Resep Cheese Cake Sederhana



Resep Membuat Cheesecake Jeruk Sederhana Tanpa Oven Viva

Cara Membuat Cheese Cake Lembut dan Nikmat

Siapa, sih, yang nggak kenal dengan kue berbahan dasar keju dan bertekstur lembut ini? Apabila kamu termasuk salah satu orang yang menggemari kue ini, mungkin saja kamu penasaran dengan cara membuat cheese cake. Banyak yang beranggapan cara membuat cheese cake itu susah, padahal asalkan kamu terus belajar membuatnya tidaklah sesusah itu.

Kamu pecinta kue dan ingin tahu cara membuat cheese cake yang lembut dan nikmat? Tenang saja, sekarang kamu berada di tempat yang tepat. Pasalnya, dalam artikel ini terdapat kumpulan resep cheese cake yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam pembuatannya.

Di sini kamu bisa menemukan variasi cheese cake dari berbagai negara, mulai dari cara membuat cheese cake ala Jepang hingga Jerman. Jadi, kamu tak perlu bingung-bingung lagi mencari resep kue yang ingin kamu buat.

Kalau kamu nggak punya oven, jangan khawatir. Kamu tetap bisa membuat olahan kue yang lezat ini dengan cara mengukusnya. Variasi penyajian cheese cake pun ada banyak, mulai dari menggunakan loyang bundar, persegi panjang, hingga menggunakan cup.

Membuatmu semakin penasaran untuk mencoba resep-resep cheese cake? Jangan ragu lagi, simak langsung caranya di bawah ini, yuk! Pelajari resep-resepnya dan jangan lupa untuk mempraktikannya di rumah, ya!

Sekilas Mengenai Cheese Cake

Sebelum mempelajari cara membuat cheese cake, ada baiknya jika kamu mengulik dulu tentang definisi dan sejarahnya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu Cheese Cake?

Cheese cake atau sering juga ditulis dengan cheesecake adalah kue terbuat dari keju yang bertekstur lembut. Paling nikmat bila dimakan dengan secangkir kopi hangat di pagi hari.

Bahan utama dari kue ini adalah keju, telur, dan gula. Pada umumnya, keju yang digunakan adalah krim keju. Namun, di beberapa negara ada juga yang menggunakan keju ricotta, cottage, atau neufchâtel.

Di Indonesia, biasanya menggunakan krim keju sebagai bahan utama pembuatan cheesecake. Tetapi, ada juga yang mengganti krim keju dengan keju balok karena harganya relatif lebih murah.

Cara pembuatan cheese cake ini ada yang melalui proses pemanggangan ataupun tidak dipanggang. Apabila tidak dipanggang, biasanya adonan langsung dimasukan ke dalam kulkas. Hanya saja, kamu harus menggunakan gelatin atau bubuk agar-agar sebagai pengganti telur supaya adonannya bisa tetap terikat.

Baca juga: Tidak Sekedar Nikmatnya Saja, Inilah Jenis & Sejarah Coklat yang Wajib Kamu Ketahui

Sejarah

Cheese cake sudah ada sejak sebelum masehi, tepatnya pada 776 SM. Cheesecake dulunya pernah disajikan untuk para atlet yang mengikuti Olimpiade pertama di Yunani.

Pada waktu itu, cheesecake dibuat dari keju susu kambing atau domba yang dicampur dengan tepung, telur, dan madu. Beberapa jenisnya yang populer adalah apician, aristoxenan, dan philoxenan. Ada juga kue keju yang ditambahkan buah ara kering dan kenari, yaitu euchylous.

Selain itu, ada pula sejarah cheesecake dari bangsa Romawi. Hal tersebut berawal dari kedatangan bangsa Romawi ke Yunani untuk menjajahnya. Dari situlah resep dan cara membuat cheesecake mulai dikenal oleh bangsa tersebut.

Berbeda dengan Yunani, bangsa Romawi menamai cheesecake dengan sebutan placenta atau libum. Kue ini sering dibawa ke kuil untuk dipersembahkan kepada dewa-dewa mereka.

Libum terbuat dari keju asin yang dihancurkan, tepung, dan telur. Teksturnya hampir sama dengan cheesecake modern, yaitu bertekstur lembut dan memiliki permukaan berwarna cokelat keemasan.

Selain dari Yunani dan Romawi, ada pula sejarah cheesecake dari Inggris. Hal tersebut tak lepas dari peranan bangsa Romawi yang menjajah Inggris pada abad 1000 M.

Di Inggris, resep cheesecake tertua ditemukan dalam sebuah koleksi resep masakan berjudul The Forme of Cury pada abad ke-14. Kue ini juga pernah disajikan sebagai hidangan penutup pada upacara penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.

Beralih ke Amerika Serikat, cheesecake diperkenalkan di negara ini melalui para imigran Yahudi dari Eropa pada abad ke-19. Bagi orang Yahudi, cheesecake merupakan hidangan utama yang dimakan saat hari raya Shavuot, yaitu peringatan diberikannya kitab Taurat oleh Allah kepada Nabi Musa.

Imigran Yahudi menjual cheesecake di restoran-restoran Amerika Serikat, sehingga kue ini menjadi dikenal oleh masyarakat. Keberadaan cheesecake di Amerika Serikat tertulis pada resep-resep keluarga William Penn, Harriot Pinckney Horry, dan Marta Washington.

Baca juga: Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan dan Informasi Menarik Lainnya

Tips Membuat Cheese Cake

Permasalahan yang sering dialami oleh pemula saat membuat cheese cake adalah permukaannya yang retak. Nah, ada tips khusus yang bisa kamu gunakan untuk menghindari hal tersebut terjadi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktikkan:

1. Aduk Secara Perlahan

Pengocokan adonan cheesecake yang berlebihan bisa membuatnya mengembang secara berlebihan pula saat di oven. Sehingga, permukaan kuenya akan retak pada bagian tengahnya.

Untuk mencegahnya terjadi pada kue buatanmu, hindarilah pengadukan adonan menggunakan mikser. Pasalnya, pengaduk elektronik tersebut akan menyatukan udara dengan adonan sehingga sehingga kue akan mengembang di dalam oven.

Idealnya, pengocokan adonan cheesecake bisa menggunakan food processor karena dapat mencampurkan bahan-bahan dengan baik tanpa memasukkan udara terlalu banyak. Apabila kamu tidak memilikinya, gunakan saja whisk untuk mencampur adonanmu.

2. Pastikan Oven Tidak Terlalu Panas

Suhu oven yang ideal dalam membuat cheesecake adalah kurang lebih 163 °C. Pasalnya, oven yang terlalu panas bisa menyebabkan keretakan pada permukaan kue. Hal tersebut dikarenakan protein putih telur yang terkandung akan bergabung dengan protein lain dan membentuk jaringan baru. Ketika dipanaskan, jaringan baru yang terbentuk itu akan terikat sangat erat, lalu menyebabkan permukaan roti menjadi retak.

3. Pilih Loyang yang Tepat

Hal yang simple tapi sangat penting adalah pemilihan loyang. Pastikan menggunakan loyang yang bagian bawah dan sisinya dapat dilepaskan.

Jenis loyang tersebut memiliki alat pengunci yang dapat dibuka sehingga bagian sisi loyang bisa terlepas. Hal tersebut guna menjaga bentuk kue tetap utuh dan tidak hancur ketika dikeluarkan dari loyang. Kamu bisa mendapatkan loyang ini di toko-toko roti dengan harga yang relatif murah.

4. Gunakan Teknik Bain Marie

Secara harfiah, bain marie adalah teknik memasak memakai wadah berisi air panas. Jadi, loyang berisi adonan kue akan diletakkan di atas loyang yang lebih besar berisi air panas. Setelah itu, barulah adonan kue dipanggang dalam oven.

Air panas berguna untuk menambah kelembapan dan menjaga kestabilan suhu. Sehingga seberapa besar pun suhu pada oven, panas yang diresap oleh kue tidak akan melebihi 100 °C. Oleh sebab itu, bagian luar dari kue tidak akan menjadi matang lebih dulu dari bagian tengahnya.

Memanggang chessecake tanpa teknik bain marie akan menghasilkan permukaan kue berwarna kecokelatan. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu menggunakan teknik ini supaya hasilnya lebih memuaskan.

5. Diamkan Pada Suhu Ruangan Terlebih Dahulu

Ketika chessecake sudah matang, jangan langsung mendinginkannya dengan cara memasukkan ke dalam lemari es. Keluarkanlah dulu dari loyangnya dan biarkan dingin pada suhu ruangan.

Apabila tidak dikeluarkan dari loyangnya, cheesecake akan menyusut dari bagian tengah. Sementara itu, jika dalam keadaan panas cheesecake langsung dimasukkan ke dalam lemari es, akan menyebabkan permukaannya retak.

Baca juga: Selain Baik untuk Pencernaan, Inilah Beberapa Manfaat Yogurt bagi Kesehatan dan Kecantikanmu

Varian Cheese Cake

Setiap negara mempunyai ciri khasnya masing-masing dalam pembuatan cheesecake. Hal tersebut tergantung pada pemilihan keju yang akan digunakan, penggunaan bahan lainnya, dan teknik.

Di Amerika serikat, cheese cake yang paling populer adalah varian dari negara New York. Varian ini dibuat dengan menggunakan krim keju, krim asam, telur, dan gula. Sehingga menghasilkan cheese cake bertekstur lembut.

Berbeda dengan New York, di Prancis bahan utama pembuatan cheese cake adalah keju neufchâtel. Sebuah keju berbentuk silinder atau hati yang memiliki tekstur lembut. Selain itu, cheese cake ala Prancis juga biasanya menggunakan gelatin sebagai bahan tambahan. Tinggi dari kue ini umumnya adalah 2.5-4 cm yang berhiaskan buah-buahan segar seperti stroberi, leci, atau blueberry.

Selain itu, ada pula varian cheese cake dari Portugal yang biasa disebut dengan queijadas. Chesecake ini berukuran kecil dan terbuat dari campuran keju, kelapa, almond, dan kayu manis. Perpaduan yang unik, bukan?

Baca juga: Aneka Resep Nasi Goreng Sederhana dari Berbagai Belahan Dunia yang Patut Dicoba

Cara Membuat Cheese Cake dari Berbagai Negara

Nah, sudah nggak sabar ingin membuat cheese cake yang populer di hampir seluruh negara ini? Yuk, simak langsung resep cheesecake ala Jepang hingga Jerman di bawah ini!

1. Cara Membuat Cheese Cake ala Jepang

Bahan adonan 1:

  • 200 gr cream cheese
  • 120 ml susu cair
  • 40 gr butter
  • 5 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • 50 gr tepung terigu protein tinggi
  • 20 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt krim tartar
  • 120 gr gula

Cara membuat:

  1. Campur cream cheese, susu cair, dan butter, masak dengan cara ditim. Aduk hingga larut.
  2. Saat adonan masih hangat, masukkan kuning telur. Aduk hingga rata menggunakan whisk.
  3. Masukkan tepung terigu dan maizena. Aduk menggunakan whisk, singkirkan.
  4. Campur putih telur, krim tartar, dan gula menggunakan mikser.
  5. Aduk rata dan campurkan dengan adonan sebelumnya menggunakan whisk.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti.
  7. Panggang dalam oven 170°C selama 70 menit. Pastikan loyang telah di alasi nampan yang berisi air dengan tinggi kurang lebih 1 cm.
  8. Keluarkan roti dari oven, diamkan sampai dingin.
  9. Roti siap disajikan.

Baca juga: Menilik Sejarah dan Jenis Kopi di Dunia Maupun Indonesia untuk Menambah Wawasanmu

2. Cara Membuat Cheese Cake ala New York

Bahan alas:

  • 200 gr biskuit gandum, hancurkan
  • 120 gr mentega tawar, lelehkan

Bahan adonan:

  • 500 gr cream cheese, diamkan dalam suhu ruang
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdm jeruk lemon
  • 150 gr gula pasir halus
  • 2 butir telur
  • 15 gr tepung terigu protein rendah, ayak
  • 100 gr krim asam

Bahan topping:

  • 150 gr krim asam
  • 4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt air lemon

Cara membuat:

  1. Campurkan seluruh bahan alas. Pipihkan dalam loyang berdiameter 20 cm yang telah dialasi kertas. Dinginkan dalam lemari es selama 30 menit.
  2. Kocok cream cheese, garam, air lemon, dan gula sampai rata.
  3. Masukkan telur, kocok hingga rata.
  4. Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak, sambil diaduk rata.
  5. Tuang adonan ke atas bahan alas.
  6. Masukkan dalam oven bersuhu 170 °C selama 20 menit.
  7. Turunkan suhu ovennya menjadi 150 °C selama 65 menit.
  8. Sambil menunggu matang, campur seluruh bahan topping. Aduk hingga rata.
  9. Keluarkan roti dari oven, oleskan topping di atasnya. Oven lagi selama 20 menit.
  10. Setelah matang, dinginkan dalam lemari es minimal 3 jam.

3. Cara Membuat Cheese Cake ala Italia

Sumber: Instagram – sprucycafe

Bahan Alas:

  • 50 gr mentega tawar
  • 25 gr gula halus
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 10 gr Tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt baking powder

Bahan Cheese Cake:

  • 50 gr keju ricotta
  • 100 gr gula halus
  • 2 sdt air lemon
  • 3 butir telur
  • 50 gr kismis, potong jadi dua bagian

Cara membuat alas kue:

  1. Kocok mentega, gula halus, garam, dan telur hingga lembut selama kurang lebih 35 detik.
  2. Tambahkan baking powder dan terigu sambil diayak, aduk rata.
  3. Masukkan ke lemari pendingin selama 15 menit.
  4. Siapkan loyang bulat berdiameter 20 cm, lalu tuang adonan alas kue. Pipih dan padatkan menggunakan garpu atau spatula.
  5. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 170 °C selama 15 menit, lalu dinginkan dalam suhu ruangan.

Cara membuat cheese cake:

  1. Kocok keju ricotta sampai lembut selama kurang lebih 30 detik.
  2. Tambahkan gula halus dan air lemon, aduk sampai rata.
  3. Sambil dikocok rata, masukkan telur satu per satu. Aduk hingga rata.
  4. Tambahkan kismis, lalu aduk hingga rata.
  5. Tuang di atas alas kue yang telah disiapkan.
  6. Masukkan ke dalam oven bersuhu 160 °C  selama 65 menit.
  7. Diamkan dalam suhu ruang.
  8. Masukkan ke lemari es selama kurang lebih 3 jam.
  9. Sajikan dengan taburan gula halus.

4. Cara Membuat Cheese Cake ala Jerman

Bahan alas:

  • 110 gr mentega tawar, dinginkan
  • 75 gr gula halus
  • 250 gr tepung terigu
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • 20 gr kuning telur

Bahan cheese cake:

  • 500 gr cottage cheese
  • 100 gr gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt kulit lemon, parut
  • 1/2 sdt pasta vanilla
  • 50 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 150 gr krim asam
  • 75 gr kismis, potong menjadi dua bagian

Cara membuat alas kue:

  1. Campur seluruh bahan alas kue sampai lembut dan mengental.
  2. Siapkan loyang berdiameter 20 cm, olesi dengan margarin secara merata.
  3. Pipihkan adonan ke loyang. Tusuk-tusuk dengan garpu.
  4. Diamkan selama 30 menit.

Cara membuat cheese cake:

  1. Saring keju cottage, sisihkan.
  2. Campur keju yang telah disaring dengan gula halus, kulit lemon, telur, dan pasta vanilla. Aduk hingga benar-benar lembut.
  3. Masukkan baking powder dan tepung maizena sambil diaduk rata dan diayak.
  4. Masukkan krim asam dan kismis, aduk secara perlahan.
  5. Tuang adonan ke atas alas kue.
  6. Masukkan dalam oven bersuhu 170 °C selama 60 menit.
  7. Diamkan selama 15 menit di suhu ruangan.
  8. Masukkan ke lemari es untuk mendinginkan cheese cake selama 3 jam.
  9. Sajikan selagi dingin.

Cara Membuat Cheese Cake dengan Berbagai Varian Rasa

Bosan dengan varian cheesecake yang itu-itu aja? Yuk, simak resep cheese cake dengan berbagai rasa yang mudah untuk kamu praktikan di bawah ini!

1. Cara Membuat Cheese Cake Lumer

Sumber: Instagram – attaimi_cake

Bahan:

  • 1liter susu UHT
  • 350 gr krim keju
  • 50 gr tepung maizena
  • 125 gr gula putih
  • 200 ml air mineral
  • 65 ml santan kelapa
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur susu UHT dan air ke dalam panci. Tambahkan tepung maizena, gula putih, dan keju.
  2. Letakkan di atas api sedang sambil diaduk-aduk sampai mengental.
  3. Diamkan adonan hingga dingin, lalu tuangkan kedalam loyang yang telah disiapkan.
  4. Taburkan keju parut sebagai toping.
  5. Masukkan ke dalam freezer selama 2-3 jam, hidangkan.

2. Cara Membuat Cheese Cake Cup

Bahan alas:

  • 10 keping biskuit gandum, hancurkan
  • 2 sdm susu kental manis
  • 3 sdm mentega cair

Bahan adonan kue:

  • 140 gr krim keju
  • 2 sdm gula halus
  • 2 sdm maizena
  • 250 ml susu

Topping:

  • Selai rasa sesuai selera, bisa stroberi, blueberry, mangga, dll.

Cara membuat:

  1. Campur biskuit gandum, susu kental manis, dan mentega. Aduk rata.
  2. Masukkkan ke dasar cup, ratakan. Lalu, masukkan dalam freezer selama 2 jam.
  3. Untuk adonan kue, campurkan seluruh bahan ke dalam panci.
  4. Masak di atas api kecil, aduk rata hingga semua bahan tercampur dan mengental.
  5. Tuang ke dalam cup yang sudah diberi alas biskuit sebelumnya. Masukkan lagi ke dalam freezer selama kurang lebih 3 jam.
  6. Beri topping sesuai selera. Sajikan selagi dingin.

3. Cara Membuat Cheese Cake Kukus

Bahan:

  • 75 gr krim keju
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sachet susu kental manis
  • 100 gr tepung terigu
  • 100 gr gula halus
  • 3 butir telur ayam
  • 100 gr margarin, larutkan
  • 1 sdt emulsifier

Cara membuat:

  1. Campur gula, telur, dan emulsifier menggunakan mikser sampai kental dan berwarna putih.
  2. Tambahkan terigu, susu bubuk, dan susu kental manis. Aduk dengan whisk hingga rata.
  3. Masukkan margarin dan keju, aduk rata.
  4. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin, tuang adonan.
  5. Panaskan kukusan, hingga air mendidih.
  6. Masukkan loyang dalam panci kukusan. Kukus selama kurang lebih 60 menit.
  7. Sajikan selagi hangat.

4. Cara Membuat Cheese Cake Tanpa Krim Keju

Bahan 1:

  • 1 blok keju, parut
  • 125 ml susu UHT
  • 50 gr margarin
  • 40 gr maizena
  • 5 butir telur, pisahkan antara kuning dan putih
  • 100 gr gula pasir

Cara membuat:

  1. Tambahkan keju yang telah diparut dengan margarin.
  2. Tuang susu UHT, kemudian ditim untuk melelehkan keju. Aduk hingga keju benar-benar halus.
  3. Tambahkan kuning telur ke adonan, aduk rata.
  4. Masukkan terigu dan maizena sambil diayak, aduk rata. Sisihkan.
  5. Aduk putih telur hingga mulai berbusa. Tambahkan gula secara bertahap hingga habis, sambil diaduk dengan mikser.
  6. Aduk terus hingga adonan terlihat kental, lembut, mengkilap, dan tidak tumpah ketika dibalik. Sisihkan.
  7. Ambil adonan tepung terigu, tambahkan 1/3 adonan putih telur, aduk rata menggunakan whisk. Ulangi proses hingga keseluruhan adonan tercampur rata.
  8. Tuang adonan ke loyang berukuran 19x19x7 dan sudah diberi kertas kue sebelumnya.
  9. Hentakkan loyang untuk mengeluarkan gelembung pada adonan.
  10. Panggang dengan teknik bain marie dengan suhu 160 °C selama kurang lebih 60-70 menit.
  11. Setelah matang, dinginkan dalam suhu ruangan, lalu keluarkan dari loyang.
  12. Masukkan dalam lemari es. Sajikan selagi dingin.

Sudah Memahami Cara Membuat Cheese Cake?

Sudah membaca dan memahami resep-resep cheesecake di atas, ya? Ada delapan pilihan resep yang bisa kamu jadikan referensi. Pun cara membuatnya juga sangatlah mudah untuk dipelajari, jadi kamu yang masih pemula jangan khawatir untuk mencobanya.

Di era modern ini, memang sudah ada banyak toko roti yang menjual cheesecake. Bahkan, sudah ada banyak kedai kopi yang menjadikan cheese cake sebagai menu utama. Harga cheese cake pun bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal sekalipun bisa kamu temukan dengan mudah.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin belajar membuat cheesecake sendiri. Tetap semangat belajar, ya!

Gallery Resep Cheese Cake Sederhana

Resep Cheese Cake Lumer Sederhana Oleh ريزقي ئثنايني Cookpad

Resep Sederhana Oreo Cheese Cake Cukup Dengan 6 Bahan Saja

Cara Membuat Cheese Cake Lembut Dan Enak Sederhana

Blueberry Cheesecake

Resep Cheese Cake Kukus Tanpa Oven

Resep Jiggly Fluffy Cheesecake Baking Sederhana Di Magicom

Cara Membuat Cheese Cake Lembut Dan Nikmat Kepogaul

Resep Cheese Cake Lembut Sederhana Sajian Bunda

Bolu Keju

Dmgmasakunbakedcheesecake Hash Tags Deskgram

Model Terbaru Resep Cheese Cake Kukus Yang Praktis Dan

Resep Cara Mudah Memanggang Cheese Cake Viva

Tiramisu Cheese Cake Kumpulan Aneka Panduan Cara Membuat

Dian Restu Agustina

Cara Membuat Cheese Cake Lumer Yang Enak Dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Buttercream Lembut Sederhana Cream Butter

Resep Cheesecake Lumer Mudah Sederhana Dan Enak Cara Sunda

Resep Vanilla Cheese Cake Lembut Mudah Sederhana

Resep Cheesecake Keto Enak Dan Sederhana Menu Diet Ketogenik

Resep Masakan Oreo Cheese Cake Lembut Tanpa Oven Kumparan Com

Cara Membuat Cheese Cake Lembut Dan Enak Sederhana

Cara Membuat Kue Keju Sederhana Yang Mudah Dan Nikmat

Resep Simple Oreo Cheese Cake Cukup Dengan 6 Bahan Saja

Cara Membuat Cheese Cake Lembut Dan Nikmat Kepogaul

Resep Cream Cheese Cake Oreo Sederhana

Resep Cheese Cake Lembut Sederhana Dan Cara Membuatnya

Resep Cheese Cake Sederhana Oleh Petty Wulan S Cookpad

Resep Japanese Cotton Cheese Cake Yang Empuk Ngeju Dan


Belum ada Komentar untuk "Resep Cheese Cake Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel