Resep Wajik Ketan



Resep Kue Imlek Kue Wajik Yang Manis Dan Legit Ini Harus

Resep kue wajik dan cara membuat kue wajik ketan

Kue wajik terbuat dari ketan dan campuran gula merah enak rasanya dan mudah membuatnya. Beginilah cara bikin kue wajik ketan gula merah dan silahkan tulis resepnya di sini. Kue wajik merupakan salah satu resep makanan sederhana bangsa kita dan merupakan resep peninggalan leluhur yang seharusnya kita lestarikan. Karena kue wajik gula merah ini dapat bertahan hingga saat ini karena rasanya yang enak sehingga tidak kalah dengan kue kue impor sekalipun.

Bahan utama kue wajik gula merah adalah beras ketan putih dan gula merah. Dengan demikian untuk menghasilkan rasa kue wajik yang enak dan legit tentunya harus menggunakan bahan yang berkualitas baik. Dan satu lagi cara membuatnya harus sesuai dengan petunjuk yang benar, sebab jika tidak maka hasilnya kurang bagus dan jika di gigit keras dan mentah. Kue wajik gula merah yang bagus yakni manis dan lembut serta saat dikunyah tidak keras.

Kue wajik campuran gula merah ini merupakan salah satu kue tradisional jawa yang cukup digemari, rasanya yang enak dan manis maka tentunya anak anak sangat suka dengan kue yang satu ini. Seperti pada resep resep kue basah tradisional lainnya, tentunya cara membuat kue wajik ketan ini juga tidak terlalu sulit dan bahkan relatif mudah.

Namun demikian bagi anda yang ingin belajar cara membuat kue wajik ketan gula merah yang bagus, tentunya mesti melengkapi bahan bahannya dengan benar dan mengikuti petunjuk resep kue wajik dengan benar, sehingga hasilnya akan bagus dengan rasanya yang manis, enak, serta lembut. Dan jika sudah mahir dalam membuat kue wajik, tentunya bunda bisa menjualnya atau menerima pesanan kue tradisional ini. Belajar juga cara membuat pentol tahu telur

Resep cara membuat kue wajik sangat praktis dan bahkan sangat mudah. Sehingga sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus saat membuat kue wajik gula merah ini. jadi anda pasti bisa membuatnya. Meskipun demikian untuk hasil terbaik bunda maupun remaja putri sekalian dapat mengikuti petunjuk resep kue wajik hasil racikan masakan saelekko.com dan saya percaya anda pasti bisa karena resepnya saya tulis dengan sangat jelas dan berurutan sehingga lebih mudah mempraktekkannya.

Bahan bahan kue wajik gula merah

  • Beras ketan putih : 300 gram ( 1/2 kg )
  • Gula merah : 250 gram ( 1/4 kg )
  • Kelapa tua : 1 butir ( buat sekitar 2 gelas santan kental )
  • Daun pandan : 3 hingga 4 lembar
  • Jahe : 1 ruas jempol ( memarkan )
  • Vanili : ujung kecil sendok teh
  • Garam : 1/2 sendok teh ( secukupnya )

Cara membuat kue wajik ketan gula merah

  • Bersihkan beras ketan dari kotoran dan kerikil kecil, kemudian cuci hingga benar benar bersih dan rendam sekitar 2 hingga 3 jam kemudian tiriskan.
  • Gunakan kompor gas dan nyalakan dua tungku. Satu tungku untuk memasak air dan tungku yang lain untuk mengukus beras ketan putih.
  • Setiap sekitar 10 menit guyur secara merata. Lakukan 2 hingga 3 kali guyuran air panas hingga beras ketan putih 1/2 matang kemudian angkat.
  • Ambil panci ukuran sedang kemudian masukkan santan + jahe + vanili + daun pandan dan gula merah yang telah di sisir. jangan lupa masukkan juga garam dan aduk pelan pelan.
  • Awas bunda santan jangan sampai pecah ya. Aduk aduk terus secara pelan pelan hingga mendidih dan gula merah telah menjadi cair semua.
  • Aduk terus pelan pelan hingga akhirnya sedikit kental dan berwarna merah. kemudian masukkan ketan 1/2 matang tadi dan aduk aduk hingga adonan menyatu sempurna. Terus aduk hingga adonan pulen.
  • Selanjutnya masukkan dalam cetakan dalam keadaan panas dan dinginkan.
  • Setelah wajik dingin siap di potong potong sesuai selera dan siap di hidangkan.

Bagaimana bunda ternyata membuat kue wajik gula merah ini mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. meskipun demikian memerlukan 2 hingga 3 kali latihan baru bunda mahir dalam membuat kue wajik gula merah ini. Baca juga cara membuat es krim goreng spesial krispi.

Gallery Resep Wajik Ketan

Resep Wajik Ketan Putih Gula Merah Karya Riska Febianti

Camilan Akhir Pekan Wajik Ketan Gula Merah Womantalk

Dapur Ngebul Resep Wajik Ketan Pandan Facebook

Resep Kue Favorit Wajik Ketan Gula Merah Monic S Simply

Resep Wajik Ketan Gula Merah

Resep Wajik Ketan Hijau Daun Pandan Spesial Food Cooking

Resep Wajik Ketan Hitam

Resep Wajik Ketan Gula Merah Cemilan Manis Untuk Teman

Cara Membuat Wajik Ketan Putih Manis

Dapur Ngebul Resep Wajik Ketan Pandan Facebook

Resep Wajik Ketan Pandan Oleh Ayu Silvia Usman Cookpad

Resep Wajik Ketan Klasik For Android Apk Download

Resep Jajanan Wajik Ketan

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Jawa

Cara Membuat Dan Bahan Resep Wajik Ketan Yang Manis Aneka

Peluang Usaha Wajik Ketan Nangka Dan Analisa Usahanya Toko

Resep Wajik Ketan Gula Jawa

Resep Dan Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah

Cara Membuat Wajik Ketan Pandan Nangka Enak Resepmembuat Com

Wajik Ketan Pandan

Resep Wajik Ketan Gula Merah

Resep Wajik Ketan Kue Tradisional For Android Apk Download

Resep Wajik Ketan Gula Merah Yang Legit Dan Mudah Dibuat

Download Resep Wajik Ketan Kue Tradisional Apk Latest


Belum ada Komentar untuk "Resep Wajik Ketan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel