Resep Bolu Kukus Pisang Ambon



Tanpa Oven Yuk Ikuti Resep Cake Kukus Pisang Ambon Yang

Resep Bolu Pisang Kukus Lembut yang Mudah dan Simpel

Resep bolu kukus yang sudah kita kenal di Indonesia ada beberapa macam variasi. Resep bolu pisang kukus adalah salah satu variasi resep kue bolu kukus yang cukup terkenal.

Tetapi kalau masalah rasa, kue pisang ini tidak kalah lezat lho dibandingkan dengan kue pisang yang lain.

Selain cocok sekali untuk teman minum kopi atau teh, kue bolu juga biasanya sering digunakan untuk hidangan di saat ada acara penting, seperti pesta pernikahan, ulang tahun atau disaat ada acara seperti rapat di kantor, dll.

Oleh karena itu, selain untuk dinikmati sendiri, sebenarnya kalau teman teman bisa membuat resep bolu pisang kukus ini sendiri bisa dijadikan peluang bisnis kuliner baru yang tentu bisa menambah penghasilan.

Atau anda bisa menjualnya dalam potongan kecil lalu dititipkan di warung -warung kecil dekat rumah sehingga bisa menambah isi dompet bukan. Apalagi cara membuat aneka bolu pisang kukus ini juga cukup simpel dan mudah.

Sebenarnya dari buah pisang yang akan kita gunakan sendiri sudah manis, tetapi tetap saja kita membutuhkan gula pasir supaya pas rasa manis dari resep bolu pisang kukus ini di lidah kita.

Kalau anda benar-benar menyukai rasa manis, komposisi bahan gula yang  sudah diberikan bisa ditambah sesuai selera, tetapi jangan terlalu banyak supaya hasil jadi resep bolu pisang banana cake ini tidak hitam dan gosong.

Untuk hasil yang lezat, sebaiknya teman teman menggunakan pisang yang sudah masak betul dan rasa dasarnya juga manis, contonys pisang raja atau pisang ambon.

Tips Untuk Membuat Bolu Pisang Kukus Lembut dan Mengembang

Kue bolu pisang kukus ini sebenarnya prosesnya sama saja seperti membuat bolu biasa, tetapi ditambah dengan campuran bahan pisang yang membuat bolu pisang lembut ini mempunyai citarasa yang khas.

Sebenarnya jenis pisang lain juga bisa digunakan dalam cara membuat kue bolu pisang ini, tetapi hasilnya nanti tidak selembut menggunakan pisang raja atau pisang ambon.

Sebelum digunakan, buah pisang yang akan digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukus harus benar-benar sudah dihaluskan supaya teksturnya benar-benar lembut saat kue bolu kukusnya sudah jadi.

Selain itu, tepung yang digunakan harus benar-benar halus supaya adonannya bisa tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan.

Biasanya saat kita beli tepung memang sudah terasa benar-benar bersih dan halus, tetapi supaya yakin sebaiknya tepung di saring atau diayak dahulu sebelum digunakan.

Kalau tidak menggunakan mixer, sebaiknya gunakan teknik aduk balik supaya tidak butuh waktu lama buat mencampur bahannya.

Karena salah satu yang menyebabkan resep bolu kukus tanpa mixer yang kita buat nanti bantat karena over dalam mencampur bahan-bahannya.

Jika mau menggunakan mixer gunakan kecepatan tinggi supaya tidak butuh waktu lama.

Jangan lupa juga supaya nanti matangnya merata, saat loyang dimasukkan ke kukusan, api sebaiknya dikecilkan. Untuk lebih jelasnya, silahakan melihat detail cara membuat bolu pisang kukus berikut ini.

Resep Bolu Pisang Kukus

1. Resep Bolu Pisang Kukus Lembut dan Empuk

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Sesuai namanya, resep kue bolu kali ini menggunakan buah pisang kualitas bagus yang sudah masak kurang lebih sebanyak 6 buah. Disarankan menggunakan buah pisang raja atau pisang ambon yang sudah masak betul supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  • Mentega dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6 sendok makan. Cairkan dan lelehkan mentega dengan cara dipanaskan sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • Vanila halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 4 sendok kecil.
  • Tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram sudah cukup. Saring terlebih dahulu tepung yang digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukus nya terlebih dahulu supaya adonanannya nanti benar-benar tercapur sempurna dan kuenya pun lembut sampai ke dalam.
  • Cokelat bubuk atau halus kualitas bagus kurang lebih sebanyak 40 gram.
  • Vanili bubuk kurang lebih sebanyak 4 sendok teh supaya nanti hasil jadi kuenya lebih harum.
  • Baking powder dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh.
  • Telur ayam dengan ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok teh.
  • Gula pasir kualitas bagus (tidak tercium aroma tebu) kurang lebih sebanyak 200 gram. Gula bisa ditambah atau dikurang sedikit sesuai selera.

Langkah Membuat Bolu Kukus Pisang Yang Lembut :

  1. Haluskan terlebih dahulu pisang raja atau pisang lain yang akan digunakan sampai benar-benar halus. Teman-teman bisa menggunakan garpu atau pun sendok. Bisa juga menggunakan blender yang kecil tapi harus benar-benar bersih saat proses pengambilan pisang lembut dari blendernya.
  2. Kemudian cairkan mentega dengan cara dipanaskan terlebih dahulu supaya mudah untuk dicampurkan dengan bahan adonan yang lain.
  3. Ambil satu wadah yang cukup besar lalu masukkan gula pasir dan telurnya satu persatu. Kocok kedua bahan tersebut kemudian tambahkan telur satu persatu setelah tercampur dengan rata dan mengembang.
  4. Masukkan coklat bubuk, garam dapur beryodium dan tepung terigunya lalu aduk-aduk lagi sampai rata dan benar-benar tercampur sempurna dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Kemudian masukkan bubuk vanila dan baking powdernya kemudian aduk-aduk lagi hingga benar-benar rata.
  6. Masukkan pisang yang sudah dihancurkan dan dilembutkan sebelumnya ke dalam adonan tersebut lalu aduk-aduk lagi sampai benar-benar halus.
  7. Masukkan mentega yang sudah dicairkan sebelumnya ke dalam wadah adonan diatas kemudian aduk-aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata.
  8. Siapkan loyang kemudian lumuri dengan sedikit mentega agar tidak lengket ke loyangnya.
  9. Tuang adonan diatas lalu kukus dengan api sedang kecil sampai benar-benar matang sampai di dalam kuenya (bisa cek menggunakan lidi untuk mengetahui tingkat kematangan kue bolu pisang kukusnya).

2. Resep Bolu Pisang Kukus Santan Tanpa Mixer

Biasanya salah satu alasan yang membuat kita di rumah malas dan enggan membuat kue bolu adalah peralatan dapur yang kurang lengkap.

Biasanya mixer dan oven memang sangat sering menjadi kendala kalau ingin membuat kue bolu.

Tapi, sekarang kita bisa membuat hidangan istimewa yang lembut dan enak tanpa menggunakan kedua alat tersebut.

Resep bolu pisang santan ini tentu tidak memerlukan mixer dan oven untuk membuatnya. Walaupun begitu, tekstur dan rasanya tetap enak dan lembut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Pertama:
  • Tepung terigu yang berprotein sedang atau bisa juga menggunakan tepung serba guna kurang lebih sebanyak 130 gram.
  • Baking powder dengan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Garam dapur secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  • Soda kue kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
Bahan Kedua :
  • Pisang ambon, raja, sunpride atau jenis lainnya yang sudah benar-benar matang dan sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 4 buah.
  • Ovalet atau SP kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  • Gula pasir tambahkan sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 7 sampai 8 sendok makan.
  • Santan instan 1 bungkus yang berukuran 65 ml dan dicampur dengan air kurang lebih 45 ml sampai merata.
  • Telur ayam sebaiknya gunakan yang berukuran besar kurang lebih sebanyak 4 butir.
  • Blueband atau margarin yang sudah ditim dan dicairkan kurang lebih sebanyak  4 sendok makan.
  • Minyak sayur dengan kualitas bagus yang masih baru, kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.

Langkah Membuat Bolu pisang kukus tanpa mixer:

  1. Pertama siapkan panci kukusan lalu rebus air sampai mendidih dan loyang yang diberi olesan sedikit minyak dan kertas roti.
  2. Kedua ambil wadah lalu masukkan soda kue, baking powder, garam dapur serta tepung terigu kemudian campur dan saring sampai halus sisihkan.
  3. Ambil wadah lagi kemudian masukkan telur ayam bersama dengann ovalet dan gula pasirnya lalu aduk dan kocok menggunakan whisk atau spatula sampai putih berjejak.
  4. Masukkan santan bersamaan dengan campuran tepung tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata.
  5. Kemudian masukkan minyak sayur bersama dengan margarin cair dan pisang nya lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Tuang adonan bolu kukus tadi kedalam loyang dan jika suka bisa diberi beberapa irisan pisang atau topping lain sesuka anda.
  7. Kemudian masukkan ke panci dan kukus sampai matang merata kurang lebih selama 30 sampai 35 menit. Jangan lupa tutupi bagian atasnya dengan kain bersih lalu tutup.
  8. Tes dengan menusukkan lidi, kalau sudah tidak lengket matikan dan keluarkan loyang.
  9. Biarkan dahulu di loyang sampai cukup dingin baru dikeluarkan dan disajikan.

3. Resep Bolu Pisang Kukus Pandan

Buat teman teman yang ingin menikmati sepotong kue bolu yang lembut tetapi agak malas jika ribet di dapur. Resep bolu kukus pisang pandan ini mungkin bisa menjadi pilihan utama anda.

Cara membuat bolu pisang yang dikukus ini sangat praktis dan sederhana karena tidak memerlukan oven ataupun mixer yang ribet.

Tinggal diaduk-aduk menggunakan kocokan telur, jadilah cemilan istimewa buat teman minum kopi atau teh di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung terigu yang berprotein sedang atau bisa juga menggunakan tepung serba guna kurang lebih sebanyak 8 sendok makan.
  • Telur ayam yang berukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 buah lalu kocok lepas.
  • Pisang ambon atau jenis lainnya asal sudah matang kurang lebih sebanyak 3 buah. Sebaiknya pilih yang ukuran besar  supaya terasa pisangnya.
  • Pasta pandan bisa sesuai selera atau kebutuhan atau kurang lebih 3 sampai 4 tetes saja.
  • Gula pasir bisa sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 7 sendok makan.
  • Soda kue kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  • Minyak sayur agar lebih lembut teksturnya kurang lebih sebanyak 7 sendok makan.
  • Susu kental manis kurang lebih sebanyak 1 bungkus sachet saja.

Langkah Membuat Bolu pisang kukus pandan:

  1. Pertama tentu saja siapkan panci kukusan dan olesi loyang yang akan digunakan dengan sedikit minyak lalu beri sedikit tepung atau dialasi dengan kertas roti.
  2. Haluskan pisang ambon yang akan dipakai atau pisang lain dengan menggunakan garpu sampai halus.
  3. Masukkan gula pasir kemudian kocok menggunakan garpu atau whisk hingga rata dan kelihatan berbusa serta warnanya pucat.
  4. Campurkan tepung terigu dan soda kue ditempat lain lalu ayak sampai halus.
  5. Kemudian masukkan telur bersama dengan pasta pandan, susu kental manis kedalam wadah berisi adonan berisi pisang tadi.
  6. Masukkan campuran tepung tadi kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  7. Tuang minyak gorengnya setelah itu aduk kembali pakai spatula sampai tercampur rata.
  8. Tuang adonan bolpis kukus tadi kedalam loyang setelah itu sedikit dihentakan supaya rongga udara di adonan keluar.
  9. Masukkan kedalam panci kukusan dan beri kain bersih diatasnya supaya airnya tidak menetes ke loyang kemudian kecilkan apinya.
  10. Kukus sampai matang atau kurang lebih 25 sampai setengah jam.
  11. Tes kematangan kue dengan cara menusukkan lidi kedalam adonan, kalau sudah tidak lengket keluarkan loyang.
  12. Biarkan bolu tadi di loyang sampai uap panasnya hilang dan agak dingin baru dikeluarkan dari loyang lalu sajikan.

4. Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Telur

Mungkin ada beberapa orang diantara kita yang terkadang alergi terhadap segala makanan yang menggunakan telur. Atau mungkin juga kita pernah mencicipi kue bolu tetapi aroma amis telurnya keluar.

Nah kalau itu sampai terjadi mungkin kita bertanya apa bisa membuat kue bolu pisang tetap lembut tanpa telur.

Ternyata kita bisa membuatnya dengan menggunakan bahan yang ada di resep bolu pisang kukus tanpa telur berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Berikut ini bahan yang dibutuhkan untuk resep bolu pisang kukus tanpa telur.

  • Bahan utama adalah tepung serba guna atau tepung terigu yang berprotein sedang kurang lebih sebanyak 2 gelas belimbing atau kurang lebih 260 gram.
  • Gula pasir bisa sesuai selera manis atau kurang lebih 1/2 gelas belimbing atau kira kira 120 gram.
  • Pisang ambon ukuran sedang besar 2 sampai 3 buah atau bisa diganti pisang raja kurang lebih 6 buah.
  • Minyak sayur baru kurang lebih 1/2 gelas belimbing.
  • Soda kue kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil tetapi diperas atau kurang lebih 1 sendok kecil munjung lebih sedikit.

Langkah Membuat Bolu pisang kukus tanpa telur:

  1. Pertama tentu saja siapkan panci kukusan dan loyang dengan menggunakan sedikit olesan margarin dan kertas roti lalu sisihkan.
  2. Campurkan tepung terigu dan soda kue kemudian aduk sampai rata lalu sisihkan.
  3. Haluskan sampai lembut pisang yang akan dibuat sampai cukup halus.
  4. Tuang gula pasirnya kemudian campur lalu aduk dengan pisang halus tadi sampai rata.
  5. Tambahkan campuran tepung tadi sambil diaduk-aduk agar tercampur rata.
  6. Masukkan minyak sedikit demi sedikit kedalam wadah adonan lalu sambil diaduk-aduk sampai benar-benar tercampur rata.
  7. Masukkan kedalam loyang tersebut lalu masukkan ke panci kukusan. Api jangan sampai terlalu besar.
  8. Masak dan kukus hingga matang atau kurang lebih selama sekitar 3/4 jam.
  9. Jangan lupa alasi tutup dengan kain bersih dan lakukan tes tusuk dengan lidi ke adonan sebelum dikeluarkan supaya benar-benar yakin sudah matang merata kemudian keluarkan loyang.
  10. Biarkan sebentar di loyangnya selama kurang lebih 10 sampai 15 menit baru  kemudian keluarkan dari loyang dan siap di iris untuk sajian.

Bagian atas adonan bisa ditambah dengan irisan pisang kecil-kecil yang ditaburkan diatas kue bolu kukusnya setelah adonan dimasukkan di dalam loyang tetapi sebelum masuk ke dalam kukusan yang sudah dipersiapkan.

Selain memperkuat aroma harum dari pisang ambon atau pisang raja yang digunakan, penambahan topping pisang ini juga tentu bisa membuat citarasa kuenya lebih menggoda dan legit begitu masuk ke mulut kita.

Sekian resep bolu pisang kukus yang bisa penulis lintas usaha berikan. Jika berkenan silahkan dicek juga resep kue kacang coklat yang mudah dan sederhana  jika anda ingin mencoba membuat kue. Semoga bermanfaat.

Gallery Resep Bolu Kukus Pisang Ambon

4 Resep Bolu Pisang Kukus Lembut Dan Mengembang Resep

4 Resep Bolu Pisang Kukus Lembut Cara Membuatnya Anti Gagal

4 Resep Bolu Pisang Kukus Lembut Cara Membuatnya Anti Gagal

Resep Bolu Pisang Ambon Paling Enak Resep Kue

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Yang Enak Dan Sederhana

Resep Bolu Pisang Ambon Kukus Oleh Airin Ummu Aina Cookpad

Resep Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Spesial Nikmat

Resep Bolu Kukus Pisang Ambon Resep Ibu

Bolu Pisang Kukus Lembut Tanpa Mixer Cara Mudah Membuat Bolu Pisang Bolu Pisang No Mixer No Oven

Resep Bolu Kukus Pisang Ambon Dapur Kreasi

Cara Membuat Cake Pisang Ambon Panggang Empuk Dan

Resep Bolu Kukus Pisang Ambon Oleh Ricka Almerd Cookpad

Resep Cake Pisang Kukus Tape Ketan

Resep Bolu Pisang Ambon Kukus

Resep Bolu Pisang Kukus Paling Mudah Dan Enak Tipsberbagi Com

Resep Bolu Pisang Ambon Kukus

Resep Membuat Banana Cake Rice Cooker Praktis

5 Resep Bolu Pisang Panggang Kukus Cara Membuat Adonan Kue

Resep Cara Membuat Kue Donat Pisang Ambon Reseponline Info

4 Resep Bolu Pisang Kukus Istimewa Tanpa Oven

Resep Bolu Pisang Ambon Panggang Ternyata Mudah Resep

Resep Cake Kukus Pisang Choco Chips Just Try Taste

Olahanpisangambon Instagram Posts Photos And Videos


Belum ada Komentar untuk "Resep Bolu Kukus Pisang Ambon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel