Resep Cilok Enak



Resep Cilok Enak Dan Lezat For Android Apk Download

4 Resep Cilok Asli Bandung Rahasia Supaya Empuk Kenyal Tahan Lama - Resep Masakan Indonesia Enak

Cara Membuat Aneka Resep Cilok Bandung Empuk, Kenyal, Tahan Lama Dengan Bumbu kacang dan Cilok Kuah – Kudapan ini merupakan singkatan dari aci dicolok, yaitu cemilan sederhana terbuat dari aci yang berasal dari daerah Bandung, Tasikmalaya dan sekitarnya. Biasanya disantap bersama dengan saus kacang yang diberi saus pedas, kecap ataupun kuah yang dicampur bersama dengan olahan aci tersebut. Ada juga variasi baru yang saat ini lagi hits, yaitu cilok goang dengan kuah yang lebih ringan tetapi tetap enak dan lezat. Kali ini kita akan berikan beberapa resep adonan cilok kekinian khas Bandung. Lengkah dengan rahasia cara membuat cilok yang empuk dan kenyal serta tahan lama.

Sekilas buat teman teman yang belum pernah mencicipinya, tampilan kudapan resep cilok ini memang mirip sekali dengan bakso. Bentuknya memang bulat dan besarnya sama dengan pentol bakso pada umumnya. Tetapi kalau dilihat lebih jelas, permukaan cilok ini lebih halus. Ya karena memang hanya terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka atau aci, permukannya jadi lebih halus. Berbeda dengan bakso yang memang menggunakan daging walaupun sama sama juga menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan sedikit tepung aci.

Selain tampilannya, tekstur resep cilok yang akan kita buat ini lebih kenyal. Selain karena tidak emnggunakan isi dan bahan campuran lainnya. Penggunaan tepung tapioka atau acinya memang lebih banyak dibandingkan dengan pentol bakso. Malah kekenyalan inilah yang membuat ciri khas dan keunikan yang membuat penggemar kuliner ketagihan. Apalagi kalau dicampur dengan cilok bumbu kacang atau menggunakan kuah yang pedas dan bikin ketagihan.

Rahasia Cara Membuat Cilok Supaya Kenyal dan Empuk

Banyak orang beranggapan bahwa cara membuat cilok asli Bandung ini sangan mudah dan gampang. Mungkin karena memang melihat bahwa harga cilok ini di penjual pingggir jalan memang relatif murah dan sangat terjangkau. Mungkin juga keran melihat bahan untuk membuat adonan resep cilok asli Bandung yang simpel. Padahal kalau tidak tahu rahasianya, kudapan aci yang dicocol yang kita buat nanti akan menjadi keras atau terlalu kenyal sehingga tidak nyaman saat dikunyah.

  1. Pertama adalah gunakan tepung yang baru dibuka atau yang benar benar halus sehinggga nanti tidak ada adonan yang mengumpal kecil kecil atau brindil yang membuat tidak enak.
  2. Kenyal dan empuknya tergantung pada komposisi perbandingan antara tepung terigu dan tepung acinya. Biasanya perbandingan yang pas adalah 1 : 1 atau bisa juga menggunakan perbandingan 125 gram tepung terigu dan 200 gram tepung tapioka.
  3. Untuk membuat adonannya, gunakan air yang sudah direbus sampai mendidih lalu tunggu sampai hangat.
  4. Aduk menggunakan alat seperti sendok yang terbuat dari kayu. Ingat jangan terlalu over mengaduknya ya. Cukup sampai tercampur rata saja agar tidak terlalu alot dan kenyal.
  5. Air panas yang digunakan untuk merebus bulatan adonan resep cilok nya beri sedikit minyak dan masukkan satu persatu supaya tidak menempel.
  6. Biasanya sih paling enak memang langsung dihabiskan, tetapi aneka resep cilok dibawah juga bisa disimpan lho. Sebelum digunakan kembali kukus sebenta supaya hangat dan empuk kembali.

1. Resep Cilok Bandung

Bicara mengenai kuliner sederhana atau cemilan sederhana, Bandung yang terletak di propinsi Jawa Barat ini memang gudangnya. Tempat ini sudah dikenal sebagai tempat lahirnya kudapan yang terbuat dari aci, seperti cireng Bandung, cilor, batagor, cimol dan masih banyak lainnya. Sekarang memang resep cilok Bandung sudah menyebar ke seluruh wilayan Indonesia. Tetapi kalau teman teman ingin mencicipinya bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Bahan yang dibutuhkan dan cara membuat cilok Bandung bisa dilihat di bawah ya.

cilok empuk sederhana

Bahan adonan cilok :

  • 100 g tepung tapioka atau tepung pak tani.
  • 100 g tepung terigu serbaguna.
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • 3/4 sendok kecil garam beryodium.
  • 1/2 sampai 1/4 sendok kecil kaldu bubuk kalau suka gurih.
  • 170 ml air yang sudah panas atau mendidih.
  • Merica halus sedikit aja atau seujung peres sendok kecil kalau suka.
  • Gula pasir sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih seujung peres sendok kecil.
  • 2 batang daun bawang yang sudah di rajang dan iris halus.
  • Air untuk merebus dan membuat ciloknya.

Cara membuat cilok :

  1. Pertama anda siapkan mangkuk atau wadah lalu masukkan dan campur tepung tapioka, tepung terigu, dan juga daun bawang lalu aduk rata dan sisihkan.
  2. Setelah itu campur air panas dan juga bawang putih, garam, merica bubuk, gula pasir dan kaldu bubuk kemudian didihkan sambil diaduk dan angkat.
  3. Kemudian Anda tuang rebusan air tadi sedikit sedikit ke dalam wadah pertama berisi campuran tepung dengan diaduk menggunakan sendok kayu sampai terbentuk adonan yang kalis dan juga dapat dipulung.
  4. Ingat jangan terlalu lama ya supaya adonan ciloknya tidak terlalu keras dan kekenyalannya pas.
  5. Setelah proses tersebuat anda biarkan sampai agak hangat.
  6. Ambil sedikit adonan lalu anda buat bentuk bulat. Ulangi sampai semua adonan habis.
  7. Kemudian Anda didihkan air dan tunggu sampai mendidih.
  8. Masukkan cilok tadi dan rebus sampai terapung dan juga matang.
  9. Setelah itu angkat, tiriskan dan cilok bisa sajikan bersama bumbu kacang, saus kecap dan juga bahan pelengkap lainnya.

2. Resep Cilok Empuk Kenyal

Buat yang mager atau malas gerak, resep cilok empuk dan kenyal sederhana dengan kecap ini adalah pilihan yang tepat. Walaupun hanya menggunakan kecap sebagai olesannya, olahan aci ini tetap mengudang selera. Tekstur ciloknya yang empuk dan kenyal nya juga pas. Apalagi kalau disantap saat masih hangat. Sebenarnya resep dan bahan adonan cilok yang kita berikan diatas sudah cukup empuk. Tetapi kalau ingin yang lebih empuk dan tidak terlalu suka kenyal, teman teman bisa mengurangi penggunaan tepung tapioka atau acinya. Komposisnya bisa dibuat 130 gram tepung terigu dan 70 gram tepung acinya.

3. Resep Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Dengan menggunakan kecap dan saus botolan yang pedas saja sebenarnya memang sudah cukup nikmat untuk menikmati kelezatan cemilan dari aci ini. Buat anak atau yang enggak suka pedas bisa menggunakan kecap diatas bulatan acinya. Tetapi kalau mau lebih mantap sebaiknya ditambah dengan saus kacang.

Bahan cilok saus kacang

  • Bahan utama adalah kacang tanah yang sudah digoreng atau disangrai sampai matang kurang lebih sebanyak 2 genggam tangan saja.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Daun jeruk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Buah cabai merah besar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Buah cabai rawit secukupnya sesuai tingkat pedas yang diinginkan.
  • Kacang selai buat tambahan supaya lebih legit kalau ada kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.
  • Garam dapur secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecil.
  • Kecap manis secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Saus tomat atau saos sambal secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sachet kecil.
  • Minyak dan air secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat bumbu kacang cilok

  • Pertama haluskan dan uleg atau blender kacang tanah bersama dengan cabai, bawang butih, daun jeruk, kacang selai kalau pakai dan kemiri sampai halus.
  • Siapkan wajan dan beri sedikit minyak lalu masukkan bumbu saus kacang diatas dan aduk aduk sebentar sampai rata.
  • Tuang air secukupnya sesuai kekentalan lalu aduk sampai rata dan masak sampai mendidih.
  • Masukkan garam, gula, kecap dan sausnya lalu aduk kembali sampai mendidih.
  • Tes rasa kalau sudah siap bisa langsung digunakan untuk mengguyur cilok yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Resep Cilok Kuah Lezat

Selain menggunakan bumbu kacang, aneka resep cilok yang kita buat tadi pas juga dinikmati bersama dengan kuah. Apalagi kalau kuah cilok yang kita buat tadi rasanya pedas dan gurih. Kombinasi aci yang dikukus bersama dengan kuah cilok yang pedas pasti mantap rasanya. Di resep kuah ini kita akan menambahkan 1 butir telur sehingga lebih nendang rasanya. Bahan bumbu dan cara membuat cilok kuah nya bisa dilihat dibawah ya.

cilok kuah spesial

Bahan :

  • Bawang putih ukuran sedang besar yang sudah diuleg sampai halus kurang lebih sebanyak 1 pcs.
  • Buah cabai rawit secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 7 buah.
  • Telur ayam yang sudah dikocok lepas 1 pcs saja.
  • Kaldu bubuk instan rasa ayam atau daging secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 bungkus saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Lada halus sedikit saja sesuai selera.
  • Air matang secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/4 liter.
  • Minyak goreng sedikit saja.

Cara membuat kuah cilok

  1. Pertama siapkan wajan kemudian beri minyak sedikit saja.
  2. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas lalu aduk aduk atau orak arik.
  3. Masukkan cabai rawit dan bawang putih kemudian aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  4. Tuang air bersih kurang lebih sebanyak 1/4 liter lalu aduk sampai tercampur rata.
  5. Masukkan cilok yang sudah dibuat dan tambahkan garam dapur, lada dan kaldu intannya lalu aduk aduk sampai mendidih.
  6. Tes rasa dan kalau sudah pas masak sebentar supaya agak meresap lalu siap untuk disajikan.

Sekian hari ini aneka resep cara membuat cilok Bandung yang empuk dan kenyal dari kami. Semoga dengan sedikit bantuan kami anda bisa selalu membuat kuliner berupa cemilan dan kudpaan sederhana yang anda sukai. Jangan sungkan juga untuk share pengalaman anda memasak bersama kami, atau jika anda mempunyai resep baru bisa kirimkan ke kami melalui kontak yang ada. Untuk ide cemilan sederhana khas Indonesia lainnya, silahkan mencoba resep tahu walik, resep seblak ceker, martabak telur mini, bakwan sayur atau cara membuat telur gulung yang tidak kalah nikmatnya.

Gallery Resep Cilok Enak

Cara Membuat Sambal Cilok Enak Resep Kuliner Cookpad

Resep Dan Cara Membuat Cilok Enak Lezat Dan Kenyal

Resep Membuat Cilok Khas Dan Enak Palapa News

Resep Cilok Beranak Enak Dan Unik Ini Pasti Diserbu Keluarga

Resep Cilok Isi Bumbu Kacang Yang Kenyal Dan Empuk Food

Resep Cilok Tanpa Daging Oleh Rica Rahmania Cookpad

Resep Cilok Enak Empuk Kenyal Tanpa Msg Oleh Intanrony

Resep Membuat Cilok Saus Kacang Yang Kenyal Dan Enak Asli

Aneka Resep Cilok Apps Bei Google Play

Resep Antigagal Membuat Cilok Yang Enak Mudah Kok Bun

Resep Cilok Enak Ala Rumahan Oleh Sitikhadijahlubis Cookpad

5 Cara Membuat Cilok Bandung Yang Simpel Dan Anti Gagal

Resep Cilok Enak Resep Nusantara Apps On Google Play

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Bandung Yang Paling Gampang

Resep Membuat Cilok Tanpa Daging Dengan Cara Yang Praktis

6 Kreasi Resep Dan Cara Membuat Cilok Rumahan Gurih

Resep Cara Membuat Cilok Enak Kenyal Empuk

Resep Cilok Enak Sederhana Oleh Malicha Setiani Cookpad

Resep Cilok Enak Delicious Cilok Recipe Youtube Asian

Resep Dan Cara Membuat Cilok Berkuah Yang Super Enak Dan

Cara Membuat Cilok Enak Archives Whiskerino

Resep Cilok Tanpa Daging Dijamin Enak Byrere Oleh Mareita

Resep Cilok Bumbu Kacang Yang Lezatnya Mantul Mudah Dan

Resep Cilok Bandung 1 0 Apk Download Com Lauradev

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Dan Cilok Goreng Enak

Resep Cara Membuat Cilok Sederhana Dan Enak Khas Bandung

Resep Cilok Super Istimewa Bikin Kamu Ketagihan


Belum ada Komentar untuk "Resep Cilok Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel