Resep Soto Santan Ayam



Soto Betawi Tanpa Santan

Resep masakan soto ayam santan dan cara membuatnya

Masakan soto ayam santan. Bunda yuk tulis Resep masakan soto dengan bumbu soto ayam santan kuning dan cara membuat soto ayam santan kuning dengan bumbu soto ayam komplit tahap demi tahap. Resep masakan kuliner nusantara paling laris saat ini yakni soto ayam santan, namun ternyata masih banyak para ibu rumah tangga yang masih bingung cara membuatnya. Padahal bahan dan bumbu bumbunya tersedia melimpah di pasaran. Saat ini cukup banyak resep masakan soto yang berasal dari berbagai daerah di indonesia, namun pada update kali ini admin akan mencoba membuat masakan soto ayam kuah santan yang mempunyai cita rasa gurih dengan tampilan kuah kental kekuningan, sehingga membuat rasa penasaran untuk melahapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa soto santan ini ada dua macam yakni soto santan daging ayam yang akan kita bahas sekarang dan lainnya adalah resep soto santan daging dengan bahan utama daging sapi. Resep soto ayam kuah santan sebenarnya paling mantap jika menggunakan ayam kampung, sebagaimana bunda tahu bahwa ayam kampung mempunyai kaldu yang lumayan banyak dan limpahan kaldu alami inilah yang menambah kelezatan cita rasa masakan soto bunda. Meskipun demikian tidak ada larangan dengan ayam potong biasa, karena selain lebih murah juga mudah di dapatkan.

Namun dari soal rasa kuah soto dan kekentalan soto ayam akan lebih mantap dengan ayam kampung karena limpahan kaldunya yang cukup banyak. Masakan soto santan juga bisa menjadi andalan menu dagangan keliling yang tentunya cukup banyak peminatnya, sehingga anda sebagai pedagang harus jeli melihat keinginan konsumen, baik untuk sarapan maupun makan siang juga cocok dengan soto santan, sehingga salah satu menu jualan yang menjanjikan.

Cara membuat masakan soto ayam santan ini cukup mudah dan hampir sama dengan cara memasak soto lainnya, seperti soto ayam kuah bening, sehingga tidak terlalu sulit untuk mencoba memasaknya sendiri apalagi bunda mempunyai hobby memasak, wah tentu semakin asyik dengan aneka ragam masakan nusantara ini. Sudah siap bunda, yuk mulai pergi berbelanja dan mempersiapkan segala sesuatunya. Bunda dan sis dapat membeli bahan bahannya di pasar tradisional deket rumah aja, sebab semua kebutuhan bahan bumbu soto ayam bening ada di sana, mulai dari bahan utamanya daging ayam hingga semua bumbu bumbunya tersedia.

Masakan soto termasuk dalam kategori resep masakan indonesia. Seperti kita tahu ada dua jenis ayam, yakni ayam kampung dan ayam potong. Untuk hasil yang lebih lezat, tentunya dengan menggunakan ayam kampung dewasa yang banyak lemaknya, kaldu ayam kampung inilah sebenarnya letak kelezatan masakan soto ayam.

Resep masakan soto ayam santan kuah kuning

Bahan utama masakan soto ayam santan kuah kuning >> Daging ayam : 1 ekor. >> Jeruk nipis : 2 butir.

>> Air : 2 liter ( untuk rebusan daging ayam ).

Bumbu masakan soto ayam santan kuning: >> Santan : 1 liter dari satu butir kelapa tua. >> Serai : 3 batang dan potong bagian ujungnya ( pilih batang serai yang besarnya sedang ). >> Merica : 1 sendok teh merica bubuk ( jika di konsumsi untuk anak anak penggunaan merica dapat di kurangi ). >> Daun salam : 3 lembar ukuran sedang. >> Daun jeruk : 3 lembar. >> Lengkuas : satu kerat ukuran ± 3 cm ( potong menjadi 3 bagian ). >> Daun bawang : 2 hingga 3 batang ( potong kecil kecil ). >> Garam, gula pasir, penyedap rasa : secukupnya ( jika bunda tidak menggunakan bumbu masak dapat di ganti dengan royco rasa ayam ). >> Bawang putih goreng : dari 3 siung bawang putih.

>> Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bumbu halus masakan soto santan ayam >> Bawang putih : 6 siung. >> Bawang merah : 4 butir. >> Jahe : ± 3 cm. >> Ketumbar : 1 sendok makan.

>> Kunyit : ± 7 cm.

Bahan pelengkap penyajian soto ayam >> Telur ayam : 3 butir. >> Bawang goreng : secukupnya.

>> Jeruk nipis : 3 butir ( potong 1 butir menjadi 3 bagian )

Cara membuat masakan soto ayam santan

Setelah peralatan memasak dan semua bahan bumbu telah siap, yuk sekarang pergi ke dapur kesayangan untuk membuat masakan soto ayam kuah santan yang lezat untuk seluruh keluarga tercinta.

  1. Potong ayam menjadi 2 bagian dan lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Rebus air sekitar 2 liter dan masukkan daging ayam, gunakan nyala api kompor sedang saja.
  3. Sementara menunggu daging ayam matang, haluskan bumbu halus ( bawang putih + bawang merah + jahe + ketumbar + kunyit ) dengan di uleg. Untuk memudahkan menghaluskan bumbu dapat di tambahkan dengan sedikit garam.
  4. Gongseng bumbu halus dengan sedikit minyak goreng. Masukkan juga ( serai + daun salam + daun jeruk ) dan aduk aduk hingga berasap dan tercium bau harum. Selanjutnya masukkan dalam rebusan ayam.
  5. Setelah daging ayam matang lalu angkat dan dinginkan.
  6. Masukkan ( merica + lengkuas + irisan daun bawang ), tambahklan juga ( garam + gula pasir + penyedap rasa ) secukupnya. Saat menambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa di sarankan sedikit demi sedikit sambil mencoba merasakan cita rasa kuahnya.
  7. Terakhir masukkan santan kental sambil aduk aduk pelan pelan supaya santan tidak pecah dan tunggu hingga mendidih.
  8. Setelah cita rasa kuahnya telah sesuai tambahkan remasan bawang putih goreng, matikan kompor.

Saran penyajian soto ayam santan

  1. Ambil sepotong daging ayam dan suwir suwir secukupnya. Untuk menghindari daging ayam sisanya basi ada baiknya di goreng bunda.
  2. Ambil mangkok dan masukkan suwiran daging ayam + irisan telur dan tuang kuah secukupnya dan taburkan sedikit bawang goreng.
  3. Bisa juga di tambahkan dengan touge, emping, kentang goreng, irisan kol, dan lainnya sesuai dengan keinginan.
  4. Gunakan sambal, kecap manis, dan perasan jeruk nipis jika suka.

Bagaimana bunda dan sis sekalian mudah bukan cara membuat masakan soto ayam kuah santan ini. Bunda dapat mencoba resep masakan sederhana kami lainnya seperti cara bikin ayam tepung, selamat mencoba.

Gallery Resep Soto Santan Ayam

Cara Memasak Soto Ayam Santan Dan Resepnya

Resep Soto Udang Kesawan Kuliner Unik Dari Medan Merahputih

Resep Soto Ayam Santan Susu

Resep Soto Betawi Ayam Kuah Santan Susu

Resep Soto Ayam Kuah Santan

Cara Membuat Soto Ayam Santan Dengan Cita Rasa Yang Gurih

Resep Soto Ayam Santan Kuah Kuning Yang Lezat Soto Ayam

10 Resep Soto Ayam Santan Paling Gurih Praktis Dan Istimewa

Resep Soto Ayam Santan Bawang Goreng Renyah Sedap Sekali

Soto Food Wikipedia

Aneka Resep Soto Ayam Praktis Mudah Dan Tidak Ribet Dunia

Resep Soto Ayam Kuah Santan Bumbu Kuning Aneka Resep

Cara Membuat Soto Ayam Soto Ayam Santan Dan Soto Betawi

Resep Soto Ayam Santan Medan

Resep Soto Ayam Betawi

Resep Cara Membuat Soto Medan Enak

Resep Soto Ayam Santan Oleh Dapur Tika Cookpad

Resep Soto Ayam Bahan Bahan Dan Cara Membuat

Resep Soto Ayam Kuah Kuning Tanpa Santan Sederhana

4 Resep Soto Betawi Yang Enak Untuk Hidangan Bersama Keluarga

Cara Membuat Soto Ayam Santan Enak Dan Mudah By Dafa Tubehd

10 Resep Soto Ayam Santan Paling Gurih Praktis Dan Istimewa


Belum ada Komentar untuk "Resep Soto Santan Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel