Resep Makanan Kering Tahan Lama



13 Oleh Oleh Khas Medan Tahan Lama Dan Harga Murah Resep

7 Lauk Kering Untuk Persediaan Selama Bulan Puasa

Penulis: Ninna L. | Editor: Ria

Salah satu kebingungan terbesar saya saat bulan puasa adalah saat menyiapkan menu sahur dan berbuka. Kadang saya tak punya cukup banyak waktu untuk memasak. Apalagi saat sahur, saya sering terlambat bangun. Padahal sebisa mungkin saya tak melewatkan makan sahur, supaya badan tetap semangat untuk seharian beraktifitas. Maka dari itu, saya selalu menyiapkan beberapa jenis makanan kering dan tahan lama yang bisa langsung disantap. Untuk jaga-jaga jika saya tak sempat memasak.

Ini dia beberapa makanan kering yang bisa anda jadikan stok saat bulan puasa:

1. Kering tempe

Kering tempe adalah salah satu masakan yang sangat populer di Indonesia. Bahan yang murah dan mudah didapat serta rasa yang manis-gurih dengan tekstur renyah membuat kering tempe menjadi favorit banyak orang. Karena sifatnya yang tahan lama, anda bisa menyimpan kering tempe sebagai stok makanan untuk bulan puasa. Pastikan menyimpan kering tempe yang sudah benar-benar dingin di dalam toples kedap udara agar lebih awet.

Coba Resep : Kering Tempe

2. Kering kacang teri

Sebenarnya kering kacang teri ini bumbunya hampir sama dengan kering tempe, hanya saja penggunaan bahannya yang berbeda. Perpaduan gurihnya kacang tanah, renyahnya teri, dan bumbu pedas dijamin membuat anda ketagihan. Kabar baiknya, kering kacang teri juga bisa dijadikan stok makanan saat puasa karena tahan lama. Anda bisa membuat kering kacang teri sekaligus dan menyimpannya di dalam wadah kedap udara.

Coba Resep : Kering Kacang Teri

3. Teri goreng kering

Teri goreng kering ini terbuat dari teri medan yang digoreng dengan baluran tepung beras dan tepung terigu. Rasanya enak deh. Renyah dan gurih. Cocok sebagai teman makan dan oke juga dijadikan camilan. Dan yang pasti, teri goreng kering ini bisa tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara yang dialasi tisu. Ingat ya, masukkan teri ke dalam toples jika sudah benar-benar dingin agar lebih awet.

4. Abon

Abon merupakan makanan yang terbuat dari serat daging. Rasanya yang gurih dan asin-manis membuat abon sangat nikmat walau hanya dinikmati bersama nasi putih hangat. Jika selama ini hanya mengonsumsi abon sapi, anda juga bisa coba aneka abon lainnya seperti abon ayam, kambing, ikan, jamur, sampai abon jantung pisang dan nangka agar tidak bosan.

Coba Resep : Abon Sapi

5. Aneka keripik

Keripik memang salah satu makanan kering yang disukai banyak orang. Entah itu sebagai camilan atau teman makan. Saat bulan puasa, anda bisa menyetok lebih banyak keripik yang bersifat lauk, karena terbuat dari sumber protein seperti keripik paru, keripik tempe, keripik tahu, keripik ceker, dan keripik belut. Rasa keripik yang gurih dan renyah sangat cocok dijadikan teman nasi hangat.

6. Sambal rebon pedas

Masyarakat Indonesia memang sulit lepas dari sambal, sekalipun saat puasa. Salah satu sambal yang cocok adalah sambal rebon pedas yang terbuat dari tumisan udang rebon kering, bawang merah, bawang putih, cabe merah, terasi, dan garam. Meskipun namanya sambel, tapi sambel ini lebih bersifat sebagai lauk, karena takaran rebonnya lebih banyak dibanding bumbu sambal. Apalagi sambel ini sifatnya kering dan tak berminyak. Tak hanya nikmat, sambal ini juga bisa tahan lama selama disimpan di wadah kedap udara. Meski begitu, batasi porsi sambelnya ya agar tidak sakit perut.

7. Dendeng

Dendeng merupakan olahan daging sapi yang disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan gurih. Di pasaran, anda bisa menemukan 2 jenis dendeng, yaitu dendeng basah dan kering. Dendeng basah memiliki potongan yang lebih tebal dan jika digoreng menghasilkan tekstur yang renyah di luar tapi lembut di dalam. Sedangkan dendeng kering irisannya lebih tipis sehingga teksturnya renyah dan garing. Anda bisa menyimpan dendeng sebagai stok selama bulan puasa karena sifatnya yang tahan lama.

Coba Resep : Dendeng Lambok

(Image: Lazada)

Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada DISKON). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang hobi masak.

Nah, dengan menyimpan stok makanan kering saat bulan puasa, sekarang anda tak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu bangun terlambat dan tak sempat memasak. Anda dan keluarga tetap bisa makan sahur dengan lauk enak.

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Makanan Kering Tahan Lama

Layak Dicoba Sendiri 7 Resep Kue Basah Ini Gampang Dibuat

Resep Kering Tempe Pedas Manis Tahan Lama Ala Anak Kos

Resep Bumbu Pecel Madiun Versi Kering Lebih Tahan Lama

Pin Oleh Aneka Resep Masakan Online Di Resep Masakan Manado

Kering Kentang Mustofa By Melany Sam S Adalah Rese Olahan

Resep Bawang Goreng Renyah Tahan Lama Yang Mudah Anda Buat

5 Resep Lauk Kering Yang Bisa Awet Berbulan Bulan Cocok

6 Rahasia Agar Kue Kering Tahan Lama Dan Bebas Jamur

Resep Mudah Kentang Mustofa Makanan Wajib Ada Buat Anak

1 760 Resep Kue Tahan Lama Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Pastel Renyah Tahan Lama Oleh Dapuratu Cookpad

6 Resep Lauk Kering Awet Dan Tahan Lama Cocok Untuk

4 Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Dan Crispy Tahan Lama

5 Resep Lauk Kering Yang Bisa Awet Berbulan Bulan Cocok

6 Resep Lauk Kering Awet Dan Tahan Lama Cocok Untuk

Usaha Sampingan Jualan Lauk Dalam Kemasan Saat Bulan Ramadhan

Resep Masakan Nailaku Resep Kue Kering Rasa Buah

Resep Makanan Kering Yang Tahan Lama Untuk Anak Kos

Jual Buku Kering Kentang Lauk Praktis Tahan Lama Oleh

6 Rahasia Agar Kue Kering Tahan Lama Dan Bebas Jamur

Resep Keciput Wijen Drketan Hasil Renyah Kres Tahan Lama

Resep Sambal Goreng Kering Teri Kacang

Jual Buku Resep Makanan Lauk Kering Tahan Lama Simpan Bisnis Kuliner Jakarta Barat Inspiringshop Tokopedia

7 Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tahan Lama Dan


Belum ada Komentar untuk "Resep Makanan Kering Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel