Resep Babat Sapi



Babat Gongso Ala Semarang Akhirnya Dapet Rasa Yg Paling Nampol Buatku

Cara Memasak Babat Sapi

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 12 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu.

Dalam Artikel Ini:Membersihkan dan Menyiapkan BabatMembumbui BabatMenambahkan Babat untuk Hidangan LainReferensi

Babat adalah jenis makanan yang merupakan salah satu dari empat bagian perut sapi. Babat (yang bisa berasal dari berbagai hewan, namun biasanya hewan ternak berkuku) dikonsumsi di seluruh dunia sebagai bahan makanan penting dalam hidangan lokal. Ternyata babat bisa dimasak apa saja. Babat bisa digunakan untuk berbagai hidangan seperti sup, tumisan, bahkan pasta tradisional. Jika Anda tidak terbiasa menyantap makanan berbahan organ bagian dalam hewan, maka menyantap babat dalam jumlah banyak mungkin terasa menakutkan, namun jangan khawatir, dengan petunjuk ini, menyiapkan hidangan babat yang lezat adalah pekerjaan yang mudah!

  1. 1

    Periksalah kebersihan babat. Karena babat berasal dari perut sapi, maka babat itu mengandung sisa-sisa makanan terakhir yang dimakan sapi, yang tentunya tidak ingin Anda makan. Babat dijual di toko daging dengan berbagai variasi, “babat hijau,” “babat yang sudah dibersihkan,” dan yang paling umum dijual di Amerika Utara adalah “babat yang diputihkan.” [1] Tiap jenis babat memerlukan prosedur pembersihan yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui jenis babat apa yang Anda tangani:

    • Babat hijau adalah bagian perut sapi yang pada dasarnya tidak berubah setelah dikeluarkan dari dalam perut sapi. Seperti namanya, babat ini memiliki warna kehijauan atau keabu-abuan. Babat jenis ini perlu dikosongkan isinya dan dibersihkan sebelum dimasak (lihat petunjuk di bawah).
    • Babat yang sudah dibersihkan adalah babat yang telah dibilas dan dicuci untuk menghilangkan isi perut sapi. Warnanya lebih terang daripada babat hijau dan memerlukan sedikit persiapan dalam proses pembersihan dan pencucian.
    • Babat yang diputihkan (atau “dipucatkan”) adalah babat yang telah dibersihkan, lalu direndam di dalam klorin untuk membunuh kuman, sehingga dan warna babat menjadi sangat pucat. Ini adalah jenis babat yang paling bersih yang bisa Anda beli, namun sayangnya babat ini harus dicuci berulang kali untuk menghilangkan bau dan rasa klorin yang kuat.

  2. 2

    Bersihkan babat jika perlu. Proses pembersihan babat yang tepat berbeda-beda tergantung kondisi babat (lihat uraian di atas). Babat dari toko daging sudah dibersihkan, namun jika babat yang Anda beli belum dibersihkan atau Anda memilih babat organik yang belum disentuh, Anda bisa membersihkan babat di dapur dengan beberapa bahan yang ada di rumah:

    • Gosokkan garam batu pada babat, untuk melepaskan sisa-sisa makanan (atau “pasir”) yang tidak bisa dicerna. Cucilah dengan air dingin. Jika perlu, gunakan sikat gigi yang bersih untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Dengan cara ini, Anda mengosongkan perut sapi dari sisa-sisa makanan yang dicerna sebagian. Ulangi langkah ini hingga “pasirnya” tidak ada lagi.
    • Rendam babat di dalam campuran larutan yang terdiri dari satu atau dua sendok makan hidrogen peroksida dengan air secukupnya untuk merendam babat (balik dan peras babat sesekali) selama satu jam. Hidrogen peroksida merupakan zat disinfektan dan zat pemutih.[2]
    • Buanglah larutan hidrogen peroksida dan cucilah babat beberapa kali dengan air (peraslah saat mencucinya). Potonglah pinggirannya yang masih belum bersih. Hasil akhirnya adalah babat harus sudah tidak bau lagi.
    • Setelah direndam, kerok bagian dalam babat dengan pisau untuk menghilangkan selaput bagian dalam. Perut sapi adalah jaringan yang kompleks, sebagian enak dimakan namun sebagian lainnya tidak enak dimakan. Selaput bagian dalam harus dihilangkan jika masih ada.

  3. 3

    Potonglah babat dengan ketebalan yang sama. Ketebalan babat mentah berbeda-beda sesuai ukurannya. Sayangnya, ketebalan babat yang berbeda-beda bisa membuat babat tidak bisa matang secara merata saat dimasak. Letakkan babat dan periksa dengan teliti untuk mengetahuinya. Jika Anda melihat ada bagian yang sangat tebal, gunakan pisau tajam untuk membuat bentuk “kupu-kupu” (mengiris babat itu hingga terbelah dan memiliki ketebalan yang sama).

  4. 4

    Irislah babat dan rebus dengan cara parboiling. Parboiling adalah proses di mana makanan direbus tanpa bahan-bahan lain dan nantinya akan dijadikan bahan untuk dimasak menjadi hidangan lain. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong babat menjadi irisan batang tipis atau kotak. Campur potongan babat ke dalam panci berisi air garam (2 sendok makan/34gr garam untuk tiap 1 liter air). Rebus selama 15-30 menit. Jika sudah matang, buang airnya dan cucilah babat. Setelah direbus, babat akan lebih lunak dan siap untuk dimasak menjadi berbagai hidangan. Bacalah cara membumbui babat di bawah ini.

    • Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menangani babat mentah, bahkan meskipun Anda sudah mencuci babat tersebut dengan teliti.

  1. 1

    Siapkan kaldu. Masukkan babat ke dalam panci dan bumbui dengan rempah daun dan sayuran (seperti bawang bombai, wortel, seledri, daun bay, peterseli, cengkeh, dan lada). Masukkan air dan tambahkan garam dalam jumlah yang cukup banyak. Rebuslah babat tersebut.

    • Inilah kesempatan Anda. Mainkan kreativitas Anda! Rasa terakhir babat tergantung pada kandungan kaldu yang Anda masak. Berikan bumbu yang menurut Anda sesuai untuk babat, misalnya sedikit tambahan lada bisa memberikan sensasi yang nyata pada babat, sementara beberapa irisan jahe akan memberikan pengaruh khas Asia pada hidangan Anda.
    • Perhatikan, selama ada bahan-bahan yang cukup memberikan rasa yang kuat, maka proporsi kaldu sangat fleksibel. Jangan ragu untuk menambahkan, memodifikasi, dan menghilangkan bahan-bahan tertentu untuk disesuaikan dengan lidah Anda.

  2. 2

    Rebuslah babat dengan api kecil selama satu hingga tiga jam atau sampai babat menjadi lunak. Jika kaldunya mendidih, kecilkan api kompor. Ketika babat direbus bersama kaldu, maka babat itu perlahan-lahan akan lunak dan menyerap rasa kaldu. Setelah sekitar 90 menit, mulailah memeriksa konsistensi babat setiap 10-15 menit. Babat sudah “matang” jika mencapai konsistensi yang Anda inginkan.

    • Rasa yang sesuai selera individu akan bervariasi tergantung pada konsistensi babat yang ideal. Misalnya, ada resep yang merekomendasikan babat untuk dimasak lebih dari empat jam agar konsistensinya menjadi sangat lembek. [3]

  3. 3

    Simpan kaldunya. Sisa kaldu yang lezat dan beraroma yang berasal dari perebusan babat sangat baik untuk memberikan rasa tambahan yang berbeda pada babat untuk resep masakan lain. Sebagai alternatif, kaldu ini dapat digunakan sebagai sup pelengkap untuk hidangan babat Anda. Dua hidangan ini memiliki rasa yang serupa, sehingga sup akan menyeimbangkan rasa babat.

    • Jika babat sudah lunak namun kaldunya masih encer, Anda bisa terus merebusnya atau mengangkat babatnya dan membiarkan kaldu itu tetap direbus. Dengan tetap merebus kaldu, airnya perlahan-lahan akan habis dan tersisa bahan-bahan yang lezat.

  1. 1

    Buatlah menudo. Menudo adalah hidangan besar berkuah kental khas Meksiko yang menggunakan babat bersama dengan berbagai rempah dan bisa ditambahkan kaki babi! Tambahkan rempah-rempah khas Meksiko ke dalam kaldu, yaitu ketumbar, jeruk nipis, oregano, cabai merah, sebagai hidangan pembuka, lalu sajikan dengan roti atau tortila sehingga tamu-tamu Anda bisa mencelupkannya ke dalam kuah menudo yang lezat dan kuat.

  2. 2

    Tambahkan babat untuk hidangan pho. Pho adalah sup khas Vietnam yang menjadi sangat populer di Amerika Utara beberapa tahun belakangan ini. Pho hadir dengan beragam variasi, namun babat adalah bahan yang paling umum. Tambahkan tauge, jahe, kecap ikan, selasih, mi, dan bahan-bahan pho favorit Anda lainnya ke dalam kaldu babat!

  3. 3

    Buatlah hidangan pasta dengan babat. Babat memiliki sejarah panjang dalam masakan Eropa. Untuk membuat hidangan pasta yang lezat, siapkan panci besar berisi saus pasta berbahan tomat yang telah diberi bumbu, lalu masukkan babat, dan rebus selama beberapa jam. Tambahkan saus ini pada pasta yang empuk. Tekstur babat yang lunak menyeimbangkan tekstur pasta yang empuk dengan sempurna.

  4. 4

    Tambahkan babat untuk hidangan favorit Anda. Babat bisa ditambahkan untuk hidangan apapun, jadi ketika Anda percaya diri menyiapkan dan memasak babat, ujilah kemampuan baru Anda dengan menciptakan resep sendiri. Hidangan yang mungkin dibuat adalah sup babat (terbuat dari kaldu babat yang Anda simpan), babat kuah kental, juga hidangan lain yang menyimpang dari resep-resep “berkuah” yang telah dibahas sebelumnya, seperti babat iris goreng, dan bahkan tumis babat. Lakukan eksperimen sesuka hati Anda!

  • Babat yang bertekstur licin berasal dari bagian perut pertama ( tepatnya disebut rumen) dan babat bertekstur seperti sarang lebah berasal dari bagian perut kedua (reticulum). Keduanya memerlukan persiapan yang sama.

Peralatan memasak

Alat-alat pembersih

  • Garam batu
  • Sikat gigi
  • Hidrogen peroksida

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 12 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu.

Daftar kategori: Daging

Bahasa lain:

English: Cook Beef Tripe, Italiano: Cuocere la Trippa di Manzo, Español: cocinar pancita de res, Português: Preparar Bucho de Boi, 中文: 烹调牛百叶, Français: cuisiner des tripes de bœuf, Русский: Приготовить Говяжий Рубец, Nederlands: Runderpens bereiden, Čeština: Jak vařit hovězí dršťky, العربية: طهي الكرشة البقري

Halaman ini telah diakses sebanyak 32.186 kali.

Apakah artikel ini akurat?

Gallery Resep Babat Sapi

Resep Goreng Babat Sapi Sajian Sedap Resep Masakan

5 Tips Mengolah Babat Sapi Agar Tidak Alot Dan Bau

4 Koleksi Resep Babat Sapi Kreasi Masak Mudah Yang Enak

4 Koleksi Resep Babat Sapi Kreasi Masak Mudah Yang Enak

Citra S Home Diary Resep Babat Gongso Pedas Indonesian

Resep Babat Goreng Madura Sambal Korek Yang Menggoda Viva

Cara Memasak Gulai Babat Bumbu Minang Enak

Babat Hati Paruh Sapi Bacem Enak Lengkap Resep Masakan Tradisional Indonesia Bunda Airin

Resep Babat Gongso Hidangan Istimewa Khas Kota Semarang

Resep Chinese Food Lo Babat Sapi

Babat Gongso

Resep Babat Sapi Goreng Khas Semarang Empuk

4 Resep Masakan Babat Sapi Yang Anti Amis Dan Alot Qupas

Berburu Nikmatnya Babat Gongso Kuliner Khas Semarang Yang

4 Resep Masakan Babat Sapi Yang Anti Amis Dan Alot Qupas

Resep Membuat Babat Gongso Khas Semarang

Resep Puasa Babat Bacem Gurih Buat Makan Malam Enak Banget Dimakan Dengan Nasi

Resep Masakan Praktis Rumahan Indonesia Sederhana Resep

Inilah Resep Babat Gongso Khas Semarang Yang Melegenda


Belum ada Komentar untuk "Resep Babat Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel