Resep Cumi Pete



Resep Masakan Oseng Hot Baby Cumi Pete

Resep Sambal Cumi-Cumi & Petai Ekstra Pedas

Banyak pembaca JTT menanyakan ke saya resep sambal cumi-cumi dan petai super pedas yang fotonya banyak bersliweran di Instagram. Infonya, sambal cumi-cumi ini sedang ramai-ramainya diperbincangkan dan banyak yang penasaran dengan rasanya. Walau tadinya saya tidak terlalu memperhatikan dan menganggapnya sama seperti sambal umumnya namun akhirnya rasa penasaran jualah yang membuat saya ikut mencari tampilannya di IG. Dari tampangnya sepertinya sambal cumi-cumi ini mirip dengan sambal balado umumnya, yang membedakan adalah tambahan irisan cabai rawit yang lebih banyak sehingga membuat rasanya menjadi super pedas. 

Bagi si penggila pedas memang sambal ini terlihat menggiurkan dan mampu membuat air liur meloncat namun bagi yang anti pedas karuan perut langsung teras melilit melihat warna merahnya yang gahar dan banyaknya porsi cabai yang dimasukkan. Saya sendiri karena penasaran akhirnya membeli sepapan petai di pasar Blok A dan mengeksekusinya minggu lalu. Supaya rasanya lebih nendang, saya juga menambahkan irisan mangga Indramayu yang mengkal, rasa buah yang asam memang mantap berpadu dengan pedasnya sambal membuat saya meminta Heni untuk memasak nasi sesi kedua saat berbuka puasa weekend lalu. ^_^

Sebenarnya walau saya sangat suka petai dan jengkol namun saya berusaha mati-matian menghindari kedua jenis sayuran ini. Baunya yang menusuk akan membuat kunjungan ke kamar mandi menjadi musibah dan Heni harus bekerja ekstra keras untuk membersihkannya. Selain itu bau dan rasa mulut yang tidak nyaman sehabis mengkonsumi keduanya membuat saya berpikir dua kali sebelum membelinya di pasar. Tapi terkadang saya sulit juga untuk menolak tidak mencicipinya sama sekali, terutama ketika teman kantor saya, Astri, menawarkan rendang jengkol buatan kakaknya yang rasanya 'nampol'. 

Dulu, ketika saya masih kecil, Ibu saya sering membuat rendang jengkol di rumah dan menurut saya rendang buatan Ibu sangat sedap. Namun ketika menyantap rendang jengkol buatan kakak si Astri, harus saya akui rendang buatannya lebih sedap! Jengkolnya terasa super legit, dan masing-masing koin jengkol di lumuri dengan bumbu yang medhok dan melimpah serta meresap di setiap selnya. Tak heran banyak teman-teman saya di kantor memesan rendang buatan si kakak, termasuk saya yang selalu memesan sebungkus besar untuk saya santap sendiri. Sayangnya resep rendang jengkol tersebut hanya menjadi rahasia keluarga saja dan beliau tidak bersedia untuk berbagi, andai saja resepnya jatuh ke tangan maka pasti akan saya eksekusi segera di dapur rumah Pete. ^_^

Kembali ke resep sambal kali ini. Nah membuatnya sangat mudah. Sebagian bumbu seperti cabai dan bawang merah di goreng terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan, tujuannya supaya rasa bumbu tidak mentah dan cemplang. Baru kemudian bumbu ditumis kembali dan dimasak bersama petai dan cumi-cumi. Sebenarnya sambal ini mirip dengan bumbu sambal bajak khas Jawa yang legendaris. Untuk cumi-cuminya, kita bisa menggunakan cumi-cumi segar seperti yang saya gunakan atau cumi-cumi yang telah dikeringkan, biasanya disebut dengan cumi-cumi asin. Jika anda menggunakan cumi-cumi asin maka rendam terlebih dahulu cumi-cumi dengan air panas supaya rasa asinnya berkurang dan teksturnya menjadi lebih lunak, baru kemudian cumi-cumi diremas hingga kulitnya terlepas bersih. Baru kemudian cumi-cumi siap digunakan di dalam masakan. 

Jika anda menggunakan cumi-cumi segar, gunakan jenis cumi-cumi sero yang ukurannya kecil. Cumi-cumi seperti ini lebih mudah empuk ketika dimasak, namun jika tidak ada maka anda bisa menggunakan cumi-cumi Bangka yang berukuran besar. Siangi cumi-cumi, kupas kulitnya dan cuci bersih baru kemudian cumi-cumi direndam di dalam air asam jawa dan garam. Cara ini ampuh untuk menghilangkan bau amis cumi-cumi yang mengganggu.  Jika anda suka dengan rasa sambal yang asam segar seperti saya, maka irisan mangga muda atau nanas bisa juga ditambahkan  ke dalamnya. Mangga yang asam sangat sedap berpadu dengan sambal yang pedas, dan kolaborasi asam pedas memang membuat makan pun menjadi bertambah laju. Namun jika mangga mudah sulit ditemukan maka skip saja bahan ini karena tanpanya pun sambal cumi-cumi dengan petai ini sudah sangat sedap rasanya. Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Sambal Cumi-Cumi Pete Super Pedas

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep cumi-cumi lainnya? Silahkan klik link di bawah ini: Tumis Cumi-Cumi Asam Pedas Cumi-Cumi Sambal Merah Cumi-Cumi Masak Hitam a la My Mom

Bahan:

- 500 gram cumi-cumi segar (atau 200 gram cumi-cumi asin)

- 1 sendok makan asam jawa

- 1 sendok makan garam

- 1 atau 2 papan pete, kupas dan belah menjadi dua bagian

- 1/4 buah mangga muda yang mengkal, potong korek api (optional)

Bumbu digoreng dan dihaluskan:

- 5 buah cabai merah besar, potong sepanjang 2 cm

- 10 buah cabai merah kering, rebus hingga lunak (atau bisa digantikan dengan 5 buah cabai merah keriting)

- 10 buah cabai rawit, belah menjadi 2 bagian

- 5 siung bawang merah, rajang kasar

- 1 sendok teh terasi bakar

Bumbu lainnya:  - 10 buah cabai rawit, rajang kasar - 3 ruas jari lengkuas, memarkan (sekitar 3 cm)

- 2 ruas jari jahe, memarkan (sekitar 2 cm) - 3 lembar daun salam

- 2 sendok makan air asam jawa

- 1 sendok makan gula jawa disisir

- 1 1/2  sendok teh garam (kurangi jika anda menggunakan jenis cumi-cumi asin) - 3 sendok makan minyak untuk menumis

Siapkan cumi-cumi segar, buang insang plastiknya, kupas kulitnya dan buang mulutnya yang terletak di ujung kepala. Cuci bersih. Remas-remas cumi-cumi dengan 1 sendok makan garam hingga keluar lendirnya dan cumi-cumi terasa kesat. Diamkan selama 20 menit, cuci hingga bersih, tiriskan.

Siapkan wajan, panaskan 3 sendok makan minyak goreng. Goreng cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit dan bawang merah hingga layu dan matang. Angkat, tiriskan dan haluskan. 

Dengan menggunakan wajan bekas menggoreng cabai (jika minyak habis tambahkan sekitar 2 sendok makan minyak), panaskan minyak di wajan. Tumis cabai rawit yang telah dirajang hingga layu, masukkan bumbu yang dihaluskan, tumis dengan api kecil hingga bumbu matang. Tandanya bumbu berwarna lebih gelap dan harum. Jika cepat gosong, tambahkan sedikit minyak.

Masukkan petai, lengkuas,  jahe dan daun salam, aduk dan tumis hingga rempah layu. Tambahkan air asam, gula jawa, dan garam, aduk rata dan tumis selama beberapa detik. 

Masukkan cumi-cumi, aduk rata dan masak hingga cumi-cumi mengeluarkan air. Masak hingga air habis dan cumi-cumi menjadi empuk, tambahkan irisan mangga, aduk rata. 

Masak selama 1 menit hingga mangga menjadi agak layu, cicipi rasanya dan angkat. Sajikan dengan nasi panas. Super yummy!

Gallery Resep Cumi Pete

Resep Cumi Pete Cabe Ijo Sambal Ijo Youtube

Balado Food Wikipedia

Resep Cumi Asin Lezat Dan Nikmat Untuk Pendamping Nasi

Indonesian Medan Food Sambal Cumi Pete Dried Baby Squid

Resep Sambal Cumi Cumi Petai Ekstra Pedas Just Try Taste

Resep Cumi Petai Ala Ruben Onsu Untuk Bumil Asin Gurihnya

Resep Masakan Cumi Asin Paling Lezat Untuk Sehari Hari

Resep Memasak Cumi Pete Pedas Nikmat Dan Sederhana Resep

Resep Oseng Cumi Pete Pedas Oleh Putri Dhwina Cookpad

Resep Cumi Asin Petai Pedas Sajian Mudah Bangkitkan Selera

Resep Cumi Pete Cabe Ijo Oleh Echi Cookpad

Resep Tumis Cumi Petai Cabai Hijau Pedas Menggoda Saat

Resep Cumi Asin Jagung Pete Resep Kuliner Cookpad Indonesia

Cumi Asin Cabe Ijo Oseng Cumi

Resep Cumi Asin Cabe Hijau

Resep Cumi Asin Pete Dapur Kreasi

Resep Sambal Cumi Asin Petai Makan Jadi Tambah Berselera

Cara Membuat Tumis Cumi Pete Enak

Resep Cumi Asin Pete Pedas Aneka Resep Dan Cara Masak

Oseng Cumi Asin Pete

Sarwendah Bocorkan Resep Cumi Petai Andalannya Ternyata

Tumis Cumi Asin

Cumi Pete Sambal Ijo

Resep Masakan Cumi Asin My Viral


Belum ada Komentar untuk "Resep Cumi Pete"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel