Resep Ayam Sehat



Resep Sehat Steak Ayam Bakar Intisari

Resep Nugget Ayam Praktis dan Sehat

admin | 20/11/2019 | Daging Ayam, Lauk Pauk |
Gambar Nugget Ayam

ResepMedia.com – Resep nugget ayam, olahan untuk menu cepat saji yang sehat. Nugget, bahan makanan yang banyak dijual mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Bahan dasarnya pun tidak hanya daging, ada juga yang berasal dari ikan, udang, atau sayuran. Namun, diantara semua jenis nugget, nugget ayamlah yang paling terkenal. Walaupun termasuk makanan praktis yang cepat untuk disajikan, tidak berarti nugget tergolong ke dalam junk food. Nugget sangat sehat dan aman karena di dalamnya terkandung nutrisi lengkap untuk tubuh mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, hingga serat untuk nugget yang berasal dari bahan sayuran. Nugget merupakan bahan makanan ready to cook, dimana Anda tinggal memasaknya saja untuk dihidangkan. Memasaknya juga tidak lama karena Anda cukup menggorengnya sebentar sekitar 1 hingga 3 menit saja sampai warnanya berubah.

Walaupun awalnya nugget dikategorikan sebagai makanan aman dan sehat, sayangnya semakin berkembang dan populernya makanan tersebut karena menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat, khususnya di perkotaan. Saat ini, nugget banyak yang dalam pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Nugget tersebut diolah menggunakan daging yang tidak berkualitas dan menggunakan pengawet yang beresiko menimbulkan penyakit bagi tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya juga jika Anda mulai beralih dari membeli nugget tersebut dengan membuatnya sendiri. Selain hasilnya lebih sehat dengan semua bahan yang berkualitas dan aman, Anda pun bisa berkreasi lebih banyak lagi dengan nugget tersebut. Berikut ini resep nugget ayam yang bisa Anda praktekan dengan mudah di rumah. Resep mudah nugget ayam ini hasilnya bisa Anda bekukan di dalam freezer untuk persedian bahan makanan atau bisa langsung di goreng.

Bahan-Bahan Nugget Ayam:

  1. Daging ayam, 500 gram. Pilih bagian daging atau fillet. Bersihkan dan giling hingga halus. Kualitas daging dan hasil penggilingannya akan menentukan tekstur daging untuk hasil nugget yang lembut.
  2. Telur ayam, 2 butir. Pilih ukuran yang sedang besar. Jika telur ayam tersebut kecil, Anda bisa menambahkan 1 butir lagi.
  3. Roti tawar, 6 lembar. Gunakan roti kupas atau roti tawar biasa yang dikupas bagian pinggirannya.
  4. Bawang putih, 5 siung. Geprek dan cincang halus.
  5. Margarin, secukupnya.
  6. Garam, secukupnya.
  7. Merica bubuk, secukupnya.
  8. Penyedap rasa, secukupnya. Bisa dihilangkan jika tidak suka atau menginginkan nugget yang lebih sehat.
  9. Bahan pelapis:
  • Telur ayam, 2 butir.
  • Tepung roti, 160 gram.

Cara Membuat:

  1. Ambil wadah. Tempatkan roti tawar dalam tersebut dan beri air matang secukupnya sampai roti terendam sempurna. Biarkan roti terendam sampai lembek.
  2. Pelan-pelan, setelah roti melembek angkat dan peras. Ambil ampasnya.
  3. Siapkan kembali satu wadah dengan ukuran yang lebih besar untuk menempatkan daging ayam gilingnya. Tambahkan bawang putih halus, garam, dan merica. Jika menggunakan penyedap rasa, masukkan juga pada proses ini. Aduk hingga ayam dan bumbu tercampur.
  4. Tambahkan ampas roti hasil perasan ke dalam adonan ayam. Aduk kembali hingga semua adonan tercampur sempurna.
  5. Masukan 2 atau 3 butir telur ayam yang telah disiapkan ke dalam adonan tersebut. Aduk kembali hingga telur dan adonan tercampur.
  6. Siapkan loyang. Olesi dengan sedikit margarin bagian permukaan atasnya.
  7. Tuang adonan nugget ayam tadi ke dalam loyang tersebut. Pipihkan hingga adonan memiliki ukuran ketebalan 1 atau 1,5 cm.
  8. Siapkan kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan. Kukus adonan dalam loyang tersebut kurang lebih 25 menit, sampai matang. Gunakan api sedang.
  9. Sambil menunggu nuggetnya matang, siapkan wadah untuk mengocok telur ayam yang akan digunakan untuk melapisi nugget tersebut.
  10. Siapkan juga tepung roti dalam wadah lainnya.
  11. Angkat nugget yang telah matang dan dinginkan. Anda bisa mengeluarkannya terlebih dahulu atau potong langsung di dalam loyangnya. Bentuk sesuai selera. Memotongnya bisa menggunakan pisau atau untuk bentuk tertentu bisa menggunakan cetakan.
  12. Celupkan ke dalam kocokkan telur ayam dan pindahkan ke dalam tepung roti sampai seluruh bagiannya tertutupi tepung roti tersebut.
  13. Nugget pun siap Anda goreng atau Anda simpan ke dalam freezer.

Cara sehat untuk membuat makanan cepat saji. Selain sebagai lauk, nugget juga bisa Anda jadikan camilan atau bekal sekolah untuk anak yang sehat. Sajikan dengan saus tomat, saus sambal, atau mayonnaise. Menu sehat praktis lainnya untuk Anda nikmati bersama keluarga adalah resep sosis bakar.

Gallery Resep Ayam Sehat

5 Variasi Resep Ayam Fillet Sehat Enak

Resep Ayam Bawang Sehat Sederhana

Ayam Panggang Sehat Lezat Walau Tanpa Santan Dan Minyak

5 Tips Masak Ayam Tanpa Minyak Masak Apa Hari Ini

12 Resep Menu Diet Dada Ayam Yang Enak Dan Sehat Okadoc Id

Resep Menu Diet Sehat Pemalas Ayam Panggang Goreng Tanpa

Resep Ayam Kukus Erabaru

Resep Dan Cara Membuat Ayam Geprek Yang Praktis Popmama Com

Resep Tim Ayam Hoisin Resep Ayam Sehat Tanpa Goreng Gorengan Yang Enak Banget

Jual Sofa Kulit Resep Ayam Sehat

Resep Ayam Sehat Nan Bergizi Tanpa Harus Digoreng

Resep Ayam Teriyaki Sehat Oleh Perdanafina Cookpad

Menu Sehat Ala Ayam Kampung Koran Jakarta

5 Resep Serba Ayam Yang Aman Untuk Diet Sehat Kamu

Resep Samgyetang Ayam Rebus Ala Korea Yang Sehat Untuk Lauk

5 Variasi Resep Ayam Fillet Sehat Enak

Resep Ayam Sehat Nan Bergizi Tanpa Harus Digoreng

Resep Ayam Suwir Saus Teriyaki Resep Resep Makanan Sehat

Resep Ayam Rebus Bumbu

Resep Ayam Geprek Mozarella Nikmat Dan Sehat

3 Kreasi Resep Soto Ayam Yang Lezat Dan Menyehatkan

Resep Ayam Ayam Popcorn Sehat


Belum ada Komentar untuk "Resep Ayam Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel