Resep Bolu Jadul Anti Gagal



Cara Membuat Cake Marmer Yang Enak Dan Lembut

Resep Bolu jadul / bolu bahulu super enak dan wangi..mengingatkan kita pada cita rasa jadul yang tak tergantikan!

BOLU JADUL / BAHULU CAKE / BOLU KLEMBEN / BOLU CERMAI / BOLU KERING

By : Bake and Heat

Durasi : 30 Menit porsi :12 pcs (dengan loyang takoyaki Uk.@2.5 x 1.5cm) / 7-8pcs (dengan loyang kue cubit) Tingkat kesulitan : Mudah
( Umumnya berbentuk bunga / oval, Tapi karena belum punya cetakannya,  maklum ya aku pakai loyang takoyaki lagi ^^ )

  Bolu Jadul , begitu aku selalu menyebutnya. Karena bolu ini sudah ada sejak lama dan sudah kumakan sejak masih kecil. Biasanya bolu ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional (walaupun sekarang sudah agak jarang ditemui lagi). Bentuknya bermacam-macam , ada yang berbentuk ikan, oval, bunga, dsb. Bolu ini adalah kue khas melayu dan biasanya disebut bolu cermai, Bolu klemben biasa disebut oleh orang Jawa, atau yang biasa disebut oleh orang Malaysia dengan sebutan bolu Bahulu. Bolu ini adalah salah satu makanan favoritku yang selalu bisa bikin kangen disaat-saat ingin ber-nostalgia. Walaupun teksturnya agak kasar (karena bolu ini tidak mengandung butter / margarin), tetapi sangat enak dan memiliki wangi yang sangat khas. Rasanya yang light dan bentuknya yang kecil membuatnya enak untuk dijadikan cemilan. 

     Selain biasanya dijual dengan tekstur bolu, Ada pula yang menjual bolu ini dengan tekstur kering / lebih menyerupai cookies yang biasa disebut bolu kering . Dalam bentuk bolu, kue ini bisa bertahan selama 4-5hari , Sedangkan dalam bentuk kering, bisa bertahan hingga 1 bulan. 

     Menurutku resep ini sudah sangat mirip dengan yang dijual di pasar-pasar tradisional. Sangat wangi dan enak sekali. Semoga dengan adanya resep ini, bagi kalian yang lagi kangen / ingin ber-nostalgia dengan kue jadul ini, bisa terbayarkan dan rasanya sesuai selera ya (>‿◠)✌ selamat mencoba.
( Enak disantap dengan Teh  / Kopi hangat ).  
BAHAN:  ♥   55gr Telur ayam ( 1 butir besar ) ♥   40gr Tepung terigu protein rendah ( untuk yang mau buat bolu kering ditambah 10gr ) ♥   40 gr gula pasir  ♥   1/4 sdt garam  ♥   1/4 sdt Vanilla essence +  ♥   Minyak secukupnya ( untuk mengoles loyang ) CARA:
  1. Preheat oven hingga suhu 230'c ( api atas & bawah ), masukkan loyang .
  2. Kocok telur dengan mixer / whisk dengan kecepatan sedang hingga berbuih, masukkan gula dibagi kedalam 3 tahap (setahap demi setahap hingga gula habis dan larut). 
  3. Kocok adonan telur hingga putih dan kaku 80% ( ribbon stage ).
  4. Masukkan Tepung,garam dan vanilla essence kedalam adonan telur. (Gunakan spatula / Whisk, fold /aduk perlahan dan masukkan sedikit demi sedikit hingga semua tercampur rata).
  5. Keluarkan loyang dari oven,olesi minyak.
  6. Tuang adonan kedalam setiap wadah hingga penuh 90%.
  7. Masukkan kembali loyang kedalam oven (rak bawah),dan panggang hingga coklat keemasan ±18-20menit.
  8. Dinginkan dan siap untuk disajikan.

    ( Silahkan lihat urutan cara pembuatan sesuai penomoran diatas ).

      ( Bolu Jadul siap disantap \( )/ enak & harum! ).

    TIPS BOLU JADUL CANTIK & ANTI GAGAL  
    1.  Bahan harus Fresh & berkualitas baik. Terutama Telur,karena telur yang sudah tidak fresh tidak akan mengembang maksimal,sehingga menghasilkan bolu yang bantat dan bau amis ( penting loh ya, kalau uda amis ga akan enak, harus diingat karena tidak menggunakan butter/margarin ataupun susu. Aroma kue hanya bergantung dari aroma telur & vanilli saja ) .    
    2.  Pastikan proses pemasukkan gula pasir ( jangan pakai gula tepung karena adonan tidak akan se-ngembang jika menggunakan gula pasir ) dibagi kedalam 3 tahap sehingga adonan telur bisa mengembang maksimal. ( Jika tidak dibagi beberapa tahap,adonan menjadi berat dan sulit 'naik').   
    3.  Pastikan penggunaan tepung terigu protein rendah agar hasil bolu lebih empuk. Tetapi jika tidak memiliki tepung terigu protein rendah,bisa digantikan dengan tepung terigu protein sedang / all-purpose flour.
    4.  Pastikan pengadukan tepung kedalam adonan tidak berlebihan / over-beat karena akan menyebabkan menghilangnya rongga-rongga udara dalam adonan telur sehingga bolu bisa bantat.
    5.  Untuk yang mau membuat resep ini menjadi bolu kering, tolong diingat untuk menambahkan tepung terigu sebanyak 10 gr, Panas oven dikurangi menjadi 150'c saja setelah bolu kuning kecoklatan( ±12-15menit ) dan panggang lagi selama ±15-20menit hingga bolu kering merata. 
    6.  Agar Bolu kering awet, Pemanggangan harus maksimal hingga bolu kering merata, dan jangan masukkan kedalam wadah dalam keadaan panas / hangat, karena uap akan menyebabkan bolu kering melempem.
    7.  Kenali oven masing-masing karena setiap oven memiliki suhu yang berbeda, Sehingga perlu untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 
    8.  Untuk yang ingin berkreasi dengan Flavoring / essence / Perisa , Sangat dipersilahkan untuk mencoba . Tapi baiknya gunakan perisa berbentuk pasta / bubuk agak tidak mengganggu konsistensi adonan kue.  
    9.   Proses pemanasan ulang bolu bisa menggunakan oven ( dikukus sebelumnya agak bolu empuk kembali, kecuali bolu ingin dijadikan bolu kering, tidak perlu dikukus lagi, bisa langsung dioven sampai bolu kering merata. ) / dipanaskan dengan microwave

               Demikian post dariku,selamat ber-nostalgia! Happy Baking ^_^ 

Gallery Resep Bolu Jadul Anti Gagal

Resep Bolu Jadul Praktis Anti Gagal Tanpa Timbangan Oleh

Resep Kue Bolu Macan Khas Bangka Marmer Cake Yang Soft Dan Moist

Aneka Resep Kue Bolu For Android Apk Download

Resep Bolu Kering Ketapang Bolu Jadul Karya Tuti Aguss

Resep Bolu Jadul Anti Gagal

Videos Matching Resep Bolu All In One Ekonomis Praktis

Bolu Jadul Lembut Anti Gagal Basic Cake

Videos Matching Resep Bolu All In One Ekonomis Praktis

Diah Didi S Kitchen Tips Sukses Membuat Cake

Diah Didi S Kitchen Tips Sukses Membuat Cake

Resep Bolu Jadul Sederhana Dan Anti Gagal

5 Resep Bolu Bikin Kue Bolu Dengan Rice Cooker Gampang Banget

Kekkekinian Instagram Media Feed

Natural Cooking Club Reportase Kursus Butter Cake Alias

Resep Bolu Kukus Mawar Ny Liem

Video Kuliner Page 17 Of 33 Jurnalis Berita Online

Resep Cara Membuat Bolu Jadul Anti Gagal Resepku Resepkus

Resep Bolu Jadul Anti Bantat Anti Gagal

Cara Membuat Resep Bolu Marmer Lembut Panggang Dan Kukus

Resep Bolu Jadul Kacang Lembut Anti Gagal


Belum ada Komentar untuk "Resep Bolu Jadul Anti Gagal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel