Resep Makanan Bayi 6 Bln



Resep Makanan Bayi Tim Saring Ayam Telur Brokoli Umur 6 Bulan

Daftar Menu Makanan Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri

Daftar Menu Makanan Bayi 6 Bulan – Setelah bayi menginjak 6 bulan, inilah peran sebagai ibu diperlukan. Pasalnya, memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai diberi makanan pendamping yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Berikut beberapa daftar menu makanan bayi 6 bulan buatan sendiri yang bisa Anda buat dirumah.

Tentunya, usia 6 bulan menjadi masa awal bayi menerima asupan berupa makanan setelah si kecil mendapatkan ASI eksklusif. Makanan tambahan si kecil ini akrab dikenal dengan sebutan Makanan pendamping ASI (MPASI). Pada usia ini si kecil harus mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk mendukung masa pertumbuhannya. Memberikan MPASI dengan banyak kandungan gizi dan nutrisi adalah sebuah keharusan bagi setiap ibu.

Namun, beberapa ibu tidak memahami dengan jelas hal ini. Bahkan, mereka sudah memberikan MPASI pada si kecil meskipun belum genap usia 6 bulan. Tentunya, hal ini berdampak negatif bagi pencernaan si kecil, karena faktanya perut bayi belum siap sepenuhnya untuk menerima makanan yang lebih padat. Baiknya, genap usia 6 bulan, ibu baru memberikan MPASI pada bayi agar perut si kecil bisa menerima dan mencerna makanan itu dengan baik.

Daftar Menu Makanan Bayi 6 Bulan

Pemberian MPASI bagi bayi usia 6 bulan memang sangat diperlukan, alasannya karena kebutuhan gizi si kecil semakin meningkat dan tidak cukup dengan hanya mengandalkan ASI saja. Namun, beberapa ibu sering mengalami kesulitan dalam memberikan makanan pendamping kepada si kecil terutama bagi ibu yang baru saja memiliki momongan dan belum berpengalaman dalam bidang ini. Tentunya, ini tugas yang dibilang cukup berat bagi seorang ibu.

Menyiapkan daftar menu makanan bayi 6 bulan harus dilakukan oleh seorang ibu agar si kecil terpenuhi gizi dan nutrisinya. Membuat menu makanan harian sikecil buatan sendiri memang sedikit menguras tenaga daripada Anda membeli produk-produk makanan yang tersedia dipasaran. Namun, mempunyai seorang anak yang sehat dengan gizi dan nutrisi yang cukup tentunya mengalahkan kerepotan seorang ibu.

Jika Anda ingin memiliki seorang bayi yang sehat dengan gizi yang cukup, membuat daftar menu makanan bayi 6 bulan dengan buatan sendiri dirasa sangat perlu. Berikut beberapa daftar menu makanan harian untuk si kecil yang bisa Anda buat sendiri dirumah. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

Daftar Menu Makanan Bayi 6 Bulan dengan Bubur Susu

Daftar menu makanan bayi 6 bulan yang pertama merupakan menu makanan yang biasa seorang ibu berikan pada buah hatinya. Memberikan bubur susu pada si kecil memang harus dilakukan. Pasalnya, bubur susu memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat cocok untuk bayi usia 6 bulan. Namun, ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat bubur susu agar kandungan gizi yang terkandung didalamnya tidak rusak dan hilang.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat bubur susu bayi usia 6 bulan diantaranya gizi yang seimbang, jangan panaskan ASI, jangan menggunakan gula aren, sebaiknya menambahkan satu macam sayur untuk tambahan bubur susu.

Cara membuat:

  1. Siapkan tepung beras/tepung kacang hijau/tepung sagu/tepung maizena/tepung hunkwe. Jangan menggunakan tepung terigu untuk membuat bubur susu.
  2. Larutkan tepung tersebut dengan air matang, lalu aduk sampai rata.
  3. Panaskan api kecil untuk memasak tepung tersebut. Tunggu sampai tepung tersebut matang dan kental sambil diaduk rata.
  4. Setelah meletup-letup, angkat bubur lalu dinginkan.
  5. Ketika bubur sudah berkurang panasnya, tuang kedalam mangkuk bayi dan tambahkan ASI. Silahkan sajikan pada buah hati tercinta.

Daftar Menu Makanan Bayi 6 Bulan dengan Pure

Memberikan makanan pendamping ASI bagi sikecil tidak hanya berupa bubur susu, tetapi asupan dari buah-buahan juga sangatlah penting. Pemberian pure buah-buahan bagi sikecil harus rutin dilakukan sebagai selingan makanan setelah bubur susu. Perlu kita tahu, pure adalah sebuah proses pelembutan bahan makanan agar lebih halus dan lembut supaya mudah dan aman dikonsumsi oleh sikecil. Beberapa daftar menu makanan bayi 6 bulan dengan proses pure berikut ini dapat Anda lakukan dengan mudah.

Pure Beras Merah atau Beras Putih

Makanan pure yang pertama ini terkenal sebagai makanan pendamping ASI yang paling tepat diberikan pada bayi 6 bulan. Beras merah dan beras putih sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi karena mengandung gizi yang lengkap seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Kandungan gizi tersebut seyogianya memang sangat dibutuhkan bagi bagi berusia 6 bulan. Beras merah kaya akan sumber energi seperti vitamin B1, B6, dan B12, kandungan mineral pada beras merah membantu pertumbuhan tulang, otot dan gigi bayi, meningkatkan fungsi otak bayi dengan baik, serta menjaga kesehatan organ pencernaan pada bayi.

Berikut cara membuat pure beras merah atau beras putih:

Cara membuat:

  1. Siapkan beras merah atau putih secukupnya.
  2. Bersihkan beras terlebih dahulu, lalu masukkan kedalam panci bersih.
  3. Kemudian, masak sampai berbentuk bubur, lalu disaring agar airnya terbuang.
  4. Setelah itu, campur pure beras tersebut dengan ASI.

Pure Pisang

Buah pisang memiliki tekstur yang halus dan mudah untuk dicerna oleh si kecil. Segudang manfaat dari buah pisang ini tidak bisa diabaikan. Pasalnya, pisan memiliki kandungan vitamin A, C, asam folat dan kolin, mineral seperti kalsium, kalium, fosfor dan magnesium, omega 6 (asam lemak) dan karbohidrat. kandungan kalsium yang tinggi pada buah pisang sangat bermanfaat bagi bayi usia 6 bulan terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain kandungan kalsium yang terdapat pada pisang, kandungan petcin juga berperan aktif dalam melancarkan pencernaan bayi. Memasukkan pisang kedalam daftar menu makanan bayi 6 bulan adalah ide yang sangat cerdas. Cara membuat Pure pisang sangatlah sederhana, seperti yang bisa Anda lihat berikut ini:

Cara membuat:

  1. Siapkan pisang matang secukupnya atau sekitar 15 gram, diutamakan pisang ambon.
  2. Kupas dan potong-potong pisang.
  3. Lalu, blender pisang hingga lembut agar teksturnya lebih halus.
  4. Setelah itu, tuang kedalam mangkuk. Tambahkan ASI atau jus jeruk manis agar lebih nikmat.
  5. Aduk rata dan berikan pada bayi.

Anda juga bisa menambahkan pepaya atau buah pir dalam membuat pure pisang ini.

Pure Alpukat

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan asam folatnya yang tinggi. Selain bermanfaat bagi ibu hamil, tentunya alpukat juga bermanfaat bagi bayi usia 6 bulan. Daftar menu makanan bayi 6 bulan dengan pure alpukan sangat direkomendasikan. bagaimanapun juga, buah alpukat memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi pertumbuhan si kecil usia 6 bulan. Selain meningkatkan berat badan dan menyehatkan kulit si kecil, buah alpukat juga mampu untuk mencegah peradangan pada tubuh bayi usia 6 bulan.

Untuk meningkatkan perkembangan otak dan syaraf pusat sikecil, cobalah memberikan pure alpukat ini pada si kecil. Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Bayi yang Menakjubkan

Cara membuat:

  1. Siapkan alpukat sekitar 50 gram atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Cuci dan ambil dagingnya, kemudian potong-potong.
  3. Sebelum mengambil daging alpukat ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu memerah ASI sebagai bahan tambahan.
  4. Masukkan daging alpukat dan ASI kedalam blender yang telah dicuci tadi. Lalu, blender sampai teksturnya halus dan lembut.
  5. Sajikan pure alpukat ini pada mangkok dan gelas khusus tempat makanan si kecil.

Pure Kentang

Tidak hanya buah-buahan yang berperan penting dalam pertumbuhan bayi usia 6 bulan, dengan membuat pure kentang untuk si kecil juga tidak bisa diabaikan. Manfaat yang terdapat pada ketang sangat menganjurkan Anda untuk memasukkannya kedalam daftar menu makanan bayi 6 bulan.

Kentang selain mengandung karbohidrat yang tinggi, kandungan serat juga membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang usus si kecil. Hal ini tentunya mengakibatkan fermentasi pada usus bayi. Dengan membuat pure kentang, secara otomatis Anda dapat mencegah hal itu terjadi.

Cara membuat:

  1. Siapkan kentang sekitar 3 buah, lalu kupas kulitnya, cuci dan potong-potong.
  2. Kukus kentang sampai lunak.
  3. Setelah matang, tiriskan kentang hingga dingin.
  4. Kemudian, haluskan kentang dengan menggunakan sendok atau untuk lebih simple bisa menggunakan blender atau food processor.
  5. Setelah halus, tuang kedalam mangkuk dan tambahkan ASI secukupnya, lalu aduk rata.

Lakukan cara ini agar buah hati Anda tumbuh dengan sehat dan sempurna tanpa serangan bakteri.

Pure Ubi Jalar Ungu

Untuk mendapatkan kandungan gizi yang seimbang, makanan pendamping ASI dengan pure ubi ungupun dapat Anda berikan pada sikecil. Kandungan gizi yang ada pada ubi jalar ungu diantaranya karbohidrat kompleks, vitamin B6, vitamin C, serat, beta-karoten, kalium dan mangan. Dengan memberikan pure ubi ungu pada si kecil, maka kebutuhan nutrisinya akan tercukupi.

Tidak hanya itu, ubi jalar ungupun sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh sikecil. Beta-karoten pada ubi jalar ungu akan mengusir bakteri dan virus sehingga si kecil tidak mudah sakit.

Cara memasukkan pure ubi kedalam daftar menu makanan bayi 6 bulan dengan menggunakan pure ubi tidaklah sulit bagi Anda, seperti pada cara  berikut ini:

  1. Siapkan ubi ungu 3 buah atau secukupnya sesuai kebutuhan si kecil.
  2. Bersihkan ubi dan kukus ubi jalar ungu hingga lunak.
  3. Kupas ubi jalar ungu kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  4. Tambahkan air kaldu ayam secukupnya untuk memberikan citra rasa yang lebih nikmat.

Anda dapat pula menambahkan wortel atau ASI pada ubi jalar ungu untuk membuat bubur ubi jalar ungu dengan cara:

  1. Siapkan tepung ubi jalar ungu, dan wortel, lalu bersihkan kedua bahan tersebut. Iris wortel berbentuk dadu dengan ukuran sangat kecil. 2. Ambil wadah untuk melarutkan tepung ubi jalar ungu dengan air secukupnya. Kemudian, masak sambil diasuk-asuk.
  2. Masukkan wortel yang sudah diiris tadi hingga lunak.
  3. Setelah lunak dan kedua bahan tercampur, angkat dan tuangkan pada mangkuk.
  4. Tambahkan ASI, kemudian aduk rata dan sajikan pada si kecil.

Dalam membuat daftar menu makanan bayi 6 bulan banyak hal yang harus Anda perhatikan yaitu  memilih bahan makanan yang masih segar dan membersihkannya terlebih dahulu. Selain bahan makanan, peralatan makan yang digunakan untuk menyajikan MPASI pun harus dijaga kebersihannya.

Demikianlah beberapa daftar menu makanan bayi 6 bulan yang harus Anda masukkan kedalam menu harian si kecil. Buatlah menu makanan tersebut dengan rutin agar kebutuhan gizi buah hati Anda terpenuhi. Semoga cara cara diatas dapat membantu Anda untuk menyajikan menu yang variatif bagi si kecil. Selamat mencob Bunda!

Gallery Resep Makanan Bayi 6 Bln

Resep Makanan Pendamping Asi Untuk Bayi 6 Bulan No 2 Paling

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Share Ya Bunda Sehat Itu Nikmat

Resep Makanan Pendamping Asi Untuk Bayi 6 8 Bulan Bubur Ayam Wortel Sehat Dan Bergizi

Si Kecil Tidak Suka Bubur Tim Coba Resep Ini Gumoris News

Bubur Bayi Campur Jagung Mpasi 6 Bulan Resep Makanan

Resep Mudah Bubur Bayi 6 Bulan Dari Ikan Salmon Forum

Buku Resep Lengkap Mpasi Wied Harry Makanan Bayi Sehat Alami

Pinterest

Resep Makanan Bayi 6 Bulan For Android Apk Download

10 Resep Mpasi 6 7 Bulan Agar Bayi Gemuk Dan Sehat Resep

Resep Makanan Bayi 6 7 Bulan For Android Apk Download

Resep Makanan Bayi 6 12 Bulan For Android Apk Download

Download Resep Makanan Bayi 6 Bulan Apk Full Apksfull Com

10 Resep Menu Mpasi 6 Bulan Minggu Pertama Popmama Com

5 Resep Dan Cara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan Cara Merawat

Aneka Resep Mpasi Bayi 6 Bln Yang Bagus Untuk Pertumbuhan

Makanan Pendamping Asi Resep Bubur Susu Untuk Bayi Umur 6

Mpasi Pertama Bayi Archives Resep Makanan Pendamping Asi

Membuat Mpasi Pertama Untuk Bayi 6 Bulan Resep Bubur Susu Yang Mudah

Resep Makanan Mpasi Bayi 6 Bulan Para Android Apk Baixar

Resep Bubur Sumsum Untuk Bayi 6 Bulan

Resep Mpasi 6 Bulan Nasi Tim Brokoli Oleh Adna Cook Cookpad

Resep Mpasi Terbaik Untuk Bayi Lengkap Dengan Penjelasannya

Resep Mpasi Untuk Bayi Usia 12 18 Bulan

Mpasi Pertama Bayi 6 Bulan Resep Makanan Pendamping Asi

18 Mpasi Untuk Si Kecil Yang Sudah Berusia 6 Bulan Vitamin Asi

Resep Makanan Bayi 6 12 Bulan 2 2 Apk Download Android

5 Resep Bubur Bayi 6 Bulan Penuh Gizi Cara Merawat Bayi

Kumpulan Resep Mpasi 6 Bulan Sehat Mudah Tumpi Id


Belum ada Komentar untuk "Resep Makanan Bayi 6 Bln"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel