Resep Sambal Tumpang Solo



Resep Sambal Tumpang For Android Apk Download

Resep Sambal Tumpang Solo Asli Khasnya

Cara membuat Sambal Tumpang Enak Sambal tumpang merupakan olahan Asli khas Nusantara. Jika Sobat Spesial Resep pernah mengunjungi be... April 17, 2018

Cara membuat Sambal Tumpang Enak

Sambal tumpang merupakan olahan Asli khas Nusantara. Jika Sobat Spesial Resep pernah mengunjungi beberapa kota di Indonesia seperti Kediri, Boyolali, Salatiga, dan Solo utamanya mungkin anda pernah dengar sajian Sambal Tumpang ini. Sambal tumpang sebenarnya adalah modifikasi dari sambal pecel.
Resep Sambal Tumpang Solo Asli Khasnya - SpesialResep.com

Pada intinya terdapat di bumbu yang di pergunakan untuk membuat sambal tumpang sama dengan bumbu untuk bikin sambal pecel. Namun, hal pembeda dari sambal tumpang dan sambal pecel adalah bahan intinya. Sambal tumpang menggunakan tempe yang dihaluskan. Uniknya, tempe yang dipakai bukan hanya tempe biasa, melainkan tempe busuk. Tempe busuk bukan berarti tempe yang sudah basi, tetapi tempe yang terlalu terfermentasi sehingga teksturnya lunak. Sambal tumpang yang pada umumnya di resetoran atau warung makan tersaji dengan aneka lalapan sayur yang sudah di rebus. Namu kita juga bisa berkreasi dengan menambahkan rempeyek teri atau kacang sebagai pelengkap hidangan ini. Sambal tumpang juga bisa dicampur dengan petai agar lebih gurih dan sedap.

Bagi kita yang jauh disana di tanah rantau dan ingin bernostalgia dengan hidangan Nasi Tumpang, tak ada salahnya kita memasak sendiri di rumah. Bila kita yang tinggal di LN di mana Tempe Busuk atau Bosok tidak ada yang jual ( Dilarang soalnya, bisa-bisa tokonya disegel sama dinas kesehatan di sana he he.. ), solusinya silahkan beli tempe segar, biarkan beberapa hari sampai cukup semangit atau sangat terfermentasi, jika terpaksa tidak sabar langsung olah saja kalau gak sabar nunggu ;-). 

Resep Sambal Tumpang Asli Khasnya

Tips bikin Sambal Tumpang

Bumbu wajib sambal tumpang adalah kencur dan daun jeruk purut, usahakan keduanya hadir meski dalam bentuk sediaan bubuk atau kering. Tanpa kedua bahan tsb, sambal tumpang rasanya kurang spesial dan Istimewa.

Bahan Utama

  • 1,5 ons tempe yang sudah busuk
  • 2 cangkir santan kelapa
  • 2 cm lengkuas yang telah digeprek
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 helai daun salam
  • 3 butir bawang putih, tumbuk halus
  • 5 siung bawang merah, tumbuk halus
  • 3 cm kencur yang dihaluskan
  • 3 batang cabe merah besar, buang bijinya, giling
  • 10 btr cabe rawit, cincang halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh gula
  • Lalapan sayur secukupnya

Cara Membuat

  1. Rebus tempe dalam air mendidih sampai lunak, tiriskan dari air yang tersisa ketika sudah lunak, sisihkan sebentar. Lumatkan tempe busuk yang telah matang.
  2. Tumis bumbu-bumbu sambal tumpangnya berupa cabai, bawang, tambahkan daun salam serta daun jeruk purut yang sudah di remas. Masukkan lengkuas dan kencur. Aduk sampai berbau harum.
  3. Tambahkan tempe rebus sambil ditekan-tekan dengan spatula agar lebih halus lagi. Tumis hingga tempe busuk bercampur dengan bumbu sampai merata.
  4. Tuangkan santan ke dalam ramuan tempe busuk. Aduk merata agar santan tercampur dengan tempe busuk dan bumbu. Masak sampai mengental.
  5. Sambal tumpang buatan kita sudah siap disajikan dengan lalapan sayur.

Sekarang kita dan keluarga sudah bisa menikmati Sambal Tumpang hasil buatan sendiri.  Rasanya pun pasti mantap dan juga enak sesuai dengan aslinya. Dengan demikian selesai sudah ulasan Resep Sambal Tumpang Solo Asli Khasnya yang kita buat. Sekarang tunggu apalagi, baca dan langsung praktekkan di dapur kesayangan kita masing-masing. Jangan lupa, kalau suka dengan artikel ini di mohon beri like dan bagikan ke teman-teman share di sosmed agar pengetahuan kuliner ini bisa bermanfaat untuk kita dan teman kita, serta kalo ingin selalu membaca artikel ulasan resep terbaru setiap saat, pembaca bisa mencoba untuk melike dan follow halaman spesial resep di FB secara gratis untuk mendapatkan resep spesial terbaru. Makan Enak, Makan Sehat ya Spesial Resep.

Gallery Resep Sambal Tumpang Solo

Resep Sambal Tumpang For Android Apk Download

Resep Sambal Tumpang Khas Solo

6 Resep Sederhana Untuk Tumpang Craftlog Indonesia

Sambal Terasi Mentah

Rahasia Kelezatan Sambal Tumpang Kuliner Tradisional

Sambal Tumpang By Nurul Irmawati

Resep Sambel Tumpang Asli Mak Nyuss Wisata

Resep Sambal Tumpang Solo Asli Khasnya Spesialresep Com

Resep Membuat Sambal Tumpang Koyor Pedasnya Bikin Sulit

Resep Cara Membuat Sambel Tumpang Solo Resep Masakan

Resep Masak Sambal Tumpang Dapurharian

436 Resep Sambal Tumpang Praktis Enak Dan Sederhana Cookpad

Diah Didi S Kitchen Sambal Tumpang Komplet

Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Solo Non Msg Dapur Syifa

Enak Banget Sarapan Nasi Sambal Tumpang Yang Pedas Mlekoh

Sambel Tumpang Solo Olahan Tempe Busuk Yang Mak Nyuss

Diah Didi S Kitchen Sambal Tumpang Komplet

Diah Didi S Kitchen Sambal Tumpang Komplet

Resep Sambal Lethok Sambal Tumpang A La Paron Just Try

Rasa Warisan Khas Solo

Resep Sambal Tumpang Khas Boyolali Sambal Lethok Tanpa

Resep Sambal Lalapan Lamongan

Resep Sambal Lethok Sambal Tumpang A La Paron Just Try

Resep Sambel Tumpang Solo Dapur Kreasi


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambal Tumpang Solo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel