Resep Rendang Padang Istimewa



4 Resep Rendang Ayam Khas Minang Yang Harus Kamu Coba

Resep Rendang Padang Asli Minang Istimewa

Cara Membuat Rendang Padang Sederhana Asli Minang Rendang padang khas Minang merupakan salah satu hidangan asli nusantara yang... Januari 23, 2019

Cara Membuat Rendang Padang Sederhana Asli Minang

Rendang padang khas Minang merupakan salah satu hidangan asli nusantara yang telah terkenal sampai ke manca negara. Bahkan berdasarkan hasil sebuah survei salah satu web berita yang berasal dari Inggris, rendang padang asli minang pernah terpilih sebagai makanan terenak nomor 1 di dunia!

Apakah benar bila kebanyakan rendang yang di temui saat ini sudah melalui banyak modifikasi maka pertanyaannya, Inginkah sobat spesial resep mencoba merasakan rendang padang yang asli minang?, kita akan mengulas resep rendang padang asli minang dan selanjutnya bisa di coba untuk meraciknya di dapur kesayangan di rumah kita masing-masing.
Resep Rendang Padang Asli Minang - SpesialResep.com
Mari langsung saja di ikuti resep daging rendang padang asli minang pada artikel di bawah ini:

Bahan Utama Untuk Membuat Resep Daging Rendang Asli Minang

  • 1.5 kg Daging Sapi
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa tua

Bumbu dan Rempah Untuk Membuat Rendang Minang Asli

  • 2 batang daun serai, di memarkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm asam kandis atau gelugur
  • 2 lembar daun kunyit, di simpulkan

Bumbu Halus Rendang Padang Asli Minang

  • 5 butir kemiri
  • 6 siung bawang putih
  • 100 gram cabe merah besar
  • 12 butir bawang merah
  • 100 gram cabe merah keriting
  • 2 cm jahe, yang telah di bakar
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit, yang telah di bakar
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh pala
  • 1 sendok teh jintan, di sangrai
  • Penyedap rasa sesuaikan denagn selera

Cara Mengolah Resep Rendang Padang Asli khas Minang

  1. Langkah pertama dalam mengolah daging yang sudah di siapkan, kita potong-potong daging rendang dengan bentuk pola seperti dadu atau menjadi seukuran yang di inginkan, hanya saja jangan pernah memotong daging terlalu kecil untuk di olah menjadi masakan rendang supaya selama di masak daging tidak hancur.
  2. Tuangkan santan ke wajan (usahakan memakai wajan dengan ukuran besar), masukkan juga serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit. Aduk-aduk hingga santan mendidih dan pastikan santan yang kita masak tidak pecah, untuk itu kita harus terus mengaduk-aduk santan sampai mendidih dan matang merata.
  3. Setelah santan mendidih, masukkan perlahan bumbu yang telah di haluskan sebelumnya ke dalam wajan berisi santan dan sesekali di aduk-aduk. Proses ini kurang lebih selama 20-30 menit.
  4. Setelah santan tampak berminyak, berarti ini tanda saatnya sobat spesial resep memasukan potongan daging rendang yang telah di bersihkan dan masak dengan menggunakan api kecil atau sedang sampai santan mengental dan mengering serta bumbu telah meresap ke pori-pori daging.
  5. Lanjutkan memasak hingga daging empuk dan matang merata, jangan lengah untuk terus di aduk-aduk supaya bagian dasar tidak gosong dan daging tidak gagal.

Tips Membuat Rendang Sapi Lezat Empuk dan Istimewa

Pilihlah bagian daging sapi yang tepat

Rendang pada umumnya di masak dalam waktu lama supaya bumbu dapat meresap dengan baik ke dalam daging. Oleh sebab itu, gunakan bagian daging yang padat seperti paha, terutama paha bagian luar. Hindari penggunaan bagian daging lunak seperti tenderloin, karena jenis daging ini akan mudah hancur bila di masak dalam waktu yang cukup lama.

Mengolah daging dan bumbu secara benar

Agar mendapatkan citra rasa yang optimal, bumbu rendang sebaiknya di buat dari bahan-bahan segar yang di haluskan dengan cara di giling, bukan dengan di haluskan menggunakan blender. Setelah di haluskan, cara memasak rendang yang tepat adalah merebus bumbu halus bersama santan. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah daging di masukkan lalu di masak sampai matang sempurna.

Gunakan jumlah santan yang cukup

Santan merupakan salah satu bahan utama yang memberikan cita rasa gurih pada bumbu rendang. Oleh sebab itu, penggunaan santan dalam jumlah yang cukup berperan sangat penting dalam cita rasa rendang. Biasanya perbandingan untuk daging dengan santan yang di pakai adalah 1:3, yaitu tiap 1 kg daging di butuhkan santan kental dari 3 butir buah kelapa. Bila ingin membuat rendang yang berasa pedas, tiap 1 kg daging dapat menggunakan 250 gram cabai dan santan kental dari 4 butir buah kelapa.

Masak rendang dengan menggunakan api kecil

Supaya bumbu meresap dan daging menjadi empuk sempurna, rendang sebaiknya di masak dengan api kecil selama beberapa jam. Bila sobat spesial resep suka rendang yang kering, masak selama sekitar 5-6 jam. Kalau ingin memasak rendang yang basah, lama memasak sekitar 4 jam. Namun bila hanya di masak selama 3 jam, sajian yang di dapatkan bukan masakan rendang, melainkan kalio daging yang basah dan masih memiliki kuah campuran santan dan bumbu dalam jumlah cukup banyak.

Aduk-aduk rendang secukupnya

Selama daging di masak dalam bumbu, daging tidak perlu di aduk secara terus-menerus supaya dagingnya tidak hancur. Namun, rendang juga perlu di aduk sesekali supaya tidak gosong. Tentu saja, mengaduknya harus hati-hati supaya bentuk daging tetap terjaga.
Ternyata cukup mudah untuk memasak rendang padang asli minang ya sobat spesial resep? Hanya di butuhkan ketekunan, kesabaran dan mengikuti resep rendang padang asli minang di atas secara teliti, Jadi tentunya sobat sudah dapat menyajikan rendang padang yang sangat lezat melegenda khas minang untuk keluarga tercinta di rumah.

Gallery Resep Rendang Padang Istimewa

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Sederhana Resep Makan

Resep Rendang Padang Asli Minang Empuk Lezat Dan Nikmat

Cara Membuat Resep Rendang Padang Hitam Spesial

Rendang Daging Minang Azie Kitchen

13 Cara Membuat Rendang Enak Empuk Dan Sederhana

13 Cara Membuat Rendang Enak Empuk Dan Sederhana

Cara Membuat Rendang Jengkol Padang Istimewa Yang Enak Empuk Dan Anti Bau

Resep Membuat Rendang Daging Kering Spesial Khas Padang

Resep Semur Daging Sapi Istimewa Resep Masaka

Resep Masak Rendang Daging Padang Merdeka Com

Resep Rendang Udang Hidangan Istimewa Untuk Makan Bersama

Coba Resep Rendang Sapi Ini Untuk Sajian Lezat Idul Adha

Indonesian Beef Rendang Recipe Resep Rendang Padang Khas

Rendang Daging

Resep Sate Padang Kuah Kental Istimewa

Rendang Daging Istimewa

Resep Padang Istimewa Rendang Daging Sapi Empuk Cara Masak Rendang Untuk Pertama Kali Mudah Gampang

Resep Rendang Jengkol

Resep Membuat Rendang Telur Kering Istimewa Nikmat Resep

Resep Rendang Ayam Hitam S Wagon Rx

Resep Rendang Padang Istimewa Daftar Kuliner Indonesia

4 Resep Rendang Ayam Khas Minang Yang Harus Kamu Coba

Resep Rendang Sapi Padang Spesial Gurih Dan Nikmat Resep


Belum ada Komentar untuk "Resep Rendang Padang Istimewa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel