Resep Minyak Mie Ayam



1 958 Resep Minyak Ayam Untuk Mie Ayam Enak Dan Sederhana

4 Resep Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Enak, Spesial yang Mudah

Cara membuat bumbu mie ayam – Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing dengan makan yang menjamur dimana – mana ini. Makan ini Tersedia di berbagai pelosok negri, mulai dari pedagang kaki lima pinggir jalan, sampai restoran mewah. Ya, makanan ini adalah mie ayam. Mie ayam adalah makanan yang sangat populer di indonesia. Penikmat pie ayam mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Karena rasa mie ayam yang enak dan kandungan gizi yang dapat menyehatkan tubuh. Oleh sebab itu mie ayam sangat digemari di negri ini.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya mie ayam itu berasal dari negri China Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Lalu mie ayam dibawa ke indonesia pada tahun 1870 karena politik keterbukaan imigran Pemerintahan Hindia Belanda.  Perkembangan mie ayam diiringi dengan perkembangan makanan legenda lainnya seperti soto, siomay dan makanan bahan tepung terigu lainnya di Pulau Jawa. Sehingga makanan dengan bahan dasar ini sangat menjamur dan dikuasai oleh orang jakarta.

Hingga saat ini mie ayam telah menyebar di segala penjuru indonesia, dari sabang sampai merauke, dan melahirkan inovasi – inovasi baru seperti mie ayam pangsit, mie ayam solo, mie ayam basah sampai mie ayam setan yang Tentunya dengan ciri khasnya masing – masing. Jika ingin merasakan mie ayam spesial enak dan lezat, anda tidak perlu pergi ke lestoran atau merogok uang banyak. Anda bisa membuat mie ayam dan bumbunya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat bumbu mie ayam yang enak, lezat dan sangat mudah sekali untuk dicoba.

Mie Ayam di Mata Dunia

Dewasa ini dengan bertukarnya budaya, dan banyaknya penduduk indonesia merantau keluar negri. Sekarang mie ayam dapat dijumpai di Belanda loh. Seperti yang diliput oleh kompas : Makan Mi Ayam di Belanda? Bisa! Seorang pria bernama Aries Tjahjadi mendirikan rumah makan mie ayam di belanda dengan nama Aries Noodles yang beralamat di Jalan Koningin Wilhelminaplein nomor 58 yang berlokasi di antara gedung-gedung perkantoran dan apartemen.

Menu paling favorit du aries noodles adalah “bakmi all in one” yaitu mie ayam yang terdiri dari campuran isi yang bervariasi yaitu jamur, ayam, kecap, pangsit dan bakso. Untuk memenuhi permintaan pelanggan, aries noodles juga menyediakan makanan khas indonesia lainnya seperti bakmi goreng dan nasi goreng. Atau menu – menu khas daerah indonesia lainnya yang dapat dinikmati pada akhir pekan di amsterdam. Jadi jika anda berkunjung atau tinggal di amsterdam bisa menikmati makanan populer indonesia di Arie Noodles.

Jenis Mie Ayam Paling Populer di Indonesia

Mie Ayam Jakarta

Mie ayam jakarta biasanya berbentuk pipih dan gepeng dengan tekstur mie yang lembut dan rasa ayam yang gurih dengan bentuk kotak-kotak potongan dadu. Biasanya mie ini disajikan dengan kuah terpisah dan ada taburan daun bawang atau bawang goreng diatas mie dan kuah. Mie ayam jakarta biasanya ditambah bakso untuk melengkapi citarasa. Sehingga mie ayam jakarta selain rasanya yang enak, juga dapat mengenyangkan perut.

Mie Ayam Pangsit

Pangsit Mie, mie jenis pangsit mie ini hampir sama dengan mie ayam jakarta hanya beda pada topingnya yang lebih berbentuk seperti granul karena pemotongannya dengan cara digiling akai mesin grinder sehinngga didapat toping ayam yang kasar berbentuk granul, untuk rasa juga berbeda karena rasa dari toping ayam ini lebih asin dan gurih. serta disajikan tanpa kuah.

Mie ayam pangsit ini secara keseluruhan mirip dengan mie ayam jakarta, mulai dari tekstur, bentuk dan rasanya pun relatif sama. Perbedaannya adalah terdapat pangsit (Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton) termasuk salah satu jenis dim sum. Wikipedia). Sehingga mie ini terkesan lebih gurih dan krispi dibandingkan dengan mie ayam jakarta.

Mie Ayam Solo

Mie ayam solo sekarang sudah bisa ditemukan di banyak kota, terutama di pulau jawa. Ciri dari mie ayam solo adalah memiliki kuah coklat dan rasa cenderung manis, seperti selera orang jawa. Toping dalam mie ayam ini biasanya berisi sawi, ayam yang dipotong dadu, dan pangsit untuk menjadi pelengkap rasa manis yang mendominasi.

Mie Ayam Bangka

Setiap mie ayam selalu memiliki ciri khas sendiri, namun mie ayam bangka ini relatif sama dengan mie ayam solo. Perbedaan mie ayam ini dengan mie ayam solo adalah tambahan toge di bagian atas mie ayam sebagai pelengkap.

Cwie Mie Malang

cwi mie malang adalah mie ayam khas malang yang berbentuk hampir sama dengan mie ayam pangsit, hanya saja tekstur ayamnya lebih halus dibandingkan pangsit mie. Bisa disajikan dengan kuah ataupun kering dan ada tambahan bakso kecil serta siomay yang menambah kelezatan dari cwie mie ini.

Resep dan Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Enak, Spesial dan Mudah

Resep Mie Ayam Kuah dan Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Kuah Kare

Bahan – bahan :

Cara membuat bumbu mie ayam kuah kare dan sajiannya :

#1 Rebus air terlebih dahulu, lalu masukan mie basah, pentol, dan pela hati (boleh dimasukan sesuai selera)

#2 Tambahkan sayuran dan air,bisa air dingin,bisa air yang berasal dari termos air panas, lalu aduk terlebih dahulu selama 4 – 6 menit. Dan angkat mienya

#3 Cara membuat bumbu mie ayam kuah kare adalah dengan merebus air, masukan bumbu sesuai selera, aduk lalu masukan bumbu yang lain seperti garam, micin, dan gula. Lalu aduk sampai rata

#4 Jika mie dan kuah sudah selesai dimasak, kemudian keduanya dimasukan kedalam mangkuk, tambah irisan ayam, dan pentol, dan taburi bawang goreng dan cabe rawit sebagai pelengkap

Cara Membuat Minyak Mie Ayam

Bahan :

  • Kulit dan lemak dari 1/4kg daging ayam yg sudah dicuci bersih dan dilumuri air jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, iris tipis

Langkah membuat minya mie ayam :

#1 Campur minyak, sayur, kulit, lemak ayam, bawang putih cincang, ketumbar, jahe geprek dlm wajan penggorengan.

#2 Goreng dengan api kecil hingga kulit ayam kering dan bumbu lainnya berwarna kecoklatan. Matikan api, langsung saring minyaknya.

#3 Gunakan api yang sedang, tumis bawah hingga layu dan harum di wajan yang berisi minyak ayam yang masih panas dan sudah disaring. Masukan bawang merah lalu reng semuanya hingga matang. Tiriskan semua bawang. Sisihkan hingga minyak ayam dingin.

#4 Setelah minya ayam dingin, tuang minyak dalam toples, lalu taburi dengan bawng putih dan bawang merah goreng yang diriskan. Sedikit dihancurkan bawangnya agar minyak ayam semakin wangi

Cara Membuat Kuah Mie Ayam

Bahan :

  • Secukupnya daun bawang yang telah dipotong

Langkah dan cara membuat bumbu mie ayam dan kuahnya :

#1 Goreng bawang putih sampai layu, haluskan dan masukkan ke dalam air

#2 Masukkan merica,garam, penyedap rasa dan daun bawang

#3 Tunggu hingga mendidih, lalu masukan kedalam mangkuk yang sudah berisi mie

#4 kuah ini bisa beberapa kali dipanaskan, untuk digunakan lagi pada mie ayam lainnya

Resep Mie Ayam Ceker dan Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Ceker

Bahan :

  • 1 pack mie kering / basah
  • Kuah mienya bisa seperti cara diatas

Langkah dan cara membuat bumbu mie ayam caker beserta sajiannya :

#1Goreng kulit pangsit dengan api sedang

#2 Rebus cabe, lalu haluskan, tambahkan garam dan air rebusan cabe tadi yang digunakan

#3 Siapkan mangkuk, tuang 1 sendok makan kecap asin dan 1 sendok minyak ayam

#4 Rebus sawi dan angkat. Lalu masukan mie tunggu sampa 3 – 5 menit lalu tiriskan

#5 Masukan mie kedalam mangkuk, tambahkan toping ayam kecap dan ceker ayam

#6 Mie ayam ceker pedas siap untuk dinikmati

Resep Mie Ayam Solo dan Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Solo

Bahan :

  • 1/2 kg ayam direbus, lalu potong dadu
  • 5 lembar daun jeruk purut

Langkah dan cara membuat bumbu mie ayam solo beserta sajiannya :

#1 Haluskan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, dan kunyit

#2 Tumis bumbu halus, masukan lengkuas, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga harum kemudian masukan ayam yang sudah dipotong, lalu tambahkan air, garam, dan gula

#3 Tambahkan kecap secukupnya agar sedikit berwarna kecoklatan. Masukan daun bawang sebelum sesaat sebelum api dimatikan

#4 Untuk tambahan bisa diberi sambal, caranya adalah rebus cabai, lalu haluskan dan diberi sedikit air rebusan cabai tadi

#5 Untuk kuah bisa seperti cara diatas cukup ditambah kecap secukupnya

#6 Penyajian terakhir tambahkan garam kedalam mangkuk, aduk sebentar lalu beri ayam yang sudah dimasak tadu, terakhir taburi daun bawang dan bawang goreng sebagai penyedap

Resep Mie Ayam Pangsit dan Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Pangsit Jamur

  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sdt minyak wijen untuk masing2 mangkuk

Bahan topping ayam jamur :

  • 150 gr fillet ayam, potong dadu
  • 50 gr kulit & lemak.ayam, potong kecil
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 buah jamur kancing ukuran besar, potong2
  • 1 batang daun pre, iris halus
  • secukupnya Garam, gula, merica & kaldu jamur
  • Tulang dada yg dagingnya sudah difillet untuk bahan topping
  • 2 Siung bawang putih, geprek
  • secukupnya Gula, garam, & kaldu jamur
  • Bahan pangsit goreng ayam :
  • 12 lembar kulit pangsit ukuran sedang
  • 100 gr ayam fillet, kulit, & lemak ayam
  • 1 butir putih telur ukuran kecil
  • secukupnya Garam & minyak wijen

Cara membuat bumbu mie ayam kuah kaldu :

#1 Rebus tulang dada ayam dengan sedikit air, tunggu selama kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan kotorannya. Jika sudah, ganti air rebusan dengan air yang baru, lalu rebus kembali untuk membuat kaldu.

#2 Tumis bawang putih hingga matang, masukan lemak dan kulit ayam, tumis hingga harum. Masukan jamur dan ayam yang telah dipotong dadu. Tumis sampai ayam berubah warna, masukan sedikit air. Tambahkan daun jeruk, saus tiram, kecap asin, kaldu jamur, garam dan gula. Aduk rata sampai semuanya benar – benar meresap.

#3  Untuk membuat pangsit goreng caranya adalah masukan bahan pangsit goreng ayam ke dalam blender, lalu haluskan. Ambil 1 sendok adonan yang telah di blender, letakan di tengah kulit pangsit, basahi pinggiran kulit pangsit dengan sedikit air, lipat menjadi bentuk segitiga. Rekatkan dua ujungnya jadi satu dengan air agar merekat. Buat secukupnya. Lalu goreng di minya yang panas dan dengan api yang kecil

#4 Rebus mie dengan air mendidih selama 4 menit. Tiriskan terlebih dahulu, masukan kedalam mangkuk yang telah diberi 1 sendok teh kecap asin dan ½ sendok teh minyak wijen. Aduk rata, lalu tambahkan toping ayam jamur yang tadi di buat, daun bawang, bawang goreng, selada, dan pangsit yang sudah digoreng. Sajikan dengan kuah kaldu dan saus sambal botolan

Resep Mie Ayam Jakarta dan Cara Membuat Bumbu Mie Ayam Jakarta

Bahan :

  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 2 bungkus mie basah / kering

Cara membuat bumbu mie ayam jakarta dan sajiannya

#1 Rebus dada ayam dengan api kecil kurang lebih 15 menit, jika sudah pisahkan tulang dengan dagin kemudian cincang atau potong kecil – kecil. Haluskan 4 siung bawang putih kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga harum, lalu masukan ayam. Beri garam, merica dan taburi bawang putih goreng. Tumis hingga ayam dan bumbu benar – benar tercampur.

#2 rebus cabe rawit hingga matang. haluskan dengan sedikit garam. Beri sedikit kuah kaldu.

#3 Untuk sajian akhir beri 1 sendok makan minyak dan 1 sendok makan kecap asin ke dalam mangkuk. Tuang mie yang sudah direbus, aduk rata. Beri topping ayam, bawang goreng, daun bawang, daun salada, dan bakso, lalu siram dengan kuah kaldu yang telah dibuat tadi.

#4 Mie ayam jakarta siap dinikmati

Kandungan Gizi dan Keuntungan Makan Mie Ayam

Kandungan Gizi Mie Ayam

mie ayam merupakan salah satu jenis kuliner yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, ada mie, sayuran hijau, jamur, dan juga ayam. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam semangkuk mie ayam antara lain adalah Karbohidrat = 46.21 gram (15%), Protein = 16.7 gram (33%), Vitamin A = 2%, Vitamin C = 2%, Kalsium = 2%, Zat Besi = 12%, Kalori = 421 kal (21.05 %), Lemak = 18,74 gram (29%), Kolesterol = 105 mg (35%), Sodium = 36 mg (2%).

Keuntungan Makan Mie Ayam

#1 Mengenyangkan perut karena mie ayam memiliki karbohidrat yang cukup tinggi yaitu 46.21 gram (15%), sehingga mie ayam bisa menjadi alternatif dikala lapar. Rasa yang ditawarkan oleh mie ayam untuk dikonsumsi juga cukup enak, dibandingkan dengan pengganti nasi lainnya seperti ragi atau roti.

#2 Memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh, karena mie ayam memiliki kadungan gizi yang cukup lengkap, meskipun tidak selengkap sauiran dan buah. Maka dari itu alangkah lebih baiknya, ketika mengkonsumsi mie ayam harus dibarengi dengan sayuran seperti sawi dan daun bawang.

Bahaya Makan Mie Ayam Secara Berlebihan

Seperti halnya mengkonsumsi mie instan, mie ayam juga akan berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena dalam setiap mie yang dijual di pasar mengandung zat lilin untuk membuat mie tersebut tidak lengket dan dapat mengeras. Zat lilin dalam mie akan ikut terkonsumsi, dan memerlukan waktu yang cukup lama dicerna oleh tubuh (kurang lebih 3 hari), maka dari itu alangkah lebih baiknya mengkonsumsi mie ayam satu minggu sekali.

Itu dia artikel yang membahas sejarah mie ayam, jenis mie ayam yang populer, cara membuat bumbu mie ayam dan sajiannya, kandungan gizi mie ayam, keuntungan dan bahaya makan mie ayam bagi tubuh. Semoga pembaca mampu mempraktekan membuat bumbu mie ayam di rumah, karena makanan buatan rumah lebih sehat dibandingkan membeli di luar.

Baca juga artikel bermanfaat lainnya : Cara Membuat Mie Telor Goreng dan Rebus Enak yang Mudah

Gallery Resep Minyak Mie Ayam

3 Resep Mie Ayam Beserta Cara Mengolah Sendiri Yang Mudah

17 Resep Mie Ayam Sederhana Terenak Yang Wajib Bunda Coba

4 Bahan Ini Bikin Racikan Mie Ayam Jadi Gurih Enak

Cara Membuat Minyak Mie Ayam Archives Mesin Pembuat Mie

Resep Mie Ayam Plus Ceker Dan Jamur Yang Enak Ala Kaki Lima

Mie Aceh Wikipedia

Resep Minyak Mie Ayam Oleh Nila Setiawan Wipn Kitchen

Cara Membuat Minyak Ayam Untuk Mie Ayam Youtube

Wonogiri Chicken Noodle Oil Recipe

Mencari Resep Mie Ayam Yang Enak Rahasianya Ada Di Minyak

Minyak Mie Ayam Rahasia Membuat Bumbu Minyak Mie Ayam Supaya Gurih

Resep Minyak Mie Ayam Oleh Yeny Pebri Cookpad

11 Cara Dan Resep Mie Ayam Spesial Yang Mudah Dan Enak Dirumah

Cara Membuat Mie Ayam Bakso Yang Tidak Kalah Enak Dari

Resep Mie Ayam Ceker Nampol Di Lidah Resep Masakan Jawa

Indonesian Traditional Culinary Resep Minyak Untuk Mie Ayam

Resep Cwie Mie Malang Aji No Moto Dapur Umami

4 Cara Membuat Mie Favorit Dari Mie Ayam Sampai Mie Setan

Videos Matching Resep Bumbu Mi Ayam Ala Wonogiri Revolvy

Cara Membuat Minyak Ayam Untuk Bakmi Dan Aneka Masakan

Resep Minyak Mie Ayam Oleh Hana Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Minyak Mie Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel