Resep Cenil Nutrijel



Cara Membuat Cenil Jajanan Pasar Yang Legendaris

Cara Membuat Cenil Bihun yang Lezat dan Mudah

Olahan ini telah ada sejak dulu dan olahan ini banyak di minati orang dan pernahkah terbesit dipikiran anda untuk membuat lahan ini dirumah.

</div> </li>

” data-sort-url=”/id/recipes/7263534-%F0%9F%8D%A5cenil-bihun-nanas%F0%9F%8D%A5/ingredients/sort”>

  • 350 gram Bihun jagung(direbus matang)

  • 150 gram Tepung kanji/tapioka/sagu

  • 1 bungkus Agar-agar putih(boleh pakai boleh enggak)

  • Kelapa muda parut yang diberi sedikit garam lalu dikukus

Langkah Membuat Cenil Bihun Nanas :

  1.  Rebus/ rendam bihun jagung. Kalau bisa jangan terlalu matang bihunnya. Tujuannya agar nanti waktu kena jus nanas air nanasnya bisa meresap ke dalam bihun tersebut.
  2. Kemudian anda bisa lanjut untuk blender nasnas, gula, agar agar danair. Masukkan kedalam bihun yang sudah ditiriskan dan masih dalam kondisi yang panas aduk hingga semua tercampur secara merata.
  3. Lanjut dengan masukkan tepung kanji/maizena dan vanili. Aduk hingga merata bisa menggunakan tangan. Usahakan sempai benar benar rata supaya tepungnya tidak rnggumpal.
  4. Jika ingin diberi warna yang berbedda anda bisa membagi adonan tersebut menjadi sejumlah warna yang ingin anda buat.
  5. Lalu anda bisa siapkan loyang atau cetakan. Masukkan bihun yang sudah diwarnai masukkan bihun sesuai dengan gradasi warna yang anda inginkan. Setelah itu anda bisa kukus selama kurang lebih selama 30-45 menit. Kalau sudah anda bisa potong kecil seperti cenil pada umumnya. dan beri parutan kelapa di atas enil atau bisa juga anda campur. (sesuai dengan selera anda)

2. Resep Membuat Cenil Bihun

Bahan yang Diperlukan :

  • Bihun jagung 1 bungkus besar
  • pati kanji 1/2 kg
  • gula pasir 1 kg
  • air4 gelas
  • nutrijel 3 bungkus
  • kelapa 1 butir

Langkah untuk Membuat Cenil Bihun :

  1.  Anda bisa mulai dengan merebus bihun sampai bihun bertekstur lemas, kemudian anda bisa angkat dan tiriskan.
  2. Campurhkan pati kanji, 4 gelas air dan gula pasir. Aduk hingga merata dan pastikan jangan ada gumpalan pati kanji.
  3. Kemudian anda bisa membagi adonan tersebut menjadi 3 bagian (masing masing) nutrijrl ditambah degan sedikit garam.
  4. Nah yang selatnjutnya anda bisa parut buah kelapa
  5. Dan yang terakhir adalah kukus semua bahan mulai dari bihu itu sendiri dan parutan kelapa pula.
  6. Saran penyajian bisa anda potong cenil nya lalu anda taburi atau lumuri dengan parutan kelapa (sesuai keinginan anda) dan cenil bihun siap untuk dihidangkan.

Nah itu tadisedikit pemaparan mengenai cara membuat cenil bihun yang bisa anda coba membuatnya dirumah. Kali ini selain membahas engenai cara membuatnya kita juga akan membahas mengenai manfaat mengkonsumsi cenil bihun bagi kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Diantaranya :

1. Melancarkan pencernaan

Tepung tapioka yang ada pada cenil memiliki kandungan pati resisten yang memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan serat yaitu membantu melancarkan sistem pencernaan.

Pati resisten ini juga membantu berkembangnya berbagai jenis bakteri baik yang berada di dalam usus dan membasmi bakteri jahat sehingga pencernaan terbebas dari peradangan.

2. Mencegah Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar diakibatkan oleh tidak lancarnya proses pencernaan yang ada di dalam tubuh sehingga menyebabkan pergerakan feses menjadi lambat dan feses pun mengeras.

Agar tidak terkena sembelit kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat atau mengandung pati resisten seperti yang dimiliki oleh olahan cenil tersebut.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dengan mengkonsumsi cenil juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi penderita penyakit diabetes yang harus selalu manjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil.

Namun bukan berarti penderita diabetes boleh mengkonsumsi cenil sesuka hati. Karena kandungan karbohidrat yang terbilang tinggi pada cenil juga tidak baik bagi penderita penyakit diabetes. Selain itu juga harus diperhatikan kadar gula yang ada pada olahan cenil agar jangan terlalu berlebihan.

4. Membantu Program Diet

Salah satu tantangan utama dalam menjalankan program diet adalah mengatur pola makan dan jenis makanan yang dimakan agar tidak berlebihan. Salah satu jenis makanan yang sering menjadi pilihan dalam program diet adalah makanan-makanan kaya akan kanfungan serat yang berfungsi membuat kenyang.

Kandungan pati resisten yang terdapat pada cenil dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Meskipun demikian cenil tidak dapat dijadikan sebagai makanan utama, harus tetap dilengkapi dengan sumber-sumber gizi dan serat dari makanan lain karena kandungan gizi pada cenil terbilang cukup rendah.

5. Membantu Menambah Berat Badan

Tidak semua orang menginginkan tubuh yang kurus dan langsing. Di dunia ini justru ada orang-orang yang ingin menambah berat badan karena dianggap memiliki posturtubuh yang terlalu kurus.

Manfaat ini juga bisa diproleh dari mengkonsumsi olahan cenil. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada cenil dapat membantu menambah berat badan sehingga badan akan terlihan lebih berisi dari pada sebelumnya.

6. Baik untuk Penderita Penyakit Jantung, Stroke, dan Hipertensi

Ketiga penyakit di atas membatasi penderitanya untuk mengkonsumsi natrium yang berlebihan. Seperti yang kita ketahui kandungan tepung tapioka yang terkandung pada cenil mengandung natrium yang rendah sehingga cenil aman untuk dikonsumsi oleh penderita ketiga jenis penyakit di atas.

7. Mencegah Osteoporosis

Meskipun terbilang tidak banyak namun kandungan zat besi yang terdapat pada cenil juga dapat menambah pasokan kalsium di dalam tubuh. Sambil jajan kebutuhan kalsium pun terpenuhi dengan baik pula.

Hal ini turut membantu untuk mencegah terjadinya peristiwa osteoporosis atau pengeroposan tulang karena berkurangnya kepadatan tulang pada tubuh. Terutama sekali pada orang lanjut usia yang sangat rentan mengalami osteoporosis tersebut.

8. Membentuk Otot Tubuh

Mengkonsumsi cenil juga dapat membantu mengembangkan otot sehingga otot tampak lebih berbentuk, berisi, dan kuat dibanding dari sebelumnya. Hal ini didukung oleh kandungan protein yang terdapat di dalam olahan cenil.

Jadi bagi anda yang sedang latihan intensif dan berniatan untuk membentuk otot tubuh tidak ada salahnya mengkonsumsi jajanan ini dalam kadar tertentu.

9. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Seperti kadar gula dalam darah, tekanan darah dalam tubuh juga harus dijaga agar tetap normal. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh.

Bukan hanya sebagai jajanan pasar yang enak dan menarik ternyata cenil juga berfungsi membantu menjaga kestabilan tekanan darah dari situ dapat dijadikan camilan yang sehat bagi keluarga.

10. Mencegah Anemia

Tepung tapioka sebagai bahan utama untuk membuatan olahan cenil mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya untuk mencegah penyakit anemia, yaitu kondisi dimana darah kekurangan sel darah merah.

Anemia dapat membuat penderitanya sering merasa pusing, pucat, tidak nafsu makan, nafas pendek, serta mudah merasa lelah.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai beberapa mancam cara membuat cenil bihun yang bisa anda coba di rumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat mengkonsumsi cenil bihun. Bagi anda yang ingin mencoba semoga berhasil dan yang jelas kenyangnya.

Untuk anda yang gemar mencoba membuat atau mencoba beragai macam resep saya punya sedikit reverensi untuk anda coba di rumah Makanan dari Jagung Rebus

Gallery Resep Cenil Nutrijel

Resep Cenil Singkong Ongol Singkong Dari Eichan Meili

Resep Cenil Dan Cara Membuat Bacaresepdulu Com Indo

Resep Cenil Dengan Saus Kinca Gula Jawa Saus Resep

Resep Cenil Singkong Rainbow

Resep Dan Cara Membuat Cenil Mudah

Resep Cenil Nutrijel Oleh Romlah Cookpad

Nutrijell

Resep Es Campur For Android Apk Download

Talam Abon

32 Resep Cenil Nutrijel Rasa

Cara Membuat Cenil Jajanan Pasar Yang Legendaris

Resep Cenil Singkong Kiriman Dari Samy Resep Mudah Masakan

Resep Cenil Bihun Manis Praktis Hanya Butuh 30 Menit Untuk

Membuat Kue Cenil Singkong Enak Mudah Resep Simple

32 Resep Cenil Nutrijel Rasa

Resep Cenil Nutrijel Oleh Romlah Cookpad

4 Resep Cenil Nutrijel Enak Dan Sederhana Cookpad

Cara Membuat Cenil Nutrijell Youtube

Njr Collection September 2014

32 Resep Cenil Nutrijel Rasa

30 Resep Cenil Kanji Rasa Buah Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Cara Membuat Cenil Sederhana Praktis Mudah

Resep Cenil Singkong Ongol Ongol Singkong By Nafiz Habibi


Belum ada Komentar untuk "Resep Cenil Nutrijel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel