Resep Kue Jajanan Pasar



Resep Kue Lapis Tepung Beras Falony

Kangen Jajanan Pasar? Ini 30 Aneka Kue Basah Tradisional Indonesia yang Bisa Kamu Coba Sebelum Benar-benar Punah!

kompasiana.com

Gulalives.co – Kue basah merupakan makanan kecil yang bisa dijadikan alternatif camilan. Biasa disantap di pagi atau sore hari. Kue basah mempunyai tekstur yang empuk, lembut, namun cenderung tidak tahan lama (hanya tahan beberapa hari). Biasanya terbuat dari tepung terigu, sagu, gula, bahkan ada yang berbahan santan atau ketan. Dan, kue yang termasuk dalam kategori kue basah di antaranya: martabak manis, lemper, lumpia, pastel, kue sus, panekuk, kue lapis, lapis legit, kue cucur, bakpia, kue mangkok, mochi, kue pukis, bika ambon, donat, bolu, kue serabi, risol dan lain sebagainya. Kali ini kami akan membicarakan kue tradisional apa saja sih yang mempunya rasa lezat dan ngangenin? Ini dia:

1. Kue Talam

pinterest.com

Kue talam adalah salah satu jenis makanan camilan tradisional Indonesia jadi mudah ditemukan di mana-mana di semua daerah Indonesia. Di bulan puasa, kue talam merupakan salah satu menu buka puasa yang cukup populer. Kue talam umumnya dibuat dengan bahan baku tepung-tepungan seperti tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu atau tepung sagu. Tepung-tepung ini termasuk dalam kategori karbohidrat sederhana yang memilki nilai indeks glikemik yang tinggi.

2. Bika Ambon

pegipegi.com

Walaupun menyandang nama Ambon, cake yang satu ini tidak berasal dari satu diantara provinsi di bagian timur Indonesia, namun justru dari ibukota Sumatera Utara yakni Medan. Konon, pada mulanya satu diantara toko yang pertama kalinya menjual cake ini terdapat di Jalan Ambon, Kota Medan. Dari situlah nama kue berwarna kuning ini berasal. Sampai sekarang, bika ambon sudah jadi oleh-oleh ciri khas dari kota Medan.

3. Klepon

minumkopi.com

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

4. Bolu Pandan

vebma.com

Bolu pandan adalah satu diantara jenis bolu yang paling gampang di buat. Hampir tidak diperlukan ketrampilan khusus untuk membuat cake yang satu ini. Bolu pandan memang kue bolu yang berasal dari tanah Melayu (Singapura, Indonesia, Malaysia) yang diberi rasa dengan perasan daun Pandan. Makanan ini terkenal di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Laos, Thailand, Hong Kong, hingga China.

5. Lemper

resepkoki.co

Lemper kue basah ini mungkin sudah sangat populer seantero Indonesia, dan kadang jadi makanan ringan yang seringkali dihidangkan saat Anda sedang dalam acara-acara tertentu entah itu rapat, seminar maupun acara yang lainnya. Meskipun Lemper terbuat dari beras ketan tetapi dengan memiliki bentuk yang sengaja dibuat kecil-kecil hingga dapat disantap kapanpun tanpa perlu takut merasa kenyang. Lemper yang sudah matang umumnya senantiasa dibungkus dengan memakai daun pisang yang masih fresh serta diberi isian abon, ayam suwir maupun daging, rasanya juga lezat dang banyak digemari banyak orang.

6. Getuk

ummi-online.com

Getuk adalah jajanan tradisional yang datang dari daerah Jawa Tengah. Ada getuk goreng ada juga getuk kukus biasa yang tidak digoreng. Getuk pada resep yang diberikan kali ini yaitu getuk yang di kukus, dapat disebut getuk yang dikukus lebih sehat ya dari pada getuk yang di goreng lantaran tidak ada tambahan minyaknya. Getuk kukus yang lembut ini terbuat dari singkong yang dikukus lalu kemudian dihaluskan serta di beri tambahan bahan seperti santan kental, mentega serta sedikit gula pasir supaya rasanya jadi manis, rasanya lezat dan gampang di konsumsi lantaran teksturnya yang lembut.

7. Awuk-Awuk

rasasayange.co.id

Awuk-awuk yaitu jajanan basah tradisional Indonesia yang mempunyai rasa manis, legit dan sedikit gurih. Awuk-awuk ini dibuat dengan memakai tepung ketan serta gula pasir. Kelapa tua yang di parut dicampurkan dengan tepung ketan serta beberapa bahan yang lainnya, setelah tercampur semua adonan dikukus sampai matang. Kelapa parut ini menjadikan awuk mempunyai tekstur sedikit kasar saat di kunyah.

8. Kue Ape Pandan

menuresepkue.com

Penggemar kuliner tentu sudah tidak asing lagi dengan kue bulat berwarna hijau, yang seringkali dijajakan di gerobak tepi jalan ini, Resep Kue Ape Pandan. Kue Ape dimasak memakai kuali mini yang membuatnya tebal di tengah serta pinggiran yang renyah. Rasanya manis legit serta harganya murah, membuat kue ini disukai beragam kelompok usia, dari mulai anak-anak sampai dewasa. Sayangnya, kue ini cukup rapuh hingga tidak banyak dijual di toko-toko kue sehingga hanya dijual oleh penjual khusus.

9. Lumpur Pisang

mooms.club

Ada beberapa varian Kue Lumpur yang sudah banyak di kenal dikalangan masyarakat kita, diantaranya ada Kue lumpur kentang, kue lumpur kismis dan kue lumpur pisang. Kue ini dinamakan kue lumpur mungkin saja karena tekstur atasnya yang licin seperti lumpur, hehehehe. Lumpur Pisang dibuat hanya dengan memakai beberapa bahan seperti tepung terigu, telur, santan dan tidak lupa bahan pengembang serta pewanginya (vanili). Kue Lumpur Pisang dengan rasa yang manis serta tekstur yang sangat lembut menjadikan jajanan ini pas untuk di jadikan camilan.

10. Pukis

resepkuemu.com

Anda pencinta kue jajanan tradisional tentu pernah rasakan lezatnya Kue Pukis. Pukis banyak dijual di gerobak sederhana atau di pasar-pasar tradisional. Biasanya kue pukis ini berwarna kekuningan serta diberi taburan/topping sesuai selera, seperti coklat meises, keju, susu kental manis, dan sebagainya, serta sangat lezat dihidangkan hangat-hangat. Kue yang dibuat dari karbohidrat (terigu/kentang) yang memiliki tekstur seperti roti lembut ini jadi kesukaan berbagai kelompok usia, menyesuaikan dengan berbagai selera.

11. Serabi Kinca

beautynesia.id

Untuk anda yang asli orang Bandung Jawa Barat mungkin sudah tidak asing dengan jajanan pasar yang satu ini. Ya, serabi kinca, semacam makanan ringan serabi tetapi berwarna hijau muda lantaran di beri pewarna hijau serta wangi daun pandan. Yang membedakan serabi kinca dengan serabi umum yaitu rasanya yang relatif lebih manis serta umumnya tidak di beri toping apa-apa diatasnya, lantaran sudah disiapkan saus gula merah sebagai pendampingnya.

12. Lupis Segitiga

kulinersehat.com

Saat jalan-jalan ke kota Lumajang beberapa waktu lalu, saya menemukan satu jajanan tradisional yang cukup unik. Teksturnya yang lembut, dan kenyal serta bercitarasa manis, kue lupis namanya. Nyatanya makanan yang satu ini cukup populer di sana. Dan tidak sedikit tempat yang menjual lupis, bahkan juga ada beberapa penjual yang menjajakannya dengan cara berkeliling-keliling kota. Namun anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lumajang untuk dapat mencicipi makanan yang satu ini.

13. Dadar Gulung

katalogkuliner.com

Untuk yang suka pada jajanan basah yang mempunyai rasa gurih serta manis kue Dadar Gulung ini bisa jadi pilihannya, lho. Dadar Gulung, mempunyai kulit yang tidak terlalu tebal serta cara membuat kulitnya sendiri mirip seperti membuat adonan telur dadar, setelah adonan dadar nya jadi Anda perlu mengisinya dengan kelapa parut yang sudah diolah dengan kombinasi gula merah. Kue Dadar Gulung ini berbentuk seperti lumpia tetapi dengan rasa dan isi yang berbeda pastinya.

14. Carabikang Mawar

falony.com

Satu diantara kue basah tradisional nusantara yang masih tetap popular sampai saat ini yaitu carabikang. Kue berupa mangkuk yang merekah seperti mawar ini dihidangkan dengan beragam rasa serta warna, dari mulai pandan, cokelat, moka, dan sebagainya sesuai selera. Anda bisa mendapatkan carabikang beragam rasa ini di pasar-pasar tradisional, atau toko kue, atau outlet-outlet yang berada di pusat perbelanjaan di kota tempat tinggal anda.

15. Kue Putu Aren Bambu

pontianakpost.co.id

Semasa anda kecil mungkin sudah mengenal putu aren, kue basah tradisional yang berwarna hijau, rasanya adalah kombinasi manis-gurih serta diisi aren yang meleleh di dalam mulut. Putu aren bambu, seperti namanya, mempunyai kekhasan, yakni dicetak dengan memakai batang bambu yang dipotong-potong. Hasilnya yaitu kue yang berbentuk seperti silinder, lebih kurang memiliki ukuran 5-8 cm, dengan diameter 3 cm.

16. Cake Tape Kelapa Muda Kismis

kreasimamah.blogspot.co.id

Tape adalah panganan ciri khas dari daerah Sunda Jawa Barat. Bila anda seringkali pergi ke Kuningan atau Bandung anda akan banyak menjumpai panganan ciri khas ini di tempat oleh-oleh. Tape adalah singkong yang di fermentasi memakai ragi, hingga tape singkong ini mempunyai bau seperti minuman mengandung alkohol. Namun jangan cemas, tape tidak membuat anda mabuk kok, hehe.

Tape bisa langsung dikonsumsi, tetapi tape dapat juga dibuat jadi aneka cake atau makanan lain. Salah satunya adalah Cake Tape Kelapa Muda Kismis ini. Gabungan tape, kismis serta kelapa muda memanglah sangat pas sekali untuk dijadikan olahan cake. Rasanya yang unik asam-asam manis serta harum membuatnya banyak disenangi.

17. Kue Ku Strawberry

kulinersehat.com

Kue Ku adalah jajanan basah yang terbuat dari tepung ketan tetapi pada resep kali ini bahan kulit Kue Ku juga digabung dengan kentang rebus yang dihaluskan hingga tekstur kulitnya jadi lebih kenyal serta empuk. Kue Ku pada resep kali ini juga berbeda dari Kue Ku umumnya karena berbentuk strawberry hingga sangat menarik. Rasanya yang legit serta manis juga membuat kue ini banyak disenangi oleh tiap kalangan.

18. Muffin Kismis

bukuresep.net

Di negara-negara eropa muffin jadi satu diantara menu sarapan yang umum. Tetapi kelihatannya di Indonesia muffin masih sebatas jadi kue camilan di sore hari. Dengan kandungan tepung dan dapat ‘diisi’ dengan bahan campuran berbagai macam, muffin sangat cocok untuk dijadikan makanan sumber daya di pagi hari. Ada beragam jenis isian atau bahan campuran untuk muffin, contohnya; keju, daging asap, choco chips, serutan wortel, serta kismis. Nah, salah satunya adalah Muffin Kismis ini.

19. Wingko Ketan dengan Selai Nanas

seruni.id

Wingko adalah panganan manis yang datang dari Daerah Babat di Lamongan Jawa Timur. Bahan baku Wingko sendiri biasanya memakai kelapa parut, tepung ketan serta santan juga beberapa bahan yang lain. Wingko Ketan dengan Selai Nanas ini dibuat lebih menarik dengan menggunakan tambahan variasi selai nanas, pastinya selai nanas home made yang resepnya dapat dilihat juga berikut ini. Wingko Ketan akan jadi sajian istimewa.

20. Kue Bugis

bukuresep.net

Satu lagi kue basah tradisional yang lezat nan cantik, ya kue ini bernama Bugis Cantik. Sesuai sama namanya kue ini mempunyai penampilan yang cantik serta mengugah selera untuk disantap, tidak cuma penampilannya yang cantik tetapi rasanya juga lezat. Kue Bugis mempunyai struktur yang kenyal lantaran terbuat dari tepung ketan yang kemudian dikukus. Kue Bugis ini mempunyai isi yang terbuat dari kelapa parut yang diberi gula merah, hingga saat menelan kue Bugis ini ada tekstur renyah dari kelapa parutnya.

21. Pancake

sheknows.com

Pancake mulai di kenal orang-orang Eropa sekitar th. 1430an, tetapi sesungguhnya makanan itu sudah ada mulai sejak zaman Romawi kuno. Seiring perubahan zaman, pancake sudah jadi satu diantara menu sarapan yang mendunia, walaupun di Indonesia belum juga manjadi suatu hal yang lazim. Ada beragam gaya penyajian resep pancake.

Mulai dari pemakaian topping, contohnya di Inggris lebih umum dihidangkan dengan sirup gula tebu serta butter, di Belanda dengan potongan buah serta keju, di Perancis yang populer dengan pancake tipisnya dengan kata lain crepes, sampai gaya Amerika yang memasukkan baking powder dalam adonan pancake, hingga pancake Amerika lebih mengembang.

22. Madeleine Mocha

eatwell101.com

Madelein, atau madeleine yaitu satu diantara jenis kue yang popular di Perancis. Memiliki bentuk yang khas, yakni berupa kulit kerang jadi keunikan dari madelein. Dulu, madelein ini yaitu kue kering yang harus ada pada perayaan-perayaan kaum bangsawan Eropa. Kue berbahan dasar telur ini banyak dimodifikasi hingga penampilan serta citarasanya lebih menarik, hingga tidak membosankan untuk para penggemarnya. Kali ini kami perkenalkan gabungan madelein tradisional dengan citarasa Mocha yang popular di Indonesia, yakni Madeleine Mocha. Bayangkan bila Anda menutup hari yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari, dengan madelein mocha serta minuman hangat kesukaan Anda.

23. Pie Susu Bali

omiyago.com

Anda sempat mencicipi oleh-oleh dari kawan setelah bertandang ke Bali? Atau, Anda seringkali bertandang ke Bali, Pulau Dewata? Pastinya satu penganan ciri khas Bali ini tidak akan terlewati dari daftar keranjang oleh-oleh Anda. Pie Susu, jadi satu diantara primadona untuk wisatawan lantaran bungkusnya yang praktis serta gampang didapat. Namun, jangan salah, tidak semua merk pie susu yang beredar mutunya baik. Seringkali, wisatawan yang membeli Pie Susu di toko oleh-oleh kecewa lantaran kadaluarsa, berbau apek, atau tidak sesuai di lidah.

24. Lapis Beras

vemale.com

Lapis Beras adalah kue tradisional, jajanan pasar yang banyak dijajakan di pasar, beberapa toko kue maupun penjual kue tradisional. Lapis Beras adalah kue basah tradisional yang sangat sederhana dengan tekstur padat serta satu warna yang hanya warna putih saja. Lapis Beras ini mempunyai rasa yang sedikit gurih dan manis yang berpadu sempurna.

25. Bolu Ketan Serundeng

netralnews.com

Bolu Ketan Serundeng, mungkin Anda bingung dengan tulisan serundeng di sini karena umumnya serundeng jadi pendamping ayam goreng, tetapi serundeng ayam goreng adalah serundeng asin sementara serundeng pada Bolu Ketan Serundeng ini mempunyai rasa tawar saja. Bolu Ketan ini sebenarnya mirip ketan bakar khas kota Parahyangan. Tetapi Bolu ketan ini memiliki tekstur lebih padat lantaran ditambahkan campuran santan dalam pembuatannya.

26. Apem Singkong

bisnisbandung.com

Apem Singkong yaitu kue apem yang berbentuk bulat pipih serta bahan utamanya memakai singkong serta tape singkong. Dalam pembuatan Apem Singkong ini tidak memakai tambahan bahan tepung jadi hanya singkong parut, tape singkong, kelapa parut. Rasanya lebih gurih serta bertesktur lebih keras dibanding dengan apem biasa, tetapi pastinya tetap lezat serta rendah lemak lantaran bahan yang dipakai tidak menggunakan tepung terigu.

27. Churros Saus Coklat

menuresepkue.com

Churros yaitu penganan ringan ciri khas Spanyol yang saat ini mulai popular di Indonesia. Anda bisa nikmati churros untuk sarapan atau di sela-sela makanan pokok. Bentuk churros umumnya panjang dan berbentuk bintang, lantaran di buat dengan memakai kantong semprot dengan ujung yang berentuk seperti bintang. Umumnya churros di nikmati dengan saus coklat. Rasa-rasanya yang ringan, kombinasi antara rasa kayu manis serta cokelat membuat churros jadi teman yang sangat pas disajikan di waktu senggang.

28. Kue Jongkong Kelapa Muda

pinterest.com

Jika kalian memiliki hobi memasak dan ingin ikut melestarikan budaya bangsa, tidak perlu repot-repot untuk berlatih menari tradisional ataupun menghafal lirik lagu daerah. Berkreasi lewat makanan juga bisa kok turut membantu pelestarian budaya daerah. Misalnya dengan membuat resep makanan tradisional berikut ini. Makanan tradisional yang satu ini bernama Jongkong Kelapa Muda, orang Sunda bisanya menyebutnya Jojongkong. Rasanya sangat nikmat dan gurih serta beraroma daun pandan yang harum. Sayang untuk saat ini keberadaan Kue Jongkong Kelapa Muda lumayan sulit ditemui di pasar tradisional maupun toko-toko kue.

29. Kue Gandus

twitter.com

Kue Gandus merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Palembang. Kue Gandus yang terkenal mungkin dibuat dengan cara dikukus, namun pada resep kali ini Kue Gandus dibuat dengan cara di kukus dahulu baru kemudian digoreng. Bentuknya pun berbeda dibandingkan dengan kue Gandus biasanya karena Kue Gandus ini berbentuk bulat-bulat. Kue Gandus ini sendiri memiliki rasa yang gurih.

30. Lemet

twitter.com

Lemet adalah jajanan kue basah tradisional yang terbuat dari singkong parut. Adonan Lemet yang sudah diolah lalu dimasukan kedalam daun pisang, daun pisang berfungsi sebagai pembungkus Lemet ini sebelum akhirnya dikukus hingga matang. Lemet memiliki rasa manis nan legit dilidah, sehingga siapapun pasti suka menjadikan Kue Lemet sebagai camilan ringan.

Itulah 30 Kue Basah Tradisional Indonesia yang memiliki ciri khasnya masing-masing, meskipun beberapa kue tradisional di atas sudah mulai sulit untuk ditemukan di pasaran, namun jika kita liburan ke tempat tertentu, masih banyak masyarakat Indonesia yang melestarikan kue-kue tradisional dengan menjualnya. Makanan khas tanah air selalu punya cara tersendiri untuk membuat penikmatnya selalu rindu. Mudah-mudahan saja tumbuh rasa cinta pada makanan tradisional di hati anak zaman sekarang, sehingga kue-kue ini ataupun makanan tradisional lainnya tidak harus menemui kata punah. Kalau kamu sendiri, paling suka sama kue yang mana? Share di comment, ya!

Gallery Resep Kue Jajanan Pasar

7 Jajanan Pasar Enak Untuk Takjil Buka Puasa Resepkoki

Resep Kue Mangkok Kue Tradisional Jajanan Pasar

Cara Membuat Pie Susu Resep Kue Kering Jajanan Pasar

Resep Kue Ape Pandan Resep Aneka Kue Jajanan Pasar Yang

5 Resep Jajanan Pasar Enak Yang Paling Populer Harus Kamu Coba

Resep Kue Lumpur Labu Kuning Nangka Enak Dan Lembut Resep

Cara Membuat Kue Lapis Jajanan Pasar Resep Kuliner

Resep Kue Mangkok Dan Cara Membuat Bacaresepdulu Com

Aneka Resep Kue Tradisional Jajanan Pasar Bisabo Channel 2019

Resep Kue Jajanan Pasar Layak Jual Yang Mudah Di Terapkan

Resep Kue Jajanan Pasar Resepmembuatkue Com

Resep Jajanan Pasar Kue Lumpur Bakar Kismis Kelapa Muda

Resep Jajanan Pasar Laris Home Facebook

6 Resep Kue Basah Tradisional Praktis Dan Mudah Dibuat

Resep Kue Apem

Resep Cara Gampang Membuat Kue Jajanan Pasar Lupis In 2019

4 Resep Kue Basah Klasik Dan Modern Layak Jual Merdeka Com

27 Resep Jajanan Pasar Pilihan Bacaresepdulu

Jajanan Pasar Posts Facebook

Yuk Olah Tepung Beras Jadi 10 Resep Jajanan Jadul Khas

Resep Jajanan Pasar Kue Lumpur Ubi

Resep Kue Lapis Tepung Beras Pelangi Kenyal

27 Resep Jajanan Pasar Pilihan Bacaresepdulu

Kue Mangkok Resep Jajanan Pasar Sederhana Yang Selalu

Resep Kue Jajanan Pasar Onde Onde Wijen


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Jajanan Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel