Resep Bolu Ketan Item



Cara Membuat Bolu Panggang Ketan Hitam Aneka Kuliner

2 Resep Bolu Ketan Hitam Lembut dan Enak

2 Resep Bolu Ketan Hitam Lembut dan Enak – Bolu ketan hitam yang sering disebut dengan Cake Ketan Item ini merupakan salah satu cake kukus yang sempat populer di Bandung. mungkin karena unik dan tampilannya yang sedikit berbeda dengan cake lainnya membuat Bolu Ketan Hitam banyak di minati masyarakat. bahkan saking nge-trennya Bolu Ketan Hitam, banyak yang menjadikan cake ini sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. dengan adanya Bolu Ketan Hitam sedikit menggeser Brownies Kukus Bandung yang awalnya menjadi idola pecinta kue.

Ciri khas dari Bolu Ketan Hitam adalah warna bolunya yang hitam. walaupun warnanya kurang menarik, namun rasa Bolu Ketan Hitam ini sangat enak dan empuk. untuk membuatnya kita akan menggunakan tepung ketan hitam sebagai bahan utamanya. terkdang ada resep Bolu Ketan Hitam yang memakai tepung ketan hitam saja dan ada juga yang di campur dengan tepung terigu. perbedaan ini mungkin terletak pada proses memasaknya yang di kukus dan di panggang.

Untuk membuat Bolu Ketan Hitam lembut dan enak kita akan menggunakan minyak canola. walaupun sebenarnya penggunaan minyak canola dapat diganti dengan mentega cair ataupun minyak goreng biasa. namun akan lebih baik menggunakan minyak canola yang lemak tak jenuh ganda sehingga akan lebih baik bagi kesehatan. apalagi salah satu bahan Bolu Ketan Hitam menggunakan santan, hal ini yang membuat kandungan lemak cake menjadi cukup tinggi.

Cara membuat Bolu Ketan Hitam atau Cake Ketan Item tentu saja sangat mudah dan praktis. anda tidak akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. bahan-bahan yang digunakan juga mudah di dapat dan terjangkau dimana-dimana. hal ini semakin memudahkan anda untuk membuatnya dirumah langsung dari dapur tercinta.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan 2 resep Bolu Ketan Hitam special sekaligus untuk anda. yang pertama Resep Bolu Ketan Hitam Kukus dan yang kedua adalah Resep Bolu Ketan Hitam Panggang. perbedaan disini untuk hasil bolu ketan hitam kukus mungkin akan sedikit basah dibandingkan dengan bolu ketan hitam panggang yang sedikit bertekstur kering namun tetap lembut dan empuk. yasudah tak panjang lebar lagi ya, yuck disimak ke 2 Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Ketan Hitam nya seperti berikut ini.

Pertama, Resep Bolu Ketan Hitam Panggang

Resep Bolu Ketan Hitam Panggang

Bahan-bahan Bolu Ketan Hitam :

  • Tepung terigu protein sedang/kunci biru 75 gram
  • Tepung ketan hitam 50 gram
  • Gula pasir 125 gram
  • Minyak canola 50 mili liter / Mentega 50 gram ( lelehkan )
  • Telur utuh 2 butir
  • Susu kental manis 1 sendok makan
  • Emulsifier/TBM/Ovale 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang :

  1. Langkah awal, ayak tepung terigu dan tepung ketan hitam. sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok telur, gula dan emulsifier/TBM/Ovalet dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga kental, menggembang dan putih berjejak.
  3. Setelah itu masukkan susu kental manis, kocok hingga rata. turunkan mixer pada kecepatan rendah, lalu tambahkan tepung ketan hitam dan tepung terigu yang telah di ayak tadi. aduk sebentar hingga rata.
  4. Bila adonan sudah benar-benar rata tambahkan minyak canola atau mentega yang telah di lelehkan dan vanili bubuk. aduk kembali hingga rata dengan menggunakan spatula.
  5. Kemudian tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi sedikit mentega dan tepung terigu. panggang dalam oven hingga matang, angkat dan dinginkan.
  6. Potong-potong lalu sajikan hangat.

Kedua, Resep Bolu Ketan Hitam Kukus

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus

Bahan-bahan Bolu Ketan Hitam :

  • Tepung ketan hitam 350 gram
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Telur ayam 5 buah
  • Gula halus 300 gram ( haluskan gula pasir menggunakan blender )
  • Minyak canola 150 mili liter atau minyak sayur/mentega cair 150 mili liter
  • Santan kelapa kental 200 mili liter
  • Ovalet 1/2 sendok teh

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus :

  1. Langkah awal siapkan loyang cake ukuran 23 x 9 cm, olesi mentega secara merata dan taburi sedikit tepung terigu. sisihkan.
  2. Selanjutnya dalam mangkuk terpisah campur tepung ketan hitam dan baking powder, aduk rata. sisihkan.
  3. Setelah itu kocok telur, gula dan ovalete dengan menggunakan mixer kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur dengan rata. kemudian ganti menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga putih, mengembang dan kental berjejak. matikan mixer.
  4. Masukkan minyak dan santan dalam satu wadah. kemudian masukkan tepung ketan hitam dan campuran minyak sayur dan santan kelapa yang sudah dicampurkan tadi sedikit demi sedikit secara bergantian sambil diaduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. adonan ini agak sedikit encer ya,
  5. Masukkan adonan ke dalam loyang, lalu kukus adonan ke dalam dandang kukusan yang sebelumnya sudah di panaskan hingga mendidih. tutup permukaan dandang dengan kain lap bersih, lalu tutup dengan penutup kukusan selama 45-50 menit. jangan buka penutup kukusan selama cake dimasak agar cake mengembang dan tidak bantat.
  6. Bila sudah lebih dari 45 menit, angkat cake ketan item, diamkan 5 menit dalam loyang, keluarkan cake hingga dingin sempurna. lalu potong-potong sesuai selera.

Itulah kedua resep bolu ketan hitam yang dapat kami sampaikan untuk anda. mudah dibuat bukan? anda tinggal pilih resep mana yang akan dibuat, bila anda mempunyai oven boleh mencoba resep bolu ketan hitam panggang. namun bagi anda yang tidak mempunyai oven, boleh mencoba membuat bolu ketan hitam kukus atau tanpa oven yang resepnya sudah kami bagikan di atas. nikmati rasa klasik bolu ketan hitam ini dengan segelas minuman hangat atau dingin sesuai selera.

Jika ingin special, anda boleh tambahkan parutan keju cheedar di atas bolu ketan hitam yang sebelumnya di olesi sedikit margarin. atau bisa juga dengan cara melapisi keju di tengah-tengah bolu agar tercipta rasa yang manis dan gurih dari sang keju. selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan 2 Resep Bolu Ketan Hitam Lembut dan Enak ini dirumah. buka juga informasi resep kue menarik lainnya seperti Resep Kue Pisang Hunkwe Ekonomis dan Resep Cake Tape Keju Special yang patut untuk dicoba. terimkasih sudah membuka resephariini.com, semoga bermanfaat.

2 Resep Bolu Ketan Hitam Lembut dan Enak, Sumber resep: http://resephariini.com/2-resep-bolu-ketan-hitam-lembut-dan-enak/

Gallery Resep Bolu Ketan Item

Bolu Ketan Hitam Kukus Sederhana

Resep Kue Bolu Ketan Hitam

Resep Bolu Ketan Hitam Aneka Informasi Terbaru

Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam

1 062 Resep Bolu Ketan Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Oleh Eva Nurjanah Cookpad

Resep Bolu Lapis Ketan Hitam Keeprecipes Your Universal

Resep Bolu Ketan Hitam Keju Lembut Dan Anti Bantat

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Sederhana Enak Resep Tina

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Oleh Melanie Cookpad

Resep Cake Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Enak

2 Resep Membuat Kue Bolu Ketan Hitam Spesial Catatan

Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Variasi Bolu Legit Yang Selalu

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Tanpa Mixer Info Tempat

Resep Bolu Ketan Hitam Panggang Enak Dan Lembut

Resep Bolu Gulung Ketan Hitam Camilan Klasik Warna Unik

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Yg Moist

Bolu Kukus Ketan Hitam Empuk Mudah Dan Simpel Koki Tangguh

Resep Simple Bolu Tape Ketan Item Murah Irit Tanpa Mixer


Belum ada Komentar untuk "Resep Bolu Ketan Item"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel