Resep Sambal Coto Makassar Asli



5 Aneka Resep Coto Makassar Yang Enak Mudah Dan Lezat Kamu

Resep Coto Makassar Asli yang Kaya Rempah

Siapa yang tak kenal coto makassar? Sesuai namanya, coto makassar adalah salah satu masakan khas daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Jika kamu menyukai makanan ini dan berkeinginan memasak sendiri, kamu bisa membuatnya dengan membaca resep coto makassar asli seperti yang ada di artikel ini.

Coto makassar saat ini memang sudah banyak tersedia di seluruh pelosok nusantara. Jadi untuk menikmatinya, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar karena penjualnya sudah mulai marak di daerah lain. Akan tetapi, jika di dekat tempat tinggalmu tidak ada yang menjualnya, sepertinya kamu bisa mencoba memasaknya sendiri dengan resep coto makassar yang asli berikut ini.

Coto makassar yang merupakan salah satu jenis soto khas nusantara ini mengandung berbagai macam bumbu kaya rempah. Tak main-main, bahkan ada 40 macam rempah yang digunakan dalam memasak coto makassar yang biasa disebut rampah patang pulo.

Untuk sambalnya, coto makassar memiliki sambal khas yang berbeda dari sambal soto pada umumnya. Sambal tauco yang terbuat dari fermentasi kedelai adalah sambal yang biasanya mengiringi hidangan coto makassar.

Nah, meski mungkin proses pembuatan coto maupun tauco nampak rumit, kamu jangan berkecil hati dan menyerah sebelum mencoba, ya. Jika kamu membaca resep coto makassar asli yang ada di artikel ini, pasti kamu berhasil memasaknya dengan baik.

Sejarah Coto Makassar

Sumber: Instagram – dapur_nn

Sebagai salah satu makanan khas nusantara, coto makassar tentunya tak begitu saja muncul secara tiba-tiba. Hidangan khas Sulawesi Selatan ini memiliki kisah yang menarik untuk disimak.

Dikutip dari jpnn.com, makanan yang juga sering disebut coto mangkasara ini sudah ada di Sulawesi Selatan sejak tahun 1500 Masehi. Makanan ini diciptakan oleh seorang koki yang hobi berkreasi dengan berbagai macam makanan.

Saat itu, daging kerbau menjadi sajian khusus untuk keluarga kerajaan. Karena yang dihidangkan hanya bagian daging, maka jeroan kerbau akan dibuang. Sang koki yang melihatnya, merasa sayang jika jeroan harus dibuang, sedangkan rakyat jelata tidak pernah menikmati kelezatan olahan hewan berkaki empat tersebut.

Oleh karenanya, dia bertekad untuk menjadikan jeroan kerbau sebagai masakan yang bercita rasa tinggi dengan aneka rempah yang dimilikinya. Rempah-rempah asli Indonesia maupun yang berasal dari luar negeri itu didapatkan sang koki karena hubungan baiknya dengan para pedagang lokal dan pedagang yang berasal dari negara lain seperti Persia dan Tiongkok.

Akhirnya, berkat kegigihan sang koki, jadilah coto mangkasara yang kita kenal saat ini. Masakan itu akhirnya dibagikan pada rakyat jelata di sekitarnya dan juga pada teman-temannya yang berasal dari negara lain.

Setelah semua orang memuji kelezatan masakan yang dibuatnya, sang koki pun merasa percaya diri untuk menyuguhkan hasil kreasinya pada sang raja. Hasilnya di luar dugaan, coto mangkasara menjadi makanan favorit keluarga kerajaan pada saat itu.

Baca juga: Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan dan Informasi Menarik Lainnya

Keunikan Coto Makassar

Sebelum mulai mempersiapkan bumbu untuk memasak coto mangkasara, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan tips-tips di bawah ini agar masakanmu semakin lezat. Apa sajakah tips-tipsnya? Langsung simak uraian berikut, ya!

1. Alat Memasak

Untuk menghasilkan cita rasa yang khas kamu tidak bisa memasak coto mangkasara dengan panci biasa. Agar mendapatkan rasa lezat, kamu sebaiknya memasak dengan menggunakan kuali yang berasal dari tanah liat. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harus dengan kuali.

Nah, menurut penelitian, kuali bisa mempertahankan nutrisi makanan dan sifatnya yang basa bisa menetralkan pH dalam makanan. Selain itu, masakan yang resepnya telah diwariskan secara turun temurun ini mungkin pada awalnya menggunakan kuali untuk memasak. Jadi selain masakan lebih sehat, rasanya akan lebih orisinil.

2. Hidangan Pendamping

Tak seperti soto lain yang biasa disantap dengan nasi, coto mangkasara seringnya dinikmati dengan ketupat atau lontong. Selain itu, jika soto lain menambahkan santan agar kuahnya kental, masakan ini justru menambahkan serbuk kacang tanah dan air cucian beras untuk menghasilkan kuah yang kental.

Nah, selain itu ada satu lagi ciri khas makanan ini, tahukah kamu apa itu? Ya, benar sekali! Sambal tauco. Tanpa kehadiran sambal tauco yang merupakan sambal asli Tiongkok, hidangan ini mungkin kurang terasa lengkap.

Baca juga: Selain Baik untuk Pencernaan, Inilah Beberapa Manfaat Yogurt bagi Kesehatan dan Kecantikanmu

Resep Coto Makassar Asli yang Simpel dan Praktis

Sumber: Instagram – filipusverdi

Bahan-bahan:

Bahan utama:

  • 500 g daging sapi
  • 250 g usus sapi
  • 250 g hati sapi
  • 2 liter air cucian ke-3 beras putih
  • 5 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak goreng
  • 250 g kacang tanah, goreng dan tumbuk sampai halus
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 5 batang serai, memarkan

Bumbu halus:

  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • 8 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdt merica butiran
  • Garam secukupnya

Pelengkap:

  • Bawang merah goreng
  • Seledri, iris halus
  • Daun bawang, iris halus
  • Jeruk nipis
  • Sambal tauco
  • Kecap

Cara membuat:

  1. Cuci daging, hati, dan usus sapi yang sudah disiapkan
  2. Rebus jeroan sapi dengan air biasa. Setelah empuk, tiriskan dan buang airnya.
  3. Rebus daging sapi menggunakan air cucian beras bersama dengan lengkuas, jahe, daun salam, dan serai yang sudah dimemarkan. Masak sampai daging menjadi empuk.
  4. Setelah itu, tiriskan dagingnya. Jangan buang air rebusannya karena akan digunakan sebagai air kaldu.
  5. Potong dadu daging sapi dan jeroannya.
  6. Siapkan wajan di atas kompor, panaskan minyak goreng. Masukkan bumbu halus dan tumis sampai mengeluarkan aroma harum.
  7. Setelah itu, masukkan tumisan bumbu yang telah matang ke dalam air kaldu. Panaskan kembali air kaldu.
  8. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, kemudian aduk rata dan rebus sampai mendidih.
  9. Tambahkan garam secukupnya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor.

Saran penyajian:

  1. Siapkan mangkuk saji. Masukkan irisan daun bawang, seledri, potongan daging, dan jeroan sesuai selera.
  2. Tuangkan air kaldu ke dalam mangkuk saji, kemudian taburi dengan bawang merah goreng.
  3. Agar rasanya lebih nikmat, tambahkan juga air perasan jeruk nipis dan kecap.
  4. Coto Mangkasara siap dihidangkan bersama buras (ketupat mini) atau lontong dan sambal tauco.

Demikian resep coto makassar asli dengan kuah kentalnya yang menggugah selera. Cukup mudah bukan? Nah, bahan-bahan dan bumbu di atas bisa menghasilkan setidaknya 8 porsi coto mangkasara.

Kalau kamu merasa daging sapi terlalu berat di lidah atau di kantong, ganti saja dengan daging dan jeroan ayam. Meski dari segi rasa berbeda, namun coto ayam pun rasanya tak kalah lezat.

Baca juga: Tidak Sekedar Nikmatnya Saja, Inilah Jenis & Sejarah Coklat yang Wajib Kamu Ketahui

Resep Sambal Tauco sebagai Pelengkap Hidangan Coto Makassar Asli

Sumber: Instagram – eunice_euston

Bahan-bahan:

  • 10 sdm tauco
  • 100 ml santan kental
  • 6 buah cabai merah besar, iris halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 7 butir bawang merah, iris halus
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 lembar daun salam
  • 2 sdt irisan gula jawa
  • 1 sdt garam halus

Cara membuat:

  1. Haluskan cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan gula jawa.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan dan bahan-bahan lainnya.
  3. Masukkan tauco dan santan kemudian aduk hingga mendidih, kental, dan matang.
  4. Tuang sambal ke mangkuk saji.

Meski cara membuat sambal tauco sedikit berbeda dengan sambal-sambal lain pada umumnya, tapi masih tergolong mudah, kan? Dengan menambahkan sambal tauco, dijamin coto mangkasara buatanmu akan terasa semakin lezat.

Namun, untuk porsi, sambal tauco ini tidak dapat diperkirakan. Semua bergantung padamu, mau menambahkan sambal sedikit atau banyak.

Yuk, Praktekkan Resep Coto Makassar Asli di Dapur Kamu!

Jadi, setelah membaca sejarah, tips-tips, dan resep coto makassar asli, apakah kamu tertarik untuk mencoba memasaknya sendiri di rumah? Kalau masakanmu terbukti lezat, itu bisa jadi peluang usaha, lho, mengingat penjual hidangan ini belum terlalu menjamur seperti masakan padang yang telah menjamur baik di kota besar seperti Jakarta maupun kota kecil.

Namun, tak masalah kalau kamu ingin mencoba membuatnya sebagai hidangan istimewa untuk keluargamu. Kalau ingin memasak masakan yang tidak berkuah, kamu juga bisa mencoba resep nasi goreng yang tersedia di KepoGaul. Sesudahnya, sebagai dessert kamu bisa mencoba membuat cheese cake untuk anggota keluargamu.

Berkumpul bersama keluarga, menikmati cheese cake dan secangkir cappuccino, syahdu sekali, kan? Namun, jika kamu tidak bisa membuatnya, kamu bisa membelinya di tempat penjual kopi favoritmu demi menciptakan suasana yang menyenangkan bersama keluarga tercinta.

Gallery Resep Sambal Coto Makassar Asli

Kuliner Makassar Resep Coto Makassar Indozone Id

Resep Soto Lamongan Asli Jawa Timur Dengan Suwiran Ayam Dan Kuah Kuning Super Gurih

5 Resep Sambal Khas Indonesia Yang Belum Populer Tapi Bikin

Bumbu Coto Makassar Yang Enak Dan Mudah

Simak Aja Dulu Usaha Coto Makassar Siapa Tau Nanti Tertarik

Cara Membuat Kapurung Palopo

Resep Coto Makasar Praktis Dan Lezat Resep Caca

Cita Rasa Kuliner Tiongkok Ternyata Warnai Kelezatan Coto

Resep Coto Makassar Daging Sapi Asli Spesial Enak

Resep Coto Makassar Asli Yang Kaya Rempah Kepogaul

Lezat Resep Sambal Rujak Cireng Spesial Simple Video

Lezat Resep Sambal Dadak Asli Khas Sunda Video

Ceritaku Menjelajahi Kuliner Makassar Yang Lezat Dan

Sambal Hitam 62 812 324 3077 Simpati Produsen Sambal Gurih

Cara Membuat Sambal Daging Coto Makassar Youtube

2 Resep Sambal Coto Makassar Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Dan Cara Membuat Coto Makassar Asli Enak Sederhana

Resep Coto Makassar Seenak Aslinya Kumpulan Emak Blogger

Resep Coto Makassar Sedapnya Aroma Khas Sambal Taoco

Resep Coto Makassar Asli Enak Dan Praktis Dapur Zahra

Coto Makassar Daeng Memang Menjaga Orisinalitas

Resep Coto Makassar Asli

Resep Coto Makassar Asli Yang Kaya Rempah Kepogaul

Resep Sop Konro

Resep Coto Makassar Sedapnya Aroma Khas Sambal Taoco

Kuliner Kumput Alpkb


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambal Coto Makassar Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel