Resep Es Krim Buah



5 Cara Membuat Es Krim Buah Termudah Toko Mesin Maksindo

Kumpulan Resep Es Krim Buah dan Manfaatnya

Ketika matahari tengah terik dan cuaca menjadi panas, menikmati semangkuk es krim tentu akan menyegarkan bagi siapa saja, termasuk Anda dan buah hati. Namun, daripada membeli es krim yang banyak dijual di toko-toko, bagaimana kalau Anda mencoba resep es krim buah untuk anak yang ada dalam artikel ini.

Es krim yang banyak dijual di pasaran biasanya mengandung beberapa bahan kimia seperti bahan pengawet dan zat aditif yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus. Belum lagi keberadaan gula berupa sukrosa dan glukosa dalam jumlah banyak. Suhu dingin ketika menyajikan es krim membuat Anda tidak dapat merasakan manis dengan baik, sehingga produsen es krim biasanya akan menambahkan banyak gula ke dalam resep dagangannya agar dapat dinikmati.

Kandungan gula dan zat kimia dalam es krim tersebut dapat meningkatkan berbagai macam risiko penyakit mulai dari diabetes, kegemukan, tekanan darah tinggi hingga kolesterol tinggi. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kekhawatiran bagi para orang tua.

Dibandingkan es krim yang dijual di pasaran, akan lebih baik jika Anda mengolah sendiri es krim untuk buah hati. Apalagi jika Anda menggunakan bahan dasar buah-buahan yang menyehatkan. Tak hanya Anda menggunakan bahan-bahan yang lebih jelas manfaatnya, tapi juga bisa menghindari konsumsi gula yang berlebih.

Selain itu, Anda bisa sekaligus mengatasi masalah buah hati yang tidak terlalu suka mengonsumsi buah. Karena bagaimanapun, biasanya anak-anak lebih mau menyantap es krim daripada buah-buahan.

Jadi, apakah Anda sudah cukup tertarik untuk mencoba membuat es krim berbahan dasar buah-buahan? Tanpa perlu menunggu lama, langsung saja cek beberapa resep es krim buah yang terdapat dalam artikel ini. Selamat mencoba!

1. Resep Es Krim Buah Pisang dan Cokelat

Buah pisang mengandung serat tinggi yang dapat mencegah sembelit. Sehingga memberikan buah yang kaya akan potasium ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan buah hati.

Selain itu, pisang juga termasuk sumber kalsium yang baik seperti susu dan keju, yang berperan dalam pembentukan tulang. Kandungan folat atau zat besi dalam pisang juga cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko terkena anemia.

Namun, tak jarang ada beberapa anak yang tidak mau memakan pisang secara langsung. Mengolah buah tersebut menjadi es krim dalam menjadi pilihan yang tepat untuk santapan si kecil. Apalagi jika Anda menambahkan cokelat bubuk ke dalamnya dan menyiramkan susu cokelat di atasnya. Pasti akan menjadi santapan favorit buah hati.

Bahan-bahan:

  • 4 buah pisang, bekukan
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 250 ml susu kedelai
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm minyak kelapa
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Hancurkan dengan kecepatan tinggi sampai teksturnya halus.
  2. Tuangkan pada wadah.
  3. Simpan dalam freezer sampai beku.
  4. Sajikan dalam wadah. Tambahkan topping susu kental manis cokelat jika perlu.

Baca juga: Beragam Inspirasi Resep Nasi Goreng dari Berbagai Daerah dan Negara

2. Resep Es Krim Buah Mangga

Mangga termasuk buah yang sangat baik dikonsumsi oleh buah hati. Satu cangkir buah mangga dapat mencukupi 25 persen kebutuhan vitamin A anak-anak. Sehingga mengonsumsi mangga secara rutin dapat membantu mencegah risiko kebutaan, juga mata gatal dan kering.

Buah menyegarkan ini juga memiliki banyak enzim pencernaan yang dapat membantu memecah protein. Gunanya adalah untuk menenangkan perut, mencegah risiko gangguan pencernaan, serta menghindari sembelit pada buah hati.

Bagaimana? Menikmati olahan es krim mangga tak hanya menyegarkan ketika hari tengah panas, tapi juga cukup bermanfaat, bukan? Untuk menjadikan rasanya lebih enak dan teksturnya creamy, Anda dapat menambahkan yoghurt atau susu kental manis di dalamnya, seperti yang terdapat dalam resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 2 buah mangga matang, kupas, bekukan dagingnya
  • 250 ml greek yogurt
  • 1 sdt ekstrak vanili

Cara membuat:

  1. Blender semua bahan menjadi satu dengan kecepatan tinggi. Pastikan teksturnya agak kental dan creamy.
  2. Tuangkan dalam wadah.
  3. Simpan dalam freezer hingga membeku.
  4. Keruk es krim dalam wadah. Sajikan dengan potongan buah mangga.

3. Resep Es Krim Buah Naga

Sumber: Instagram – lipinlisa

Buah naga memiliki banyak sekali manfaat melimpah untuk kesehatan tubuh anak. Selain kaya vitamin A dan C, buah naga juga mengandung antioksidan yang berperan penting dalam membangun kekebalan tubuh.

Buah yang juga dikenal sebagai dragonfruit ini baik dikonsumsi oleh buah hati sejak usianya masih 8 bulan. Oleh karena itu, buah naga sering dikenalkan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Apalagi buah yang memiliki daging berwarna merah dan putih ini memiliki serat tinggi yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Jika si kecil tidak ingin memakannya begitu saja, Anda bisa mengolahnya menjadi sebuah es krim. Kemudian campurkan dengan susu cair dan susu kental manis untuk menjadikan teksturnya lebih creamySelamat mencoba!

Bahan-bahan:

  • 1 buah naga merah, blender
  • 850 ml susu cair
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 5 sdm tepung maizena
  • 1 sdm emulsifier (SP, TB, Quick 75), tim, dinginkan
  • 65 ml santan kental

Cara membuat:

  1. Masukkan susu cair, santan, dan tepung maizena ke dalam panci. Rebus dengan api kecil sambil diaduk hingga meletup-letup. Angkat dan sisihkan.
  2. Aduk susu kental manis dan emulsifier menggunakan mixer sampai berwarna putih dan menjadi kental.
  3. Masukkan campuran susu dan tepung maizena ke dalam adonan susu kental manis. Aduk lagi dengan kecepatan tinggi sampai mengembang. Matikan mixer.
  4. Tuangkan jus buah naga merah ke dalam adonan. Aduk menggunakan spatula sampai rata.
  5. Masukkan adonan es krim ke dalam wadah.
  6. Simpan dalam freezer dan diamkan selama beberapa jam sampai beku.
  7. Sajikan.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Resep Es Krim Buah Markisa

Sumber: Instagram – mamalai.vivian

Markisa termasuk buah yang dikonsumsi bijinya. Rasa asamnya yang khas berpadu dengan manis dapat memberikan sensasi menyegarkan. Anda dapat menikmatinya dalam keadaan dingin pada siang hari atau bahkan dijadikan es krim, hal tersebut dapat menjadi kenikmatan yang tidak ada duanya.

Secara umum, ada dua jenis markisa yang banyak dikenal di Indonesia, yaitu markisa ungu dan kuning. Perbedaan keduanya adalah, markisa ungu memiliki aroma yang lebih wangi, sementara markisa kuning memiliki rasa lebih asam.

Namun, rasa asam dari buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini tidak banyak disukai anak-anak. Sehingga untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba resep es krim buah markisa berikut ini. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:

  • 400 g buah markisa, blender halus
  • 2 cangkir heavy cream
  • 1 kaleng susu kental manis

Cara membuat:

  1. Bekukan heavy cream selama 15–20 menit dalam freezer.
  2. Campurkan susu kental manis dengan jus markisa sampai rata.
  3. Kocok heavy cream menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih tiga menit.
  4. Turunkan kecepatan mixer. Masukkan campuran markisa dan susu kental manis secara perlahan. Aduk sampai rata.
  5. Tuangkan adonan ke dalam wadah kedap udara. Jika tidak ada, tuangkan ke dalam wadah biasa lalu gunakan kertas minyak sebagai penutup.
  6. Simpan dalam freezer sampai beku.
  7. Sajikan.

5. Resep Es Krim Buah Pepaya

Sumber: Instagram – pennymint

Buah pepaya tidak hanya lezat, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Setidaknya, pepaya mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral penting yang dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar. Beberapa di antaranya adalah karoten, flavonoid, vitamin C, vitamin B, vitamin A, magnesium, kalium, kalsium, karbohidrat, protein, dan serat.

Namun, terkadang ada beberapa anak yang menolak untuk memakan buah pepaya karena tidak menyukai aromanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengolah buah yang memiliki nama ilmiah Carica papaya ini menjadi es krim. Si kecil pun tidak akan terlalu mencium aroma khasnya, tapi tetap bisa mendapatkan manfaat baiknya.

Bahan-bahan:

  • 50 g buah pepaya penang, kupas lalu potong (bisa juga menggunakan jenis pepaya lain)
  • 2 sachet susu bubuk putih
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air es

Cara membuat:

  1. Hancurkan semua bahan menggunakan blender sampai halus dan lembut.
  2. Tuangkan adonan dalam wadah.
  3. Simpan dalam freezer dan biarkan hingga beku.
  4. Sajikan dengan potongan buah pepaya.

Baca juga: Ketahui Beragam Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan

6. Resep Es Krim Buah Alpukat dan Mint

Sumber: Instagram – eat_healthy_eat_real

Alpukat sering kali disebut sebagai buah yang menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi dan mineral yang penting bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, folat, dan masih banyak lagi.

Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan lemak dan serat. Meskipun buah alpukat ini tinggi lemak, tapi tetap aman dikonsumsi karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Untuk dapat menikmati manfaat buah berwarna hijau ini, Anda tak hanya bisa langsung memakan daging buahnya, tapi juga bisa mengolahnya terlebih dahulu. Bisa dijadikan jus dengan susu cokelat atau es krim seperti dalam resep berikut ini. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat matang, keruk dagingnya
  • 250 ml greek yogurt
  • 2 sdm perasan air jeruk nipis
  • 3 buah pisang, bekukan
  • 1 sdt ekstrak peppertmint
  • Daun mint segar secukupnya
  • Choco chip secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan selain choco chip ke dalam blender. Hancurkan dengan kecepatan maksimal sampai halus dan teksurnya kental.
  2. Tuankan adonan ke dalam wadah.
  3. Masukkan choco chip ke dalam adonan es krim. Aduk rata.
  4. Masukkan ke dalam freezer. Diamkan hingga beku.
  5. Sajikan dengan taburan choco chip.

7. Resep Es Krim Buah Kurma dan Oatmeal

Sumber: Instagram – kleines.nordlicht

Buah kurma biasanya identik dengan bulan Ramadhan dan menjadi makanan wajib saat buka puasa. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah dengan nama ilmiah Phoenix dactylifera ini membuatnya cocok dijadikan makanan berbuka.

Beberapa nutrisi pentingnya adalah kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, zinc, vitamin A, vitamin K, tiamina, riboflavin, niacin, dan folat. Tak hanya itu, kurma juga mengandung potasium yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak buah hati Anda.

Agar tidak bosan dalam mengonsumsi buah kurma, Anda bisa mengolahnya menjadi es krim seperti yang terdapat dalam resep berikut ini. Untuk membuat lebih bergizi dan terasa lezat, Anda bisa menambahkan oatmeal  dan susu almon. Si kecil pun pasti akan ketagihan menyantap es krimnya.

Bahan-bahan:

  • 500 ml susu almon
  • 75 ml santan kental
  • 10 butir kurma, buang bijinya
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 300 g oatmeal
  • Garam secukupnya
  • Choco chip secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan susu, kurma, ekstrak vanili, garam, dan oatmeal dalam blender. Hancurkan bahan tersebut selama 45–60 detik sampai halus dan teksturnya jadi creamy.
  2. Tuang pada wadah. Bekukan dalam freezer hingga mengeras.
  3. Sebelum disajikan, keluarkan es krim dari freezer dan diamkan selama 15 menit.
  4. Taburkan choco chip di atasnya. Keruk dan sajikan dalam mangkuk.

Baca juga: Mengenali Sejarah dan Jenis Kopi Nusantara yang Ada di Indonesia

8. Resep Es Krim Buah Strawberry dan Blackberry

Buah stroberi dan blackberry dapat dikatakan cukup mudah ditemukan di beberapa market besar di Indonesia. Warnanya yang menarik dan rasa yang menyegarkan menjadikan buah ini disukai oleh anak-anak. Kabar baiknya, American Academy of Pediatrics menyebutkan kalau balita berusia 6 bulan ke atas sudah bisa mengonsumsi buah menyehatkan ini.

Beberapa nutrisi dari kedua buah beri tersebut adalah vitamin C, antioksidan, dan tanin yang bekerja sama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, kedua buah tersebut juga mengandung kalsium, fosfor, dan flouride yang berperan penting dalam penguatan tulang si kecil dan mencegah tulang mudah patah ketika ia beranjak dewasa.

Jika ingin menikmati manfaat stroberi dan blackberry sekaligus, Anda bisa mengolah buah tersebut sebagai es krim. Kemudian ditambah dengan susu cair dan madu, rasanya pun menjadi lebih nikmat dan menyegarkan. Selamat mencoba

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir buah strawberry, bekukan
  • 2 cangkir buah blackberry, bekukan
  • Madu secukupnya
  • 1 cangkir susu murni
  • 1 sdt vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Campurkan buah strawberry dan blackberry beku. Ambil 1/2 cangkir, potong-potong kecil. Sisihkan.
  2. Masukkan 3 1/2 cangkir buah beku, susu, madu, dan vanili bubuk ke dalam blender. Hancurkan sampai lembut dan tercampur rata.
  3. Tuangkan ke dalam wadah. Masukkan buah yang sudah dipotong kecil. Aduk rata menggunakan spatula.
  4. Simpan adonan dalam freezer. Bekukan selama dua jam atau lebih.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Goreng Jawa yang Mudah dan Nikmat

Memastikan Buah Hati Tetap Sehat Ketika Menikmati Kesegaran Es Krim Buah

Jadi bagaimana? Mudah bukan resep es krim buah yang ada di atas? Apakah kira-kira ada yang langsung ingin Anda buat untuk buah hati atau orang-orang tersayang? 

Jika mau, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk membuat bersama-sama, lho! Hal tersebut tak hanya bisa membantu melatih kesabaran si kecil, tapi juga bisa semakin mendekatkan Anda dengan putra dan putri.

Selain resep es krim buah ini, Anda juga bisa mencoba membuat beberapa resep mudah lain di website PosBagus ini. Mulai dari nasi goreng, bakso, bahkan teh tarik kekinian. Selamat mempraktikkannya di rumah!

Gallery Resep Es Krim Buah

Resep N Cara Membuat Es Krim Bisabo Channel 2019

Es Krim Buah Rekomendasi Resep Es Krim Buah Mesin Es Krim

Resep Es Krim Buah Naga Oleh Nurzahratul Jannah Cookpad

Resep Es Krim Buah Android Apk Free Download Apkturbo

Kumpulan Resep Es Krim Buah Dan Manfaatnya Posbagus

Resep Es Krim Buah Berry Berry Ice Cream Recipe Video Chef Lucky Yuda Bustara

Es Krim Mangga Yang Lembut Homemade Mango Ice Cream

Resep Es Krim For Android Apk Download

5 Resep Dan Cara Membuat Es Buah Tokopedia Blog

Cara Membuat Es Krim Buah Naga Lumer Abis

5 Cara Membuat Es Krim Buah Termudah Toko Mesin Maksindo

Resep Es Kirim Buah Segar Spesial Nikmat

Resep Es Krim Mangga Untuk Menu Buka Puasa Cantik Tempo Co

Cara Membuat Es Krim Dari Buah Sukun Agtv

7 Cara Membuat Es Krim Istimewa Di Rumah Toko Mesin Maksindo

Resep Es Cream Buah Spesial For Android Apk Download

Cara Membuat Es Krim Buah Naga Yusuf Kurniawan Medium

Resep Es Krim Buah Naga Lembut Oleh Diyah Kuntari Cookpad

Resep Olah Buah Jadi Es Krim Menyegarkan Coba Yuk

3 Resep Es Krim Buah Yang Sehat Dan Enak

Pengetahuan Ku Resep Es Krim Buah Naga

4 Cara Membuat Es Krim Sendiri Yang Segar Tidak Ribet Dan

10 Cara Membuat Es Krim Buah Sederhana Sendiri Di Rumah

Masakan Kesukaan Keluarga Ice Cream Upin Dan Ipin


Belum ada Komentar untuk "Resep Es Krim Buah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel