayurannya bisa disesuaikan dengan selera bunda masing masing, misalnya labu siam, nangka muda, sayur tempe pedas, kacang panjang dan bahan sayuran lainnya. Dengan demikian tentunya bahan sayurannya tidak mengikat harus pakai sayuran ini atau itu. Inilah resep cara membuat sayur lontong jawa.

Bahan utama lontong sayur jawa

  • Kacang panjang : 2 ikat kecil
  • Nangka muda : ± 250 gram
  • Santan kelapa : ± 1 liter dari ½ butir kelapa tua
  • Minyak goreng : untuk tumisan

Bumbu halus lontong sayur jawa

  • Bawang putih : 3 hingga 4 siung
  • Bawang merah : 5 buah
  • Cabe merah keriting : 6 buah atau secukupnya
  • Penyedap rasa, gula pasir, dan garam : secukupnya

Bahan bumbu pelengkap

  • Kaldu ayam : ±  1 sendok makan hingga 1½ sendok makan
  • Serai : 2 buah, potong bagian ujungnya
  • Daun salam : 2 lembar
  • Lengkuas : 1 kerat, potong tipis tipis dan sedikit memarkan
  • Terasi : secukupnya, sedikit saja

Cara membuat sayur lontong jawa

  1. Bersihkan nangka muda dan cacah cacah, demikian juga kacang panjang potong potong panjang ± 3 cm.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Aduk aduk hingga harum, kemudian tambahkan daun salam, lengkuas, dan serai. Aduk aduk hingga matang dan harum.
  3. Tambahkan nangka muda dan kacang panjang. Aduk aduk hingga bercampur dan nangka layu.
  4. Tuang santan kental, masukkan kaldu ayam dan  terasi, masukkan juga garam, penyedap rasa ( optional ), dan gula pasir sedikit sebagai penyeimbang. Aduk aduk secara perlahan dan tunggu hingga mendidih.
  5. Coba cicipi rasa kuahnya. Jika kurang pas sesuaikan dengan garam dan penyedap rasa.
  6. Setelah kacang panjang dan nangka muda matang, angkat

Saran penyajian

Potong potong lontong secukupnya dan masukkan dalam mangkok, masukkan sayur lontong, dan tambahkan bawang goreng dan kerupuk nasi uduk. Untuk selanjutnya lontong sayur padang

Resep lontong sayur padang

Berbeda dengan lontong sayur jawa yang mengutamakan cita rasa gurih dan asin, maka lontong sayur padang ini lebih terasa pedasnya, namun seperti kita tahu bahwa pedasnya resep masakan padang ini tetap saja nikmat. Mungkin anda masih ingat dengan sambal balado padang yang cukup kesohor hingga ke seluruh wilayah indonesia. Seperti kita ketahui bahwa restoran padang tumbuh menjamur di ibukota dan sekitarnya, sehingga saat anda pergi ke sana tidak sulit untuk menikmati lezatnya aneka masakan dari kota padang ini.

Namun demikian untuk menu resep masakan lontong sayur padang belum banyak di temui di jakarta, karena hanya ada beberapa saja penjual masakan lontong sayur khas padang ini. Sehingga masyarakat belum banyak yang bisa menikmati kelezatan sayur lontong padang. Untuk itu supaya bisa menikmatinya, tentunya tidak ada salahnya jika bunda membuatnya sendiri dan tentunya bisa digunakan sebagai menu keluarga, dengan demikian bunda mempunyai banyak persediaan menu untuk keluarga.

Bahan bahan lontong sayur padang

  • Nangka muda : ± 250 gram
  • Kacang panjang : sekitar 3 ikat kecil
  • Santan kelapa : ± 1½ liter

Bumbu halus lontong sayur padang

  • Bawang putih : 4 siung besar
  • Bawang merah : 8 buah
  • Cabe merah besar : 10 biji, buang bagian bijinya
  • Cabe rawit merah : 3 buah
  • Merica : ± 1 ½ sendok makan, atau gunakan merica bubuk sekitar 1 sendok teh
  • Kunyit : ukuran 3 cm
  • Jahe : 1 kerat

Bahan bumbu pelengkap

  • Lengkuas : 1 kerat, potong tipis dan memarkan
  • Daun salam : 3 lembar
  • Gula merah : secukupnya
  • Garam dan penyedap rasa : secukupnya, sesuai selera
  • Kerupuk : secukupnya
  • Bawang goreng : secukupnya

Cara membuat sayur lontong padang

  1. Hal pertama, bersihkan nangka dan cacah, demikian juga dengan kacang panjang, potong potong sekitar 3 cm.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan di uleg, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng.
  3. Setelah tercium bau harum, lantas masukkan lengkuas, daun salam, dan gula merah
  4. Kemudian masukkan kacang panjang dan nangka muda, aduk aduk hingga layu.
  5. Selanjutnya masukkan santan ketal, garam, dan penyedap rasa. Cicip[i dahulu dan tambahkan garam serta penyedap rasa hingga sesuai dengan selera
  6. Tunggu hingga mendidih dan angkat

Saran penyajian

  • Ambil mangkok, isi dengan beberapa potong lontong, dan masukkan kuah sayur padang beserta isinya.
  • Tambahkan bawang goreng dan juga kerupuk merah.

Kalau ditinjau dari bahan bahan dan bumbu yang diterapkan untuk masakan padang lontong sayur ini, hampir sama dengan resep lontong sayur ala jawa. Namun lontong sayur padang kuahnya lebih kental, berikutnya cara bikin sayur lontong medan

Resep lontong sayur medan

Lontong sayur medan mempunyai keunikan tersendiri terutama dalam hal bahan bahan yang diterapkan. Dari tampilannya saja bisa bunda lihat bahwa lontong sayur medan ini tampilannya lebih komplit. Demikian juga cita rasa lontong sayur medan ini serasa lebih lengkap. Bahkan lontong medan mempunyai kuah sayur yang beraroma tauco yang sedap dan lezat. Bisa dibilang bahan bumbu sayur lontong medan ini lebih lengkap, karena di samping memasukkan bahan tauco, juga dilengkapi dengan udang kecil maupun tekokak atau sering juga di sebut sebagai takokak.

Namun untuk saat ini masih sangat jarang pedagang kaki lima yang menjual lontong sayur medan ini. Namun untuk kelas restoran sudah ada beberapa yang menyediakan menu lontong sayur medan di daerah jakarta, tangerang, tangerang selatan, dan tempat tempat lainnya. Namun jangan khawatir, sebab bunda bisa membuat lontong sayur medan sendiri. Meskipun kadang cukup sulit mencari takokak yang merupakan bahan sayuran dan bahan bumbu khas medan. Bunda penasaran dengan lontong sayur medan ini, yuk ikuti resep cara membuat lontong sayur medan asli.

Bahan bahan lontong sayur medan

  • Labu siam : ± 500 gram, kupas kulitnya dan potong potong memanjang
  • Kacang panjang : 2 ikat, potong potong sekitar panjang 3 cm
  • Udang kecil : ± 100 gram, kupas kulitnya dan bersihkan
  • Daging sapi campur : ±  150 gram, bersihkan dan potong kecil kecil, bisa juga menggunakan daging tetelan untuk masakan rawon
  • Tekokak : sekitar 75 gram, pisahkan dan bersihkan
  • Santan : 1 liter santan kental
  • Tauco medan : ± 4 sendok makan
  • Minyak goreng : secukupnya untuk tumisan

Bahan bumbu iris lontong sayur medan

  • Bawang putih : 3 siung ukuran sedang, iris tipis tipis
  • Bawang merah : 6 buah, iris tipis tipis
  • Kecombrang : cukup 1 batang dan cincang halus
  • Cabe merah besar : 3 buah, iris agak kasar
  • Cabe hijau besar : 3 buah, iris agak kasar
  • Cabe rawit merah : 5 buah atau sesuaikan, dihaluskan

Bahan bumbu pelengkap

  • Lengkuas : 1 kerat, piting tipis dan memarkan
  • Serai : 1 batang
  • Daun salam : 3 lembar
  • Garam, gula pasir, dan penyedap rasa : secukupnya

Bahan pelengkap untuk sajian

  • Bawang goreng : sesuaikan dengan yang diperlukan
  • Kering tempe : secukupnya
  • Sambal goreng kentang : secukupnya

Cara membuat sayur lontong medan

  1. Langkah pertama nyalakan kompor dengan api kecil dan taruh penggorengan. Lantas tumis bahan bahan bumbu iris, tunggu hingga matang dan harum
  2. Lantas masukkan daging tetelan, udang kupas, dan tauco. Masukkan juga serai, lengkuas dan daun salam. Aduk aduk secara perlahan. Tunggu hingga daging dan udang setengah matang.
  3. Lantas masukkan bahan bahan lainnya, seperti labu siam, daging panjang, dan tekokak.
  4. Berikutnya tuang 1 liter santan kental, aduk aduk secara perlahan hingga kuah mendidih. Lantas masukkan garam, gula pasir, serta penyedap rasa secukupnya.
  5. Cicipi hingga rasanya sesuai selera ( sempurnakan cita rasanya dengan penambahan garam dan penyedap rasa jika kurang ). Jika rasanya sudah pas angkat.

Saran penyajian

Sajikan menu lontong sayur medan bersama lontong beserta sayurnya dengan dilengkapi taburan bawang goreng, orek tempe, dan bahan tambahan lainnya. Selanjutnya resep sayur lontong banjar

resep lontong sayur banjar

Lontong sayur banjar biasanya menggunakan beberapa potong lontong dengan sayur nangka muda yang dimasak khas banjar. Kadangkala juga ditambah dengan telur bulat. Bumbu sayur lontong khas banjarmasin ini cuup sederhana, baik penggunaan bumbu dapur maupun cara membuatnya juga cukup mudah. bahkan jika diperhatikan lebih lanjut hampir mirip dengan kupat sayur jawa. Banyak diantara bunda bunda maupun remaja putri salah sangka dengan resep lontong sayur banjar yang dikiranya dari banjarnegara, padahal kata banjar di sini adalah kota banjarmasin.

Kota banjarmasin bukan hanya terkenal dengan masakan lontong sayur namun juga masakan masakan khas daerah banjar lainnya, salah satunya adalah soto ayam banjar yang memilki cita rasa dan tampilan beda dari masakan soto pada umumnya karena menggunakan bahan tambahan yakni susu cair. Resep sayur untuk pelengkap lontong dari banjar ini hanya menggunakan bahan bahan bumbu sederhana, seperti bawang merah, bawang putih, dan juga laos.

Namun demikian ada keunikan dari lontong sayur khas banjar ini. Selain menggunakan sayur nangka muda juga masih ada tambahan masakan lainnya yakni masak habang. Mungkin bunda kebingungan dengan masak habang ini. Masakan khas banjar ini mempunyai ciri khas yakni kuahnya yang kental dan berwara merah, sehingga hampir semua masakan yang mempunyai ciri ciri khusus dengan kuah kental warna merah ini dinamakan sebagai masak habang atau masakan merah. Untuk lebih lengkapnya yuk tulis dahulu resep lontong sayur dari kota banjar ini.

Bahan bahan lontong sayur banjar

  • Nangka muda : ± 300 gram
  • Santan : ± 1 liter dari satu butir kelapa tua

Bumbu halus lontong sayur banjar

  • Bawang putih : 3 siung
  • Bawang merah : 6 buah
  • Kunyit dan laos : masing masing 1 kerat
  • Garam : 1 sendok teh
  • Gula pasir : 2 sendok makan
  • Penyedap rasa : secukupnya ( optional )

Cara membuat sayur lontong banjar

  1. Langkah pertama bersihkan nangka muda dan potong potong, lalu rebus hingga matang. lantas tiriskan.
  2. Kemudian masukkan santan ke dalam panci, tambahkan bumbu halus serta nangka muda matang tadi. Aduk aduk secara perlahan, kemudian tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa.
  3. Tunggu hingga mendidih dan cicipi dahulu rasa kuahnya. Kalau sudah sesuai angkat.

Resep masak habang khas banjar

Bahan bahan habang khas banjar

  • Ayam : 1 ekor, potong potong sesuai selera

Bumbu halus sayur habang

  • Bawang putih : 3 siung
  • Cabai merah : 10 buah
  • Bawang merah : 6 siung
  • Jahe : sekitar 3 cm
  • Kencur : kira kira 2 cm

Bahan bahan pelengkap

  • Tomat buah : 4 buah
  • Kecap manis : 3 sendok makan
  • Gula pasir : 2 sendok makan
  • Garam : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis

Cara bikin masakan habang khas banjar

  1. Langkah pertama tumis bumbu halus hingga wangi dan harum.
  2. Kemudian masukkan ayam serta bahan bumbu pelengkap lainnya, jangan lupa kecilkan nyala api kompor. Setelah matang dan bumbu bumbu menyatu angkat.

Saran penyajian

  • Ambil mangkok dan isikan beberapa potong lontong daun pisang.
  • Tambahkan sayur lontong nangka muda dan siram dengan masakan masak habang. Tambahkan juga bawang goreng jika suka.

Demikian bunda dan sis cantik serta remaja putri sekalian aneka resep lontong sayur sebagai masakan tradisional yang cukup digemari.

Gallery Resep Olahan Sayur

Ingin Membuat Sayur Bayam Bobor Jagung Pipil Yang Nikmat

194 010 Resep Olahan Sayuran Hijau Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Olahan Sayur Asem Bening Resep Kuliner Cookpad

9 Resep Aneka Tumisan Sayur Untuk Menu Masakan Harian

Dapur Emak Aneka Resep Olahan Sayur Facebook

Resep Masak Brokoli Tumis Oriental Olahan Sayur Sehat Yang

12 Daftar Resep Olahan Sayur Khas Indonesia

Aneka Resep Olahan Sayur 1 0 Apk Androidappsapk Co

Resep Olahan Kol Sederhana Dan Manjakan Lidah

Resep Olahan Nugget Sayur Yang Sehat Untuk Tubuh

Kumpulan Aneka Resep Sayuran Terlengkap Dan Mudah Dibuat

4 Resep Sayur Asem Yang Sehat Dan Menyegarkan Hello Sehat

Kumpulan Aneka Resep Sayur Tahu Terlengkap Dan Mudah Dibuat

20 Resep Olahan Terong Enak Lezat Sederhana Dan Menggugah

Resep Sayur Tumis All Western Steak Pasta Friends

Sehat Dan Menyegarkan Ini Aneka Olahan Sayur Untuk Menu

Sayur Orak Arik Resep Masakan Jawa Untuk Sehari Hari Praktis Sederhana Bunda Airin

5 Resep Olahan Biji Nangka Yang Sehat Dan Nikmat Jangan

Kumpulan Aneka Resep Tumis Dan Sayur Sawi Terlengkap Dan

Resep Olahan Sayur Gambas Resep Kuliner Cookpad Indonesia

Resep Olahan Tahu Yang Enak Untuk Lauk Juga Camilan Sedap Di

Resep Sayur Kacang Panjang Youtube

Resep Olahan Sayur 1 0 Download Apk For Android Aptoide

Resep Olahan Sayur Mantap Latest Version Apk Androidappsapk Co

Resep 6 Olahan Sayur Segar Untuk Hidangan Cuaca Panas

Resep Pokcoy Jamur Saus Tiram Alternatif Olahan Sayur Buat

Resep Olahan Sayur Asem Sunda Blog K I

3 Resep Brokoli Lezat Buat Orang Yang Tidak Doyan Makan Brokoli

5 Resep Olahan Sayuran Khas Korea Yang Cocok Untuk Menu Buka


Belum ada Komentar untuk "Resep Olahan Sayur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel