Resep Rainbow Cake Kukus Nyonya Liem



Resep Brownies Lumer Ny Liem Archives Dayya Mesin

Rahasia Lembutnya Rainbow Cake Kukus Ny Liem Irit Telur

Resep Rainbow Cake Kukus : Versi Wikipedia Indonesia, kue pelangi (bahasa Inggris: rainbow cake) merupakan salah satu kue berlapis dengan perpaduan warna pelangi. Asal usul adanya rainbow cake konon pertama dibuat oleh Kaitlin saat pesta perpisahan sahabatnya. Kecintaan sahabatnya pada pelangi dan lemon, membuat Kaitlin ingin memberikan sesuatu yang berbeda.

Jadi ceritanya Ia ingin membuat cake di mana saat dipotong akan memberikan nuanasa warna pelangi dengan aroma citrus. Warna warni pelangi yang digunakan disetiap layer cake bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari warna mejikuhibiniu alias merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, coklat, ungu atau gunakan warna sesuai selera. Dari merah rose, pink, merah marron, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Resep Kue Putri Salju Pandan Kacang Tanah Renyah Lembut

Menurut saya rainbow cake ini salah satu cake primadona yang selalu eksis sepanjang masa. Terbukti walaupun kini banyak sekali trend cake, puding dan makanan kekinian seperti puding puyo, cheese cake dan red velvet. Namun rainbow cake masih banyak di buru banyak kalangan sehingga kini banyak inovasi baru dari resep rainbow cake yaitu rainbow loom cake dan rainbow cake gulung.

Saat ini ada dua cara mengolah rainbow cake yaitu rainbow cake panggang dan resep rainbow cake kukus. Sedangkan untuk modifikasi kue rainbow ini memiliki beberapa kreasi di antaranya adalah rainbow cake tipe buttercake, rainbow cake tipe spongecake, sponge cake metode all in one, rainbow cake irit telur, rainbow cake special banyak telur, rainbow cake yang di adaptasi dari resep kue lapis surabaya, rainbow cake in jar dan rainbow cake mini.

Cicipi Juga : Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft Renyah Gurih

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep rahasia rainbow cake kukus ala Ny Liem yang enak, empuk, menul-menul tapi irit telur. Walaupun termasuk kedalam cake irit telur dengan bahan yang sederhana, tapi rasa dari rainbow cake kukus ini rasanya tidak eneg loh, mantap!

Resep rainbow cake kukus Ny Liem ini saya modif sedikit agar lebih enak rasanya. Jadi di adonannya saya tambahkan susu cair dan santan, rasanya jadi makin gurih. Kemudian saya juga tambahkan baking powder double acting kurang lebih antara 1/4 – 1/3 sendok teh. Double acting ini cocok sekali digunakan untuk adonan yang harus dimasak antri ala rainbow cake kukus.

Tapi kalau Bunda tak ingin menambahkan double acting tidak masalah, karena boleh skip penggunaannya. Tapi saya punya sedikit tips membuat rainbow cake kukus a la Nyonya Liem yang harus di perhatikan. Yaitu jangan gunakan baking powder biasa, karena tidak bagus untuk adonan cake yang harus antri begini untuk proses pengukusannya. Jaga-jaga agar hasilnya tidak bantet atau gagal tapi mengembang sempurna.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Rainbow Cake Kukus seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Rainbow Cake Kukus Ny Liem

Rainbow Cake Kukus Via www.vanidad.es

Bahan-bahan Cake :

  • Telur 4 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Sp atau TBM 1 sendok makan
  • Terigu kunci atau terigu segitiga 150 gram
  • Susu bubuk dancow 1 sachet
  • SKM (susu kental manis) 1 sachet (saya pakai susu kental manis putih, kalau mau nyusu boleh pakai 2 sachet SKM)
  • Santan kara kecil 1 bungkus (boleh di skip)
  • Essence vanila sedikit saja
  • Sejumput garam
  • 6 Pewarna makanan (warna sesuai selera, boleh merah, ungu, hijau, kuning, merah, biru dll) Kalau takut cake menjadi tipis karna menjadi 6 bagian warna, boleh pakai 3-5 warna saja, kalau suka
  • Minyak goreng 150 mili liter

Cara Membuat Rainbow Cake Kukus :

  1. Langkah pertama campur terigu, susu bubuk dancow dan baking powder, lalu ayak sampai tercampur dengan rata. Sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan panci kukusan dengan menggunakan api kecil. Minimal 15 menit, dan jangan lupa kasih kain atau serbet bersih di tutup pancinya. Sisihkan.
  3. Nah, sambil nunggu kukusan panas dan mendidih kita buat dulu adonan cakenya. Caranya mixer telur, gula, vanila dan garam sampai lembut dan gula hancur. Masukan SP, kemudian mixer lagi sampai adonan menjadi mengembang dan kental berjejak. Masukkan bertahap atau sedikit demi sedikit campuran tepung terigu yang sudah di ayak tadi dengan menggunakan mixer speed 1.
  4. Mixer sebentar saja sampai adonan merata. Jangan lupa masukkan susu kental manis dan santan, mixer bentar lalu matikan mixer.
  5. Langkah berikutnya masukkan minyak lalu aduk balik adonan. Aduk pelan-pelan saja jangan terlalu kuat nanti malah jadi bantat.
  6. Bagi adonan menjadi 6 bagian di mangkok atau wadah kecil, kemudian beri pewarna masing-masing adonan sesuai selera.
  7. Kalau proses pewarnaan sudah beres, Bunda boleh ambil loyang. Kemudian olesi loyang dengan sedikit minyak lalu alasi dengan kertas roti. Proses ini harus sabar ya, karena Bunda harus kukus satu persatu adonan kurang lebih sekitar 6 sampai 7 menit setiap loyangnya. Kalau bunda cuma punya satu loyang caranya dinginkan cake terlebih dahulu, kemudian baru kukus cake lainnya. Jangan lupa olesi loyang dengan minyak dan ganti dengan kertas roti lagi. Lakukan pengukusan kurang lebih selama 6-7 menit lagi. Lakukan berulang sampai semua adonan warna habis. Proses ini untuk cake yang akan di lapisi butter ya Bunda. Kalau model rainbow cake kukus tanpa butter biasanya kalau adonan rainbow cake kukus pertama setengah matang nanti di lapisi dengan adonan baru di atasnya. Gitu terus sampai adonan bertumpuk warna-warni pelangi.
  8. Kalau cake sudah di kukus semua, dinginkan cake kemudian susun cake. Jangan lupa bagian atas per satu layer di olesi whippee cream atau butter cream secukupnya.
  9. Iris-iris dan kue pelangi buttercream ini siap untuk disantap sebagai camilan, kudapan arisan dan jualan kalau memang Bunda punya bisnis bakulan jajanan pasar. Mantap!

Hasil rainbow cake kukus nya cantik, teksture nya juga lembut dan kempus. Saya suka sekali wangi susu dan gurihnya santan di setiap rainbow cake kukus ini. Untuk manisnya juga pas, juara deh pokoknya!

Oh iya, saya pakai butter cream homemade yang saya buat sendiri. Kalau Bunda pengin yang praktis dan tidak ribet boleh pakai butter cream siap pakai yang di beli di TBK (toko bahan kue). Bagi yang ingin mencoba membuat butter cream sendiri ini resep butter cream yang saya pakai, yuk mari di simak.

Resep Membuat Buttercream Homemade

Buttercream Via www.foodnetwork.com

Bahan-bahan :

  • Mentega putih 200 gram
  • Gula halus 75 gram
  • Susu kental manis 1-3 sachet
  • Sedikit essence vanila

Cara Membuat Buttercream :

  1. Mixer mentega sampai mengembang.
  2. Kemudian masukkan gula, susu kental manis dan vanila. Lalu mixer kembali sampai teksturnya ringan.
  3. Buttercream rumahan ala toko kue siap di gunakan.

Silahkan hias rainbow cake kukus ini sesuai keinginan. Kalau mau dijadikan kue ulang tahun, atas cake boleh di beri buttercream yang tebal kemudian taburi meises warna-warni, parutan keju, coklat, cherry, atau potongan buah segar.

Jangan Lewatkan : Resep Kue Brownies Kukus Milo Keju Tanpa Mixer Lembut Super Nyoklat

Wowkeh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Rahasia Lembutnya Rainbow Cake Kukus Ny Liem Irit Telur.

Silahkan di SHARE Bunda, semoga bermanfaat 🙂

Gallery Resep Rainbow Cake Kukus Nyonya Liem

Resep Bolu Kukus Mawar Ny Liem

Resep Kue Tart Manis For Android Apk Download

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem Oleh Sasha

Steamed Rainbow Cake Recipe

Regran Ed From Ginalarasati Bundaradithya

Brownies Pandan Kukus By Yani Cakes 140 By Yani Cakes

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem Rita Herawati Resep

Resep Kue Kukus Lengkap For Android Apk Download

Resep Steamed Rainbow Cake Ny Liem Oleh Tintin Rayner Cookpad

Rainbow Cake Kukus 2 Telur Takaran Sendok Super Lembut

Monde Id Rainbow Cake Kukus Ny Liem Ala Facebook

Resep Brownies Lumer Ny Liem Archives Dayya Mesin

Rainbow Cake Ny Liem By Resi Anggraeni Resep Aneka

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem

Resep Rainbow Cake Rainbow Cake Nyummy

56 Resep Sederhana Untuk Rainbow Kukus Craftlog Indonesia

Resep Rainbow Cake Kukus Ala Ny Liem Karya Mama Upay

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem Oleh Dapur Dien Cookpad

Resep Rainbow Cake Ekonomis 2 Telur

Rainbow Cake Kukus Ala Ny Liem Mudah Dan Praktis Cukup

Hanya Bermodal Panci Saja 8 Resep Kue Kukus Tanpa Oven Ini

Resep Rainbow Cake Kukus Ala Ny Liem Yang Lembut Dan Enak Tumpuk Langsung Anti Gagal

Rainbow Cake Mycakeummufathan Com

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem Oleh Sasha

Diah Didi S Kitchen Brownies Kukus Ny Liem

Steamed Rainbow Cake Ny Liem

Resep Rainbow Cake

Resep Steamed Rainbow Cake Ny Liem

Rainbow Cake Ny Liem Pongery Craft And Fun


Belum ada Komentar untuk "Resep Rainbow Cake Kukus Nyonya Liem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel