Resep Bandeng Presto



4 Variasi Masak Bandeng Presto Biar Nggak Cuma Digoreng

Homemade Bandeng Presto

Di pasar Blok A, dekat dengan rumah Pete, ada seorang ibu penjual ikan yang menjadi langganan favorit saya kala belanja ikan dan seafood di pasar. Koleksi ikannya sangat fresh, terjamin baik dan bervariasi. Kalau urusan seafood memang kondisi yang fresh menjadi syarat utama, dan koleksi dagangan si Ibu Yayuk ini memang terlihat jauh berbeda dengan pedagang ikan lainnya bahkan dibandingkan dengan supermarket sekalipun. Tak heran walau harganya sedikit lebih mahal namun peminatnya luar biasa banyak. Saya harus berangkat pagi-pagi sekali jika ingin mendapatkan aneka ikan yang lengkap sebelum diborong oleh yang lainnya. 

Selain ikan segar, si Ibu juga menjual bandeng presto bikinannya sendiri. Nah, bandeng prestonya ini laris manis sehingga datang di pukul tujuh pagi pun alamat pasti terlambat, semua bandeng presto sudah habis terjual. Tidak heran karena bandeng presto buatan Bu Yayuk mantap dan rasanya lezat. Rempah-rempah dan bumbunya  kuat terasa, menggunakan bahan-bahan yang fresh sehingga rasa ikan yang dihasilkan jauh berbeda dengan bandeng presto yang umum dijual. Kelebihan lainnya adalah bebas pengawet dan jika anda beruntung memperolehnya, ikan terkadang masih dalam kondisi yang hangat. Mantap!

Bandeng presto buatan Bu Yayuk jelas menjadi contoh yang saya incar jika saya akan membuat versi homemade-nya di rumah. Untuk bumbunya sebagian saya kira-kira sendiri dengan melihat bumbu-bumbu rempah yang masih terdapat di bandeng a la Bu Yayuk, sebagian saya tanya ke Titi, teman kantor saya yang kebetulan ibunya juga jago membuat hidangan ini. Hari Sabtu kemarin, di pagi hari, saya sudah berjalan ke pasar untuk membeli semua keperluan membuat bandeng presto. Selain ikan bandeng saya juga menggunakan jenis ikan layang yang berdaging tebal dan rasanya gurih. Hasil buatan saya tidak kalah dengan bandeng a la Bu Yayuk. Laziz!

Untuk membuat bandeng presto sangat mudah, selain bandeng sebagai tokoh utamanya, anda juga harus menggunakan aneka bumbu dapur alias empon-empon dalam jumlah yang banyak. Jangan segan-segan untuk memasukkan lengkuas, daun salam, serai, jahe, kunyit dan daun jeruk ke dalam setiap lapis ikan bandeng yang di rebus dengan pressure cooker sehingga wangi bumbu-bumbu ini merasuk ke dalam daging ikan. Hasilnya, ikan bebas dengan bau amis. 

Tidak memakan waktu lama untuk membuat tulang bandeng menjadi lunak, saya merebusnya dengan api besar hingga keluar suara desisan uap dari panci, kemudian saya lanjutkan merebus dengan api kecil selama 45 menit. Selalu alasi dasar pressure cooker anda dengan daun pisang agar bandeng tidak lengket di dasar panci, daun pisang ini juga berfungsi untuk mecegah jika air di dalam panci habis maka ikan bandeng akan terhindar dari gosong. Jangan membuka panci jika uap di dalam panci belum habis, biarkan hingga suara desisan benar-benar hilang baru buka penutup panci. Jika penutup masih sulit untuk dibuka, jangan dipaksa, tunggu beberapa menit lagi, jika semua uap telah keluar maka penutup akan sangat mudah dibuka. 

Tunggu bandeng hingga benar-benar dingin, baru pindahkan ke wadah lainnya. Memindahkan bandeng dalam kondisi masih panas berisiko membuat bandeng hancur. Buang sisa air rebusan dari dalam panci hingga air habis dan biarkan bandeng mendingin, dalam kondisi dingin bandeng akan keras dan padat. 

Homemade bandeng presto ini lezat dimakan begitu saja dengan nasi panas, alias tidak perlu melewati proses penggorengan lagi. Saya membawa sebagian bandeng presto ke rumah Wiwin, adik saya, dan kami menyantapnya dengan sambal bawang yang super pedas. Kedua krucil keponakan saya pun bisa menyantapnya dengan nyaman karena bebas duri dan bebas pengawet. 

Tertarik untuk mencobanya? Yuk kita lihat resep dan prosesnya di bawah plus resep sambal bawang yang laziz. 

Homemade Bandeng Presto

Ide resep dari Ibu Yayuk di Pasar Blok A dan teman saya, Titisari N.

Bahan:

- 10 ekor ikan bandeng + 2 sendok makan garam + 2 butir jeruk nipis

- 2 bongkah besar lengkuas, rajang tipis

- 20 lembar daun salam - 1 lembar dau n pandan, potong-potong sepanjang 2 cm

- 3 batang kunyit, iris tipis

- 4 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris tipis

- 10 lembar daun jeruk, robek kasar  - 2 liter air  - 3 sendok makan air asam jawa

- daun pisang untuk mengalas panci

Bumbu yang dihaluskan (blender dengan 150 ml air):

- 1 bongkah bawang putih (+ 8 siung bawang putih)

- 6 butir bawang merah

- 4 cm kunyit  - 3 cm jahe

- 2 sendok makan ketumbar, sangrai

- 1 sendok makan garam

Sambal bawang:

- 10 buah cabai merah keriting - 4 buah bawang putih - 1/2 sendok teh garam - 2 sendok makan minyak panas

Cara membuat:

Siapkan ikan bandeng, siangi ikan dengan membuang insang, isi perut dan sisiknya. Lumuri ikan dengan 2 sendok makan garam dan air perasan jeruk nipis dari 2 butir jeruk. Lumuri ikan hingga rata termasuk bagian rongga perutnya juga. Ikan tidak perlu dicuci lagi, tapi langsung dimasukkan ke dalam panci dalam kondisi terlumur garam dan air jeruk nipis.
Masukkan bumbu yang dihaluskan ke dalam mangkuk besar, tambahkan 2 liter air. Aduk rata. Tambahkan garam jika kurang asin. Sisihkan.

Siapkan irisan rempah-rempah. Tata selembar daun pisang didasar panci, taburi permukaannya dengan sebagian rempah-rempah. Jangan banyak-banyak dalam menaburkan rempah-rempah, karena anda harus membaginya untuk tiap lapisan ikan. Tata ikan diatasnya. Taburi rempah-rempah lagi. Tutup permukaan ikan dengan daun pisang, fungsi daun pisang agar antar lapisan ikan tidak saling menempel.

Ulangi kegiatan menata ikan dan menaburkan rempah-rempah hingga ikan habis. Jangan lupa untuk selalu melapisi setiap lapisan ikan dengan daun pisang.
Terakhir taburi sisa rempah-rempah dan guyur bandeng dengan larutan air bumbu. Tutupi permukaannya dengan daun pisang.  Pastikan seluruh permukaan bandeng tertutup air, jika air kurang tambahkan kembali. 

Tutup pressure cooker dengan seksama, pastikan penutup tertutup dengan benar dan terdengar bunyi klik. Rebus dengan api besar hingga terdengar desisan, kecilkan api dan teruskan merebus selama 45 menit. Matikan api kompor, diamkan panci hingga uap air benar-benar habis dan tidak terdengar suara desisan. Buka penutup panci, biarkan hingga semua uap hilang, buang sisa air rebusan.  Diamkan ikan di panci hingga benar-benar dingin baru pindahkan ikan ke wadah lainnya, saya menggunakan tupperware ukuran besar untuk menyimpannya.

Ikan aman disimpan di kulkas (chiller) hingga 1 minggu lamanya. Jika di freezer bisa hingga 1 bulan lamanya. 

Note: gunakan pressure cooker sesuai dengan instruksi yang tertera pada panci anda. Baca petunjuk dengan seksama sebelum menggunakannya.

Membuat sambal bawang:

Haluskan semua bahan di cobek, siram dengan minyak panas hingga terdengar suara desisan. Paling mantap memang menggunakan minyak panas sisa menggoreng ikan. 

Santap bandeng presto dan sambal bawang dengan nasi putih panas. Yummy!

Gallery Resep Bandeng Presto

Resep Bandeng Presto Enak Dan Sederhana

Resep Bandeng Presto Semarang Ala Fe

Resep Bandeng Cemplung Super Nikmat Resep Masakan Indonesia

Resep Otak Otak Bandeng Otak Otak Ikan Bandeng Pepes Ikan

Resep Pilihan Maknyusss Bandeng Presto Balado Okezone

Xanderskitchen Xander S Kitchen Kemarin Saya Bikin

Resep Bandeng Presto Ala Rumahan By Ayariz88 Resep Tina

Resep Bandeng Presto Tulang Lunak Enak Usaha Rumahan

Resep Bandeng Presto Tulang Lunak

Resep Bandeng Presto Balut Telur

Call Wa 62 858 6622 8323 Bandeng Presto Semarang Harga

Sedapnya Nagih Ini Resep Cara Bikin Homemade Bandeng

Resep Bandeng Presto Balado Hobimasak Info

Cara Membuat Bandeng Presto Yang Gurih Dan Lezat

Resep Bandeng Presto Balado Lezat Pusat Oleh Oleh Djoe

Resep Bandeng Presto Enak Dan Mudah Resep Masakan Kuliner

Resep Bandeng Presto Remuk Resep Makanan Kekinian

Call Wa 62 858 6622 8323 Pusat Bandeng Presto Semarang

Resep Dan Cara Membuat Ikan Bandeng Presto Duri Lunak Yang Enak Mudah Dan Sederhana

Resep Bandeng Presto Duri Lunak Homemade Oleh Ndaru Gendis

File Bandeng Presto Juwana Jpg Wikimedia Commons

5 Cara Membuat Bandeng Presto Rumahan Gurih Dan Lezat

Resep Bandeng Presto Tanpa Panci Presto Oleh Erlivita Putri

Resep Bandeng Presto Duri Lunak Youtube

Bandeng Presto


Belum ada Komentar untuk "Resep Bandeng Presto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel