Resep Sambal Tomat Goreng



Resep Sambel Tomat Terasi Kemangi Rebus Dan Ikan Goreng Saos

Resep Sambal Tomat yang Nikmat, Pedas dan Nagih

admin | 08/05/2019 | Saus & Sambal |
Gambar Sambal Tomat

ResepMedia.com – Saking banyaknya resep sambal di Indonesia, makin Anda harus mengetahui mana resep sambal yang paling sering dimasak oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Kebiasaan masyarakat kita yang tak pernah lepas dari sambal memaksa kita harus mengerti bagaimana membuat sambal yang pas, nikmat, pedas dan membuat kita ketagihan akan salah satu pelengkap makanan ini.

Beragam sambal bisa Anda temukan di Indonesia, seperti sambal terasi, sambal teri, sambal kering, sambal kecap, dan yang paling terkenal adalah sambal tomat. Sambal tomat juga dikenal sebagai salah satu sambal yang mudah untuk diolah dan rasanya yang segar, pedas dan nikmat, akan menambah nafsu makan Anda semakin berselera. Untuk itu bagi Anda yang sedang belajar bagaimana membuat sambal yang nikmat, maka Anda bisa mengikuti resep sambal tomat di bawah ini.

Sambal tomat sangat pas untuk disajikan dengan beragam lauk, terutama lalapan atau ikan goreng. Sambal tomat paling pas dinikmati pada siang dan malam hari. Jika Anda ingin sambal lebih gurih, maka Anda bisa mencampurkan sedikit terasi ke dalam olahan sambal ini. Sambal tomat ini bisa menjadi alternatif Anda jika Anda tak terlalu suka mengonsumsi tomat secara langsung. Buah tomat sendiri dikenal memiliki banyak kandungan gizi dan khasiat yang baik bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam buah tomat ini meliputi vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat juga mengandung sodium, kolesterol, lemak jenuh, dan juga kandungan kalori yang rendah. Kandungan yang paling banyak yang dibawa oleh tomat adalah kandungan mineral yang baik seperti vitamin B6, magnesium, fosfor, thiamin, niacin, dan juga tembaga. Semua khasiat kesehatan yang Anda cari akan Anda temukan di dalam buah tomat ini. Terutama jika dibuat untuk olahan sambal, maka kandungan vitamin C-nya akan lebih tinggi lagi, karena cabai juga membawa kandungan vitamin C yang tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut di bawah ini adalah cara membuat resep sambal tomat yang nikmat, pedas dan membuat nagih.

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • 12 buah cabe rawit, atau Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda.
  • 4 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • 1 buah tomat merah yang segar.
  • 1 buah terasi udang, atau satu sachet terasi udang.
  • 1 sendok gula merah, atau potong sebesar biji salak.
  • Garam secukupnya.
  • Sedikit Vetsin
  • Minyak goreng untuk menumis.

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan di atas, maka Anda siap untuk mengolah sambal tomat. Pastikan tomat yang Anda gunakan adalah tomat yang segar, tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua, sehingga segala kandungan gizi yang terkandung di dalamnya masih terjaga dengan baik.

  1. Ambil wajan, panaskan minyak goreng.
  2. Setelah panas, masukkan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, dan cabe rawit. Tumis kesemua bahan ini hingga layu atau setengah matang.
  3. Haluskan semua bahan yang telah ditumis hingga layu tersebut hingga benar-benar halus, tambahkan gula merah, garam dan vetsin secukupnya, lalu tumbuk hingga benar-benar halus dan semua bahan tercampur dengan merata.
  4. Cicipi olahan sambal tersebut, jika dirasa kurang, tambahkan bahan yang kurang, dan jika sudah dirasa pas atau cukup, maka sambal tomat sudah siap untuk disajikan sebagai pendamping sangat siang atau malam Anda.

Mudah bukan membuat sambal tomat buatan sendiri di rumah? Memang saat ini banyak produk sambal tomat instan yang bisa Anda temukan di super Market atau pasar tradisional. Namun rasa yang diberikan tidak senikmat dan sepedas seperti sambal buatan sendiri di rumah. Sambal buatan sendiri di rumah bisa Anda kira-kira seperit apa selera Anda dan anggota keluarga di rumah. Bahkan Anda bisa memodifikasi sendiri sambal tomat Anda dengan bahan lain, seperti jika Anda tak suka terasi, maka Anda bisa menyingkirkan terasi dan lain sebagainya.

Sajikan sambal ini dengan berbagai macam lauk, seperti lele goreng, ikan goreng, lalapan segar, seperti kol, mentimun atau daun kemangi, atau lalapan lain yang Anda suka. Selamat mencoba.

Gallery Resep Sambal Tomat Goreng

Resep Bawal Goreng Sambal Tomat

Diah Didi S Kitchen Sambel Tomat Seger

Lele Goreng Sambal Tomat Konfrontasi

Resep Sambal Tomat Praktis Sederhana Bahan Bahan Cara

Resep Sambal Tomat Pedas Gurih Enaknya Bikin Nagih

Sambel Tomat Bawang Utk Cocolan Singkong Goreng

Resep Cara Membuat Sambal Tomat Goreng Pedas Super Nikmat

Resep Membuat Sambal Lamongan Enaknya Dimakan Pakai Lalapan

Resep Sambal Selingkuh Sambal Terasi Goreng Enak Pedas Mantap

Sambal Tomat Tomato Chili Sauce

Resep Sambal Tomat Pedas Nagihin Lifestyle Fimela Com

Membuat Sambal Tomat Terasi Diy

Kumpulan Resep Asli Indonesia Sambal Tomat

Sambal Tomat Mentah

Resep Makan Siang Tempe Goreng Penyet Sambal Tomat Riau24 Com

Resep Sambal Goreng Tomat Oleh Kurnia Laila Cookpad

Resep Jengkol Masak Sambal Terasi Tomat

7 Resep Sambal Terasi Rumahan Yang Enak Dan Sederhana

Resep Sambal Tomat Enak For Android Apk Download

Resep Cara Membuat Sambal Tomat Goreng Pedas Nikmat Dan


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambal Tomat Goreng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel