Resep Sayur Krecek



Resep Sambal Goreng Krecek Dengan Kacang Merah Dan Tahu

Resep Sambal Goreng Krecek dengan Kacang Merah dan Tahu

Luar biasa juga ternyata tanggapan yang diberikan atas sayembara 'giveaway' buku ketiga JTT yang pemenangnya saya umumkan kemarin. Lebih dari 200 email berisi cerita yang masuk dan rata-rata menulis lebih dari tiga paragraf serta lebih dari 250 kata bahkan mungkin lebih dari 1000 kata. Saya cukup 'ngos-ngosan' membacanya satu persatu. Terus terang ketika saya membuat pengumuman tersebut dan memberikan persyaratan minimal tiga paragraf dan 250 kata, yang terpikirkan dalam benak saya adalah tidak semua orang suka menulis, dan tidak semua orang akan bersuka-cita bercerita panjang kali lebar. Namun ternyata perkiraan tersebut salah besar, terbukti dengan panjangnya rata-rata cerita yang dikirimkan. Untungnya semua cerita tersebut menarik, mengalir, sehingga pekerjaan menyeleksi karangan a la Ibu Guru ini bisa saya lalui dengan happy. Semoga ini juga yang anda rasakan ketika harus membaca setiap artikel JTT yang sepanjang sungai Ciliwung. ^_^

Jeleknya, saya ini termasuk yang suka mengerjakan pekerjaan di last minute. Ketika waktu masih panjang maka saya sering berleha-leha dan menyepelekannya, namun ketika hari H telah didepan mata maka dengan tergopoh-gopoh dan sedikit jumpalitan berusaha mengerahkan segala upaya untuk membuatnya done. Ujung-ujungnya selama dua hari saya pun duduk diam tak berkutik,  setia pada kursi untuk menyeleksinya satu persatu. Sifat jelek ini tentunya tak patut untuk ditiru karena terbukti bahkan si sakti Bandung Bondowoso pun tak bisa kelar membuat seribu candi dalam satu malam. ^_^ 

Cerita-cerita tersebut tentu saja nantinya akan saya hadirkan di JTT, bahkan sudah ada pembaca yang menanyakan kapan cerita para pemenang akan ditampilkan. Memerlukan waktu, karena memindahkan format notepad atau word ke blog cukup membuatnya berantakan. Saya sedikit perfeksionis kalau berhubungan dengan tampilan tulisan dan kerapian jadi mohon kesabarannya ya. Semua cerita akan saya hadirkan pada waktunya secara bertahap karena variasi tetap diperlukan, dan saya tidak akan melakukan edit apapun atas masing-masing tulisan karena cerita tersebut akan terasa manis seperti aslinya. Selain itu tangan ini sudah gatal rasanya untuk menghadirkan satu resep di JTT, blog ini sepertinya sudah lama tidak saya update. 

Dulu ketika masih kuliah di Jogya maka makanan bernama sambal goreng krecek ini jarang absen dari kehidupan. Bagaimana tidak? Setiap membeli sarapan nasi gudeg maka salah satu masakan yang saya request ke Ibu penjual nasi adalah krecek yang mengambang di permukaan kuah sambal goreng. Teksturnya yang lembut, kenyal namun empuk dengan rasa gurih ini merupakan salah satu pelengkap nasi gudeg favorit selain gudegnya sendiri dan telur pindang yang berwarna coklat gelap. Setiap kali si Ibu menyendokkan isi sambal goreng, saya pasti akan langsung berkata, "Kreceknya dong Bu," dan beliau hanya memberikan seiris kecil krecek. Harga krecek yang mahal dan mengempis ketika dimasak merupakan  faktor utama mengapa penjual gudeg cukup pelit jika berurusan dengan menambahkan krecek di nasi, bahkan seringkali mereka tidak memberikannya ketika kita terlupa memintanya. ^_^

Walau suka dengan si kulit sapi goreng ini namun seumur-umur saya belum pernah memasaknya, padahal krecek sangat banyak dijual di pasar. Alasan utama adalah saya tidak tahu bagaimana cara mengolahnya, alasan ini terkesan absurd dengan banyaknya resep sambal goreng krecek di internet, dan alasan lainnya adalah rasa ragu apakah krecek yang nantinya saya beli ini akan seenak rasa krecek yang dijual oleh penjual gudeg di Jogya. Namun minggu lalu saya begitu ingin menyantapnya dan satu-satunya cara untuk bisa mencicipinya adalah dengan membuatnya sendiri karena dimana saya bisa membeli masakan ini di lingkungan sekitar rumah? Krecek goreng sendiri bukanlah bahan makanan yang susah ditemukan, pedagang di pasar Blok A banyak yang menjualnya dan kualitasnya pun terlihat bagus. Harganya lumayan mahal sehingga saya pun hanya membeli seperempat kilogram yang setelah saya timbang di rumah dengan timbangan digital ternyata hanya seberat 150 gram saja. Hal-hal seperti inilah yang terkadang membuat saya malas berbelanja di pasar tradional, timbangannya kurang akurat.
Nah jika anda sama seperti saya, belum berpengalaman memasak krecek, atau ragu hendak mencobanya maka mungkin postingan kali ini bisa merubah pandangan tersebut karena ternyata prosesnya sangat mudah. Krecek yang tergoreng dan mengembang ini perlu direndam terlebih dahulu dengan air hingga menjadi lunak. Tujuannya selain membuatnya mudah diaplikasikan ke masakan - krecek tidak terbang kemana-mana ketika diaduk bersama bahan-bahan sambal goreng lainnya - juga dalam kondisi lemas dan  jenuh air membuat krecek tidak menyerap kuah yang anda masukkan ke masakan.  Umumnya krecek memang dimasak menjadi sambal goreng, namun menurut saya diolah menjadi oseng-oseng mercon, ditumis bersama pete dan daun melinjo atau dimasak lemak akan sama sedap hasilnya. Untuk resep oseng-oseng mercon anda bisa klik pada link resep disini, dan disini serta disini untuk resep tumis dan masak lemak. Bahan campuran sambal goreng krecek biasanya adalah kacang tolo, kacang ini favorit Ibu saya namun saya kurang suka dengan aromanya yang aneh. Terkadang tahu, tempe dan potongan tetelan daging sapi juga digunakan untuk membuat kuahnya menjadi lebih gurih. Untuk sambal goreng kali ini saya menggunakan kacang merah segar dan tahu yang telah digoreng hingga matang. Membuat masakan ini super mudah dan rasanya mantap bersama nasi hangat. 

Berikut resep dan prosesnya ya.  

Resep Sambal Goreng Krecek dengan Kacang Merah dan Tahu

Bahan:

- 100 gram krecek (kulit sapi goreng) kondisi kering

- 200 gram kacang merah yang telah direbus hingga lunak

- 4 potong tahu putih, ukuran 3 x 3 cm, masing-masing potong menjadi 5 bagian, goreng hingga matang

Bumbu dihaluskan:

- 3 buah cabai rawit merah (tambahkan jika kurang pedas)

- 10 buah cabai merah keriting

- 5 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 3 butir kemiri sangrai

Bahan lainnya:

- 2 sendok makan minyak untuk menumis

- 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja dan memarkan

- 2 cm jahe, memarkan

- 3 cm lengkuas, belah memanjang dan memarkan

- 3 lembar daun salam

- 4 lembar daun jeruk purut 

- 3 buah cabai merah besar, iris serong tipis

- 20 buah cabai rawit merah, biarkan utuh (optional)

- 600 ml air, tambahkan jika krecek menyerap kuah terlalu banyak

- 65 ml santan kental instan

- 1 1/2 sendok makan gula merah disisir

- 2 - 3 sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan krecek, masukkan ke dalam mangkuk, beri air yang banyak dan biarkan krecek terendam air hingga menjadi lunak dan empuk. Jika krecek mengapung dan sulit terendam letakkan sebuah piring di permukaan krecek dan beri pemberat agar krecek tenggelam. Jika krecek telah empuk, tiriskan, dan sisihkan.
Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, tandanya bumbu menjadi berubah warnanya lebih gelap. Masukkan serai, jahe, lengkuas, daun salam dan daun jeruk, aduk rata. Tambahkan cabai merah iris dan cabai rawit utuh. Aduk rata dan tumis hingga bumbu rempah dan cabai layu. Tuangkan air, masak hingga mendidih. 
Masukkan kacang merah, tahu dan krecek, aduk rata. Tambahkan garam, dan gula dan masak hingga mendidih. Tuangkan santan, kecilkan api dan masak dengan api kecil hingga kuah mendidih dan sedikit menyusut. Cicipi rasanya, sesuaikan garam dan gula. Angkat dan sajikan panas-panas. Yummy!

Note: Terkadang masakan ini hadir 'nyemek-nyemek' namun terkadang juga berkuah jadi sesuaikan dengan selera anda. Kuah kenungkinan akan menyusut drastis terserap oleh krecek karena itu jangan ragu untuk menambahkan air panas ke masakan sesuai selera ya. 

Gallery Resep Sayur Krecek

Resep Sayur Daun Singkong Krecek

Resep Masakan Tradisional Sayur Sambal Goreng Krecek Tahu Kacang Tolo Bunda Airin

4 Resep Sambal Goreng Krecek Enak Bumbu Spesial Mengundang

Resep Sambal Goreng Krecek Kumparan Com

Sambal Goreng Krecek

Resep Sayur Krecek Kacang Tolo Oleh Dewi Dapur Cookpad

Diah Didi S Kitchen Sambal Goreng Krecek Udang

Resep Sambal Krecek Untuk Menu Buka Puasa Tirto Id

Resep Sayur Krecek Sunda Oleh Dessy Cookpad

Resep Sayur Krecek Kacang Tunggak

Sambal Krecek Tahu Kulit Pendamping Gudeg

Resep Sayur Krecek Oleh Mindy Aulia Cookpad

Sambal Goreng Krecek Nusantaratv Com

Resep Sayur Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Krupuk Kulit

Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Jogja Resep Masakan

Resep Gudeg Sambal Krecek

Resep Sambal Goreng Krecek Indir Pc Windows Android

Resep Sayur Krecek Tahu Pedas

Best Food Recipes Easy Recipes And Healthy Food Sambal

Resep Masakan Sambal Goreng Krecek Pedas Widhiaanugrah Com

Resep Sambal Goreng Krecek For Android Apk Download

Resep Sambal Goreng Krecek

Resep Tempe Krecek Sambal Goreng


Belum ada Komentar untuk "Resep Sayur Krecek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel