Resep Mendoan Tempe



Resep Mendoan Tempe Terong Simpel

Bumbu tempe mendoan dan cara membuat tempe mendoan

Apa sih bumbu tempe mendoan dan bagaimana cara membuat tempe mendoan. Usaha bisnis tempe mendoan ternyata menguntungkan. Tempe mendoan biasa di jual pada sore hari untuk makanan iseng sambil menikmati acara televisi kesayangan. Salah satu resep tempe mendoan yang cukup terkenal yakni resep tempe mendoan purwokerto. Yuk kita lihat selengkapnya cara mempersiapkan makanan selingan yang cukup terkenal ini. Cara bikin tempe mendoan sederhana. Tidak banyak bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan tempe mendoan ini. Bumbu mendoan jawa ini hanya bawang putih, bawang merah, ketumbar, kencur, dan lainnya, silahkan pelajari cara lengkapnya di sini. Bunda hanya perlu mempersiapkan tempe sebagai bahan utama dan beberapa bumbu tempe mendoan secara lengkap, nah biar sedikit renyah bisa tambahkan sedikit tepung beras untuk campuran.

Namun saat ini sudah salah kaprah sebab tempe mendoan di buat dari bahan tempe yang sudah jadi. Padahal sebenarnya tempe mendoan asli dibuat dari bahan tempe yang setengah jadi. Tempe mendoan merupakan makanan selingan khas dari daerah tegal atau banyumas. Tempe mendoan dapat diartikan sebagai tempe yang digoreng setengah matang. Namun demikian sebenarnya jarang sekali masyarakat kita yang paham cara membuat tempe mendoan asli. Sehingga kadang kadang tempe mendoan yang kita buat tidak seenak tempe mendoan dari daerah asalnya. Pengin tahu rahasia tempe mendoan, yuk kita lihat bagaimana cara membuat tempe mendoan asli. Membuat bahan tempe mendoan sebenarnya telah dipersiapkan sejak tempe tersebut dibuat. Sejak tempe di bungkus maka memerlukan waktu sekitar 2 hari hingga tempe tersebut siap untuk di masak. Sedangkan tempe mendoan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hari saja. Jadi tempe mendoan sebenarnya adalah tempe yang belum jadi sepenuhnya.

Cara membungkus bahan tempe mendoan juga berbeda dengan tempe pada umumnya. Tempe mendoan biasanya dibungkus dengan daun pisang dengan tampilan tipis, jadi sebenarnya tempe mendoan sudah dipersiapkan sejak awal. Cara membuat tempe mendoan mentah sama persis saat anda membuat tempe hanya bedanya pada bentuknya saja yang tipis. Anda bisa belajar cara bikin tempe di bagian bawah! Mendoan dapat diartikan sebagai setengah, namun banyak yang mengartikan bahwa tempe mendoan hanya di goreng setengah matang, benarkah demikian.

Wow ternyata bukan begitu maksudnya. Dapat anda bayangkan betapa kurang enak tempe goreng setengah matang karena yang anda makan adalah tempe mentah sehingga rasa tempe mentahnya begitu terasa. Lantas bagaimana sebenarnya cara membuat tempe mendoan yang benar dan nikmat rasanya. Hal ini tentunya berbeda dengan tempe mendoan palsu yang dibuat dari tempe yang sudah jadi dan dipotong tipis tipis lalu di goreng setengah matang, sehingga sebenarnya anda makan tempe mentah. Lantas bahan apa saja bahan dan bumbunya untuk membuat tempe mendoan asli. Inilah resep asli cara membuat mendoan crispy.

Bahan utama tempe mendoan : >> Tempe mendoan ( tempe dengan tampilan tipis dibungkus daun pisang dan baru berumur 1 hari ). >> Tepung terigu : 200 gram. >> Daun bawang : 2 hingga 3 batang dan iris tipis tipis. >> Minyak goreng : 1 liter. >> Air bersih : secukupnya.

>> Cabe rawit : secukupnya.

Bumbu dapur tempe mendoan :

  • Bawang putih : 5 siung.
  • Bawang merah : 3 siung.
  • Ketumbar : 1 sendok makan.
  • Kemiri : 4 butir.
  • Kencur : ujung jari kelingking
  • Kunyit : ujung jari telunjuk ( ada baiknya di bakar ).

Bahan sambal tempe mendoan :

  • cabe rawit + kecap manis sesuai selera anda. Atau anda bisa membuat yang lebih lengkap, di bagian bawah.

Cara buat tempe mendoan

  • Haluskan bumbu bumbu ( dengan diuleg ) + garam secukupnya.
  • Masukkan bumbu halus + air + tepung terigu ke dalam wadah yang telah disiapkan.
  • Ada baiknya anda mencicipi adonan sedikit.

Siap menggoreng :

  • Nyalakan kompor dan tuang minyak goreng secukupnya. untuk hasil sempurnya menggunakan minyak goreng dalam jumlah yang banyak.
  • Masukkan tempe mendoan ke dalam adonan dan goreng hingga matang hingga selesai.

Ingat goreng tempe mendoan hingga matang. Penting untuk diketahui bahwa tempe mendoan goreng tidak akan menjadi keras meskipun di goreng hingga matang. Tanda matang akan terlihat dari warnanya. Di beberapa daerah terkenal sebagai resep tempe mendol.

tempe mendoan

Cara membuat sambal tempe mendoan

  1. Cabe rawit hijau : 10 buah atau secukupnya
  2. Cabe rawit merah : 2 biji sudah cukup, kalau ingin lebih pedas bisa tambah lagi.
  3. Tomat buah : 1 buah, ukuran kecil saja.
  4. Kecap manis : 6 sendok makan.
  5. Cara bikin sambal mendoan cukup mudah : iris kecil kecil cabe rawit dan cabe merah dan juga tomat, lantas masukkan kecap serta garam secukupnya, lalu aduk hingga merata.

Tempe goreng mendoan paling nikmat di makan panas panas dengan sambal tempe mendoan atau hanya menggunakan cabe rawit saja bersama teman atau keluarga anda. Usaha bisnis tempe mendoan goreng dapat menjadi alternatif untuk menambah penghasilan anda. Mungkin anda ingin memasak soto lamongan asli.

Baca juga bagaimana sebenarnya Cara membuat tempe

Gallery Resep Mendoan Tempe

20 Resep Tempe Mendoan Yang Enak Renyah Krispi Rekomended

Resep Mendoan Crispy Asli Purwokerto Satu Resep

5 Resep Dan Cara Membuat Tempe Mendoan Enak Dan Gurih

Resep Tempe Mendoan Asli Resep Masakan 4

Cara Membuat Tempe Mendoan Renyah Dan Tahan Lama

Pin By Goindonesia On Gofood Tempe Mendoan Food

Resep Aneka Jajan Pasar Resep Tempe Mendoan Tempe Mendoan

Resep Tempe Mendoan Praktis Sederhana Bahan Bahan Cara

Cara Membuat Tempe Mendoan

6 Resep Tempe Mendoan Bumbu Paling Enak Aneka Resep

Resep Tempe Mendoan Sambal Kecap

Tempeh Mendoan Deep Fried Tempeh With Spiced Batter Recipe

Bikin Tempe Mendoan Rasa Maknyos Yuk Ini Resepnya

Resep Tempe Mendoan Renyah Sambel Nya Oleh Yny Cookpad

Resep Mendoan Tempe Renyah

Malas Makan Nasi Bikin Tempe Mendoan Panas Pakai Cabai

5 Resep Dan Cara Membuat Tempe Mendoan Enak Dan Gurih

Resep Dan Cara Memasak Tempe Mendoan Makanan Khas Purwokerto Banyumas

Resep Mendoan Tempe Oleh Enonew Cookpad

Tempe Mendoan Atau Tempe Goreng Tepung Just Try Taste

Resep Tempe Mendoan Dan Sambal Purwokerto Serta Cara Membuat

Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas


Belum ada Komentar untuk "Resep Mendoan Tempe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel