Resep Aneka Kolak



6 Resep Aneka Es Kolak Spesial Bahan Mudah Aneka Minuman

Resep cara membuat kolak pisang campur ubi nikmat

Kolak pisang menjadi menu utama saat berbuka puasa. Bagaimana cara membuat kolak pisang yang enak dan nikmat. Resep kolak pisang biasanya di campur dengan ubi jalar, kolang kaling, nangka, singkong, dan lainnya. Namun saat membuatnya ternyata banyak keluhan karena kurang enak. Banyak penyebab mengapa rasa kolak pisang kurang nikmat. Dengan mengikuti petunjuk singkat cara membuat kolak pisang berikut maka rasa kolak bunda pastinya lebih enak dan nikmat. Yuk pelajari lebih lanjut.

Ada beberapa mengapa resep kolak pisang bunda kurang nikmat dan tidak sesuai yang diharapkan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh bahan bahan kolak yang bunda gunakan berkualitas jelek atau ada cacat di sana sini, sehingga pada akhirnya berpengaruh pada rasa kolak pisang bunda. Bahan bahan penting dalam membuat kolak seperti pisang, ubi jalar, kolang kaling, tape singkong, dan lainnya sebaiknya tetap menggunakan kualitas terbaik. Berikut cara memilih bahan bahan untuk kolak.

Cara memilih pisang untuk bahan kolak

Ada beberapa jenis pisang yang sangat baik untuk membuat campuran kolak. Diantara banyak jenis dan varian pisang sebenarnya ada beberapa saja yang bisa untuk kolak, seperti pisang pisang kepok kuning, pisang tanduk, pisang uli, dan pisang raja. Namun ada satu jenis pisang saja yang paling bagus hasilnya untuk kolak yakni pisang kepok kuning sebab teksturnya bagus dan tidak luntur saat direbus.

Selain pisang kepok kuning, bunda bisa juga menggunakan pisang tanduk atau pisang uli. Namun untuk pisang raja sebaiknya bunda tidak gunakan. Meskipun pisang raja sering digunakan untuk campuran kolak, namun jenis pisang ini getahnya mudah luntur saat direbus sehingga hasilnya kuah kolak akan berwarna biru gelap dan rasa kuahnya jadi kurang enak.

Hal lainnya adalah pilihlah pisang yang benar benar matang pohon, sehingga saat dibuat kolak rasanya nikmat dan manis. Jika matang karena diperam maka hasilnya agak sedikit asam. Dan tentunya kurang enak rasanya. Pisang yang benar benar matang pohon ditandai dengan warnanya yang bagus dan menarik ada sedikit hijau kekuningan, disamping itu tidak warna kulit menghitam sedikitpun.

Cara memilih ubi jalar untuk bahan kolak

Ubi jalar sangat cocok untuk dibuat campuran kolak pisang. Namun demikian tetap membutuhkan kualitas ubi jalar yang bagus, jika bunda sembarangan memilih ubi jalar, maka kemungkinan rasanya tidak enak dan cenderung pahit. Ubi jalar kualitas bagus ditandai dengan warna ( putih / ungu / kuning >> tergantung jenisnya ) jika dibelah. hindari ubi jalar yang mulai ditumbui tunas baru karena ubi tersebut terlalu lama di simpan.

Cara membuat kolak pisang sebenarnya cukup sederhana dan terbilang sangat gampang, justru yang paling penting adalah memilih bahan bahan pembuat kolak itu sendiri. Karena bunda membuat kolak untuk keluarga tercinta, maka ya sebaiknya menggunakan bahan bahan kualitas paling bagus tentunya, sehingga hasilnya lebih mantap dan pasti uenak.

Santan kelapa mempunyai peran sangat penting dalam membuat kolak, saya sarankan gunakan santan kelapa asli bukan bikinan pabrik. pilih kelapa tua dan buat santannya sendiri. Gunakan gula pasir dan jangan tambah pemanis apapun. Meskipun bisa juga dengan gula merah, namun sebaiknya gula pasir saja lebih bersih. Pewarna makanan tidak dibutuhkan untuk membuat kolak pisang jadi jangan bereksperimen dengan pewarna yang hanya mengejar tampilan saja.

Saya rasa semua keterangan tambahan cara membuat kolak pisang sudah cukup, maka sekarang yuk mulai mempersiapkan bahan bahannya.

Resep kolak pisang

Bahan bahan

  • Pisang kepok kuning : ± 5 buah.
  • Ubi : 2 hingga 3 ukuran sedang.
  • Nangka : 2 hingga 3 biji ( sesuai selera ).
  • Santan kental : 400 ml.
  • Gula pasir : 100 gram.
  • Gula merah : 150 gram.
  • Daun pandan : 2 hingga 3 lembar.
  • Air bersih : ± 1/2 liter.
  • Garam : ujung sendok teh.

Cara membuat kolak pisang campur ubi

  • Potong pisang kepok dengan bentuk nyerong dengan tebal sekitar 2 cm. Sementara ubi rambatnya potong bentuk dadu ukuran sekitar 2 cm. Untuk memudahkan supaya cepat maka gula merah ada baiknya sisir tipis dahulu. Demikian juga dengan daun pandan potong potong sekitar 3 cm. Setelah semua bahan telah dipersiapkan dengan baik yuk mulai membuat kolak pisang campur ubi.
  • Hal pertama yang bunda lakukan adalah merebus air sekitar 1/2 hingga 1 liter. banyaknya air ini sebenarnya tergantung dari kebutuhan bunda aja dan sesuaikan dengan banyaknya gula yang bunda pakai ya.
  • Setelah air mendidih masukkan gula merah dan gula pasir.
  • Kemudian masukkan juga potongan daun pandan dan sedikit garam. Ingat bunda garam di sini untuk penyempurnaan rasa saja.
  • Setelah semua gula larut, sekarang giliran ubi bunda masukkan dan tutup pancinya. Tunggu hingga ubinya masak dan empuk ya bunda.
  • Selanjutnya masukkan pisang dan setelah sekitar 5 menit masukkan juga santan kentalnya sambil aduk pelan pelan supaya santan tidak pecah.
  • Masukkan mangkok dan hidangkan untuk seluruh keluarga.

Demikian resep kolak pisang campur ubi jalar. bagaimana bunda sangat mudah bukan cara membuat kolak pisang. Kolak pisang biasanya bisa di campur dengan kolang kaling, nangka, kolang kaling, singkong, dan lainnya. Yang penting cari bahannya yang berkualitas bagus supaya hasilnya lebih enak dan mantap. Demikian bunda semoga bermanfaat. Sebagai tambahan menu berbuka bunda dapat mencoba kue donat, baca juga cara membuat donat empuk dan enak.

Gallery Resep Aneka Kolak

Resep Kolak Pisang Enak Buat Menu Takjil Nyontek Saja Di 7

Bosan Dengan Rasa Kolak Pisang Yang Itu Itu Saja Yuk Buat

8 Resep Aneka Macam Kolak Buat Buka Puasa Manis Dan Enak

Resep Kolak Singkong Campur Pisang Dapurmamake Com

Santan Untuk Membuat Kolak Singkong Gula Merah Resep

Aneka Kolak Inforesep Com

Aneka Resep Kolak Resep Masakan Kue Minuman Terbaru

Buku Resep Aneka Kolak Spesial

Menu Buka Puasa Beberapa Jenis Kolak Lengkap Dengan Resepnya

5 Resep Aneka Kolak Segar Berbahan Dasar Ketan Aneka Minuman

Aneka Resep Kolak Android Uygulamalar Appagg

Resep Kolak Labu Kuning Dengan Pisang Tanduk

4 Cara Membuat Resep Kolak Pisang Spesial Enak

222 Resep Aneka Kolak Mutiara Enak Dan Sederhana Cookpad

5 Resep Cara Membuat Kolak Untuk Buka Puasa Lengkap

Resep Kolak Ketan Pisang

8 Aneka Resep Kolak Pisang Enak Legit Tak Biasa

Resep Aneka Kolak Yang Enak Juna

Resepkolakspesial Hash Tags Deskgram

Resep Aneka Kolak Spesial

Kolak Menu Andalan Untuk Resep Berbuka Puasa

Resep Praktis Kolak Nangka Legit Dan Segar Lifestyle

6 Resep Variasi Kolak Lezat Untuk Berbuka Puasa Lifestyle

Kolak Bubur Manis 33 Resep Step By Step

3 Resep Kolak Sehat Tanpa Santan Untuk Berbuka Puasa Halaman

6 Resep Variasi Kolak Lezat Untuk Berbuka Puasa Lifestyle


Belum ada Komentar untuk "Resep Aneka Kolak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel